Untukmu yang masih menjalani aturan kesehatan mata, lho. Mengingat, selama WFH kamu sering menghabiskan waktu untuk menatap layar laptop demi menyelesaikan pekerjaan.

Memang, menjaga kesehatan mata tidak kalah pentingnya, dari memerhatikan kesehatan bagian tubuh lainnya. Karena, indera penglihatan ini punya peranan vital bagi manusia dalam menjalani kehidupan. Dalam hal ini, ada beragam cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti sayuran.

Mata merupakan organ kompleks yang membutuhkan berbagai macam asupan vitamin dan nutrisi agar bisa dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Hal ini juga diperlukan untuk menghindari perkembangan penyakit, serta gangguan pada mata.

Dilansir dari Medical News Today, berikut ini ada 5 rekomendasi sayuran yang baik untuk kesehatan mata – dan wajib dikonsumsi selama bekerja di rumah. Lantas, apa saja makanan tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

#1 – Wortel

Credit Image - eatthis.com

Yang pertama ada wortel – sayuran satu ini sudah dikenal sebagai salah satu sumber makanan baik untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan, wortel sangat populer, lho. Kamu pun sudah mengetahui hal yang satu ini, ya.

Hal ini dikarenakan wortel mengandung tinggi vitamin A dalam bentuk beta-karoten – atau disebut karotenoid yang berperan untuk menjaga penglihatan tetap tajam. Tidak hanya berfungsi bagi mata, kandungan antioksidan pada wortel juga dapat melepas radikal bebas yang ada di dalam tubuhmu. Jadi, yuk rutin konsumsi sayuran ini!

 

#2 – Bayam

Bayam biasanya dikaitkan sebagai makanan yang mampu memberi energi. Meski demikian, sayuran hijau ini punya manfaat lainnya, lho, seperti berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Merujuk dari insider, bayam mengandung lutein dan zeaxanthin tinggi seperti pada mata.

Nah, kedua nyawa tersebut bertanggung jawab untuk melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet – selama WFH, kamu pasti sering terpapar sinar tersebut kan? Dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi lutein dan zeaxanthin, maka risiko terkena penyakit kronis, termasuk katarak.

 

#3 – Kale

Credit Image - alodokter.com

Sama seperti bayam, daun kale termasuk sayuran yang baik untuk kesehatan mata – karena kandungan lutein, zeaxanthin, serta vitamin A dalam bentuk beta-karoten, nih. Apakah kamu sudah mengetahui manfaat kale yang satu ini?

Sejumlah kandungan baik dalam kale tersebut sangat berguna dalam mencegah penyakit mata terkait usia, yaitu katarak dan degenerasi makula. Hal ini juga dikonfirmasi dari sebuah jurnal yang dikutip dari Healthline. Perlu diketahui, dalam 100 gram kale – atau sekitar 1 cangkir, mengandung 11,4 mg lutein, dan kamu disarankan untuk mengonsumsinya minimal 10 mg per hari.

 

#4 – Sawi Hijau

Kandungan vitamin A dalam sawi hijau dinilai tinggi dibanding bayam. Bahkan, tak tanggung-tanggung, sawi hijau juga kaya akan vitamin C, lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam jeruk – atau sejenis sitrus lainnya. Tentunya, kandungan tersebut bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, ya.

Dua karotenoid dalam sawi hijau, yaitu lutein dan zeaxanthin, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya yang sama-sama baik untuk mencegah gangguan penglihatan. Sawi memang banyak variannya, namun sawi hijau yang lebih banyak ditemui, serta baik dikonsumsi sehari-hari.

 

#5 – Brokoli

Credit Image - healthline.com

Antioksidan yang ditemukan dalam brokoli menjadi sumber utama dalam mencegah kebutaan, lho. Hal ini berdasarkan hasil studi dari peneliti Fakultas Kedokteran Universitas John Hopkins yang menemukan bahwa senyawa sulfophane, sebagai antioksidan alami dalam brokoli.

Selain itu, sulfophane juga mampu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari – atau disebut ultraviolet. Sebab, UV rentan merusak sel-sel di retina mata sangat sensitif. Dengan banyak mengonsumsi sayuran ini, maka kecil kemungkinan untuk mengalami risiko rabun jauh, atau mengalami.

Menjaga kesehatan mata selama work from home memang penting, namun jangan lupakan kesehatan fisik, terutama sistem kekebalan tubuh, ya. Hal ini dapat membantumu tetap semangat dan produktif selama bekerja, lho.

Untuk itu, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, yaitu Enervon-C maupun Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, sekaligus mampu membuat tubuh terasa lebih segar sepanjang hari.

Untuk yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – yang dapat membantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah lima jenis sayuran yang dapat bantu menjaga kesehatan mata selama WFH. Yuk, dikonsumsi secara rutin!

 

 

Featured Image - downshiftology.com

Source - cnnindonesia.com