Kenali Manfaat Vitamin C Sebagai Antioksidan, Bantu Halau Radikal Bebas

Kenali Manfaat Vitamin C Sebagai Antioksidan, Bantu Halau Radikal Bebas

Enervoners, tahukah kamu bahwa manfaat vitamin C juga berperan penting sebagai antioksidan? Ya, tak bisa dipungkiri, antioksidan merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh, tak hanya untuk menjaga sistem kekebalan saja, namun juga dapat menghindarimu terkena risiko buruk akibat radikal bebas.

Radikal bebas dapat terbentuk secara alami di dalam tubuh dari hasil metabolisme. Sayangnya, paparan dari polusi, maupun makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan meningkatkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh, lho. Bahkan, hal tersebut bisa membuat radikal bebas menjadi tidak terkontrol.

Dalam kondisi ini, tubuh akan berusaha menetralisasi zat berbahaya tersebut, sebab jika tidak, radikal bebas akan memicu berbagai macam penyakit. Nah, inilah manfaat vitamin C sebagai antioksidan – yang akan membantu tubuh menetralisasi radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh.

Lebih lengkap soal manfaat vitamin C sebagai antioksidan, yuk simak ulasannya di bawah ini!

 

 

Antioksidan Bantu Tangkal Radikal Bebas

Kenali Manfaat Vitamin C Sebagai Antioksidan, Bantu Halau Radikal Bebas

Credit Image - tokopedia.com/blog

Antioksidan merupakan bahan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuhmu dari sejumlah risiko buruk radikal bebas – ini dapat terbentuk secara alami di dalam tubuh dan disebabkan oleh berbagai faktor dari luar.

Radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh merupakan bahan kimia yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan. Sementara, radikal bebas dari luar tubuh disebabkan oleh polusi, asap rokok, hingga radiasi.

Meski masih dianggap sepele, tetapi radikal bebas yang tidak ditangani segera dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung.

Lalu, bagaimana cara mengurangi risiko terjadinya radikal bebas? Kamu tentu memerlukan antioksidan. Ini sangat penting, terutama bagimu yang tinggal di daerah dengan polusi lebih tinggi. Beban oksidatif di lingkungan tersebut jauh lebih tinggi, dibanding orang yang tinggal di daerah berpolusi rendah.

Perlu diketahui, bahwa tubuh tidak dapat memproduksi antioksidan secara alami. Jadi, mengonsumsi sejumlah makanan yang kaya akan antioksidan – sangat dianjurkan.

 

Manfaat Vitamin C Sebagai Antioksidan

Kenali Manfaat Vitamin C Sebagai Antioksidan, Bantu Halau Radikal Bebas

Credit Image - liputan6.com

Memang, ada beragam jenis antioksidan yang dapat kamu temui, namun vitamin C menjadi salah satu yang cukup penting diperoleh asupannya setiap hari, lho. Pasalnya, tak hanya berperan sebagai antioksidan saja, namun vitamin yang satu ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuhmu menjadi lebih kuat.

Diketahui, manfaat vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan dengan menangkap, serta menetralisasi radikal bebas. Selain itu, manfaatnya sebagai antioksidan pun bisa membuatmu terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, lho. Apa saja?

1. Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan berkurangnya kemampuan kognitif, penurunan daya ingat jangka pendek, serta suasana hati yang berubah-ubah. Umumnya, penyakit ini menyerang orang berusia 65 tahun ke atas, ya.

Nah, penyakit ini dapat dicegah sejak dini jika kamu rutin mengonsumsi vitamin C karena peran antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa mencegah kerusakan pada otak. Sebuah penelitian pun menyebutkan bahwa para lansia yang jarang mengonsumsi vitamin C lebih mudah untuk mengalami kemunduran kognitif yang cukup berat.

 

2. Penuaan Dini

Berikutnya, manfaat vitamin C sebagai antioksidan juga bisa dirasakan untuk menghindari penuaan dini, seperti munculnya keriput dan kantung mata di usia muda. Vitamin C dapat mencegah kerusakan sel kulit, serta kerangsang pembentukan kolagen yang mampu menjaga kekencangan kulit.

 

3. Penyakit Kanker

Dan, manfaat vitamin C sebagai antioksidan juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker, lho. Radikal bebas seringkali merusak DNA yang menjadi benih tumbuhnya penyakit kanker. Ketika DNA berubah, sel dapat bermutasi dan berkembang secara tidak normal dan cepat.

Untuk mencegahnya, kamu disarankan untuk mengonsumsi vitamin C secara rutin, karena antioksidan yang satu ini memberikan efek kemopreventif yang dapat membersihkan – atau melumpuhkan radikal bebas penyebab kanker.

 

Sumber Terbaik Vitamin C

Kenali Manfaat Vitamin C Sebagai Antioksidan, Bantu Halau Radikal Bebas

Credit Image - iwmbuzz.com

Perlu diingat bahwa vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, ya. Untuk itu, ada baiknya kamu mendapat asupan yang satu ini dari beragam sumber makanan, sekaligus melengkapinya dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin secara rutin.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti buah jeruk, berries, kiwi, pepaya, jambu biji, maupun mangga. Atau, kamu pun bisa menemukannya pada berbagai jenis sayur, seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, maupun kubis. Sejumlah sayur dan buah tersebut tentu sering digunakan sebagai bahan menu makanan sehari-hari, kan?

Namun, untuk memudahkanmu, sangat disarankan untuk mendapat asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen multivitamin – yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kinerja jantung, nih.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah memahami soal manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, ya. Kalau begitu, pastikan kamu rajin memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini setiap harinya, baik dari sayur dan buah, atau rutin konsumsi multivitamin dari Enervon!

 

 

Featured Image - lifepack.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!