Hampir setiap kalangan pasti sudah mengenal stabil secara finansial. Sekarang ini, siapa sih yang tidak ingin punya kondisi keuangan yang baik? Semua orang pasti menginginkan hal tersebut, termasuk dirimu ya, Enervoners.

Untuk meraihnya, kamu juga bisa mulai belajar investasi, termasuk dalam urusan saham, nih. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang masih takut untuk belajar investasi saham, lho. Padahal dengan kegiatan yang satu ini, kamu bisa memperoleh pendapatan pasif – dan pastinya bisa menunjang kondisi keuangan.

Buat kamu yang penasaran, bagaimana cara tepat untuk belajar investasi saham, kali ini Enervon punya 5 tips mudah yang bisa diterapkan. Apa saja, ya?

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Pilih Sekuritas yang Minim Biaya Transaksi

Credit Image - harapanrakyat.com

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam belajar investasi saham, yaitu memilih sekuritas. Tenang, berinvestasi saham bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja, kok. Yang penting, langkah pertama, pastikan kamu sudah membuka rekening efek yang difasilitasi oleh perusahaan sekuritas. Setelahnya, barulah mulai berinvestasi saham dengan cara melakukan top-up dana ke rekening efek. Setiap kali kamu bertransaksi membeli saham, perusahaan sekuritas akan memungut biaya transaksi.

Biaya transaksi yang dipungut bisa berbeda untuk masing-masing perusahaan sekuritas, lho. Biasanya biaya transaksi yang dipungut adalah 0,19% untuk pembelian dan 0,29% untuk penjualan. Tapi ada juga perusahaan sekuritas yang hanya memungut biaya 0,15% untuk pembelian dan 0,20% untuk penjualan.

Nah, agar bisa meraih keuntungan yang lebih besar dalam proses belajar investasi saham, pastinya kamu perlu memerhatikan jumlah biaya transaksi dari perusahaan sekuritas pilihan, ya. Disarankan, memilih perusahaan dengan biaya transaksi kecil, sehingga keuntungan pun bisa dimaksimalkan.

Tapi ingat, biasanya biaya transaksi ditentukan dari kualitas pelayanan dan aplikasi perusahaan sekuritas itu. Jadi pilihlah perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi yang paling sesuai dengan keuanganmu.

 

#2 – Memilih Saham Perbankan

Hal yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dalam belajar investasi saham, lho. Disarankan, kamu perlu memilih saham yang berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang perbankan – atau sering disebut sebagai consumer good. Mengapa demikian?

Bukan tanpa alasan, pasalnya kedua perusahaan tersebut dapat dikatakan sebagai perusahaan dengan bisnis yang sederhana dan dianggap bisa mencetak laba signifikan tiap tahunnya. Jadi, harga saham biasanya akan sering naik dan cenderung stabil.

Jadi, tetap perhatikan poin ini dalam proses belajar investasi saham yang kamu lakukan, ya!

 

#3 – Membeli Saham yang Dikeluarkan oleh BEI

Credit Image - traderviet.com

Nama Bursa Efek Indonesia – atau BEI pastinya sudah tidak lagi asing terdengar, kan? Dalam belajar investasi saham, pastikan kamu sudah membeli saham yang telah terdaftar di BEI, ya. BEI adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem serta sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek tersebut.

Tak hanya itu saja, melalui situs resmi dari BEI juga menampilan detail profil anggota bursa, partisipan, dan dealer utama sebagai bahan pertimbangan dalam berinvestasi. Jadi, kegiatan berinvestasi pun terasa lebih aman – dan kamu dapat meraih keuntungan yang tinggi.

 

#4 – Beli Saham Saat Harga Turun

Selanjutnya, dalam belajar investasi kamu juga perlu memerhatikan waktu yang tepat untuk membeli saham. Saat ini, banyak investor pemula yang memiliki pemahaman untuk menghindari harga saham yang sedang turun. Namun, pemahaman itu tidak sepenuhnya benar, lho!

Soalnya, ada beberapa kasus yang ketika membeli saham ketika harga turun, malah harganya kembali naik atau bahkan lebih tinggi. Dengan menggunakan metode ini, tentunya kamu bisa mendapat keuntungan yang maksimal di kemudian hari. Tapi tetap perhatikan aspek lainnya, ya. Jangan sampai langsung membeli saham hanya karena harganya sedang turun.

 

#5 – Pilih Investasi Jangka Panjang

Credit Image - analisafundamental.com

Yang terakhir, belajar investasi saham yang juga bisa ditiru, yaitu dengan memilih jenis investasi jangka panjang. Biasanya, investasi saham dengan jangka waktu yang lama dapat lebih aman – dan pastinya menguntungkan, lho.

Selain itu, cara berinvestasi saham dengan investasi jangka panjang ini memiliki risiko yang lebih rendah apabila kamu memilih perusahaan yang tepat. Jadi, pastikan kamu juga sudah memilih jenis saham yang tepat agar bisa mendapat untung yang sepadan, ya!

Untuk kamu yang tengah memulai belajar investasi saham, memerhatikan kelima poin di atas memang penting, lho. Namun, jangan lupakan kebutuhan vitamin harian agar dirimu tetap fokus selama melakukan kegiatan investasi.

Kamu direkomendasikan rutin mengonsumsi multivitamin yang punya sejumlah vitamin lengkap, seperti Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama berinvestasi, lho.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Jadi, kamu dapat tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu mendapatkannya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, itulah kelima tips yang perlu diterapkan ketika sedang belajar investasi saham. Jadi, apakah kamu tertarik untuk melakukan kegiatan menguntungkan yang satu ini, Enervoners?

 

 

Featured Image - harmony.co.id