Tidak ada manusia yang sempurna, setiap individu pasti memiliki kekurangannya masing-masing. Meski demikian, kelemahan diri bukanlah sesuatu hal yang perlu ditutupi, atau justru membuat kamu malu, lho.

Ingatlah, punya kelemahan diri tidak harus selalu dianggap sebagai sisi yang negatif, kok. Sebab, kekurangan tersebutlah yang membuatmu tidak sombong – bahkan, tak saling melupakan individu lainnya. Jadi, jangan sampai berpikir bahwa memiliki kekurangan, berarti kamu termasuk orang yang tidak berguna!

Tanpa disadari, bisa saja kekurangan yang kamu miliki justru bisa memberikan suatu keuntungan tersendiri, termasuk dalam urusan pekerjaan. Lantas, apa saja sih contoh kelemahan diri yang positif tersebut?

Berikut ini 5 di antaranya. Yuk, simak sampai habis, Enervoners!

 

 

1. Perfeksionis

Credit Image - privacy.vakmedianet.nl

Apakah kamu seorang yang perfeksionis? Meski sering dianggap suatu hal yang mengganggu, bahkan disebut sebagai kelemahan diri, namun sikap yang satu ini juga dapat mendatangkan dampak yang baik, lho.

Perfeksionis merupakan keyakinan seseorang untuk menjadi sempurna, sekaligus menghasilkan sesuatu yang maksimal. Seorang yang punya sifat perfeksionis tak mengenal kata berhenti dalam mengerjakan sesuatu, sampai tugasnya dirasa sempurna.

Ternyata, sikap perfeksionis dapat disebut sebagai salah satu kelemahan diri yang positif, nih. Memang, orang perfeksionis cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, namun kualitas yang dihasilkan tak perlu diragukan – karena, tugas tersebut dilakukan dengan teliti.

Selain itu, orang perfeksionis juga sering mengerjakan hal-hal yang kurang penting. Tapi, dari sini, analisis dan kritik dapat dimunculkan!

 

2. Sensitif dan Perasa

Sering disebut juga sebagai “baper” alias bawa perasaan – ini merupakan ungkapan yang biasa ditujukkan kepada orang-orang yang sensitif, atau terlalu perasa. Sifat ini bisa terjadi dalam hal positif, maupun negatif, ya. Misalnya, seseorang yang dipuji karena hasil pekerjaannya baik, dapat semakin termotivasi.

Kalau kamu memiliki kelemahan diri yang satu ini, tak perlu berkecil hati. Memiliki perasaan yang sensitif, ternyata juga bisa dianggap sebagai kekurangan yang positif, lho. Meski banyak yang menyepelekan sifat ini, namun seseorang yang sensitif lebih bisa memahami orang lain, bersedia mendengarkan, bahkan memiliki rasa kemanusiaan yang besar.

 

3. Berorientasi Terhadap Detail

Credit Image - fimela.com

Ada pun kelemahan diri lainnya yang juga bisa memberikan dampak baik, yaitu berorientasi pada detail. Seseorang yang teliti – dan pastinya sangat memerhatikan setiap detail pekerjaan, memang cenderung sering merasa tidak percaya diri dengan hasil pekerjaannya. Tak jarang, orang dengan sifat ini bakal memeriksa tugasnya berulang kali. Ini juga erat kaitannya dengan perfeksionis, lho.

Namun, perlu diketahui bahwa ketelitian merupakan hal yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Detail terhadap sesuatu bisa mempertajam kemampuan analisis seseorang. Selain itu, sifat ini juga bisa memunculkan sikap kritis yang membantumu lebih berkembang dalam jenjang karir.

 

4. Kurang Menguasai Bahasa Asing

Di zaman sekarang, sepertinya mustahil kalau tidak memerlukan kemampuan bahasa asing. Namun, bagaimana kalau belum terlalu menguasainya? Apakah ini termasuk dalam kelemahan diri yang perlu diwaspadai? Eits, jangan panik dahulu!

Memang, menguasai bahasa asing bukanlah hal yang wajib, namun tidak ada salahnya kalau kamu bisa berbahasa asing, minimal satu bahasa saja. Sebab, dengan memiliki skill yang satu ini, kamu pun bisa menjalin relasi lebih luas lagi, bahkan berkesempatan untuk bekerja di perusahaan asing.

Kurang menguasai bahasa asing bisa menjadi salah satu contoh kelemahan diri yang positif. Bahasa bukanlah sesuatu yang pasti, tapi tetap bisa dipelajari. Dengan demikian, kamu bisa semakin termotivasi untuk terus belajar – dan, sampai bisa menguasai bahasa lainnya!

 

5. Banyak Berbicara

Credit Image - duniakaryawan.com

Banyak bicara – alias cerewet sering disebut sebagai kelemahan diri. Tetapi, hal ini tidak sepenuhnya benar, kok. Orang yang cerewet pasti dihubungkan dengan berbagai hal negatif, seperti suka berbohong, hanya ingin mencari perhatian saja, bahkan sangat mengganggu.

Apakah kamu termasuk orang yang cerewet? Jangan berkecil hati dahulu, pasalnya kelemahan diri yang satu ini bisa memberikan dampak yang positif, lho. Ada banyak sekali bidang pekerjaan yang dapat melihat kelemahanmu itu sebagai suatu kelebihan.

Misalnya, kamu bisa saja menjadi seorang MC, maupun reporter. Meski terlihat mudah dilakukan, karena hanya bermodalkan bicara saja. Tapi, nyatanya menciptakan suatu obrolan yang enak di dengar tak semudah membalikkan telapak tangan!

Tapi perlu diingat, menjadi orang yang banyak bicara harus dibarengi dengan wawasan yang luas, ya. Jadi, hindari menggunakannya untuk bergosip – atau menyebarkan berita bohong.

Nah, kalau kamu punya salah satu kelemahan diri di atas, jangan langsung berkecil hati. Pasalnya, kekurangan tersebut bisa memberikan dampak yang positif dalam urusan karir, bahkan bisa mengantarkanmu kepada gerbang kesuksesan, lho.

Namun yang pasti, kamu tetap perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harian – agar kamu memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Untuk memperolehnya, kamu direkomendasikan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active, nih.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima kelemahan diri yang bisa memberikan hal positif dalam urusan pekerjaan. Apakah kamu memiliki salah satunya?

 

 

Featured Image - journal.sociolla.com