Rasa penghargaan terhadap diri sendiri memang perlu dimiliki setiap individu. Disebut juga sebagai kemampuan yang dimiliki.

Selain itu, punya self esteem yang baik juga akan memengaruhi caramu berpikir – serta bertindak dalam kehidupan sehari-hari, lho. Tak jarang, perasaan tersebut akan membantu dalam urusan pekerjaan, sehingga kamu semakin termotivasi.

Lantas, apakah kamu sudah punya self esteem yang tinggi? Kalau sudah, biasanya kamu telah memenuhi sejumlah ciri-ciri berikut ini. Nah, tanpa perlu berlama-lama, yuk segera simak ulasan lengkapnya sampai habis, Enervoners!

 

 

Apa Itu Self Esteem?

Credit Image - alodokter.com

Secara sederhana, kamu bisa mengartikan self esteem sebagai harga diri. Dalam psikologi, istilah tersebut akan menggambarkan nilai seseorang terhadap dirinya sendiri secara menyeluruh. Jadi, hal ini juga dapat diartikan, sebagai seberapa besar rasa cintamu kepada diri sendiri, memahami emosi, perilaku, penampilan, dan keyakinan dalam diri.

Self esteem memainkan peran penting dalam memotivasi kesuksesan hidup seseorang, lho. Jadi, punya self esteem yang rendah ini bisa menghalangi seseorang untuk mencapai keberhasilan di sekolah – maupun di tempat kerja, karena tidak percaya diri akan kemampuan diri untuk sukses.

Dan sebaliknya, kalau self esteem sudah baik akan membantu seseorang untuk mencapai tujuan. Karena, orang tersebut dapat menjalani hidup dengan sikap positif – dan asertif dalam mencapai cita-cita yang diimpikan.

Bahkan, self esteem pun merupakan hal penting dalam berbagai aspek kehidupan lainnya, seperti membantu mengambil keputusan, percaya bahwa kamu pantas mendapat kebahagiaan dalam hidup, dapat meluangkan waktu untuk diri sendiri, dan mengatasi kesalahan – tanpa harus menyalahkan dirimu secara terus-menerus.

 

Ciri-Ciri Memiliki Self Esteem yang Baik

Credit Image - klikdokter.com

Lalu, apakah kamu sudah punya tingkat self esteem yang baik? Biasanya, kalau sudah punya, kamu akan memiliki sejumlah ciri-ciri, seperti:

  • Tidak terpaku dengan kesalahan di masa lalu maupun pengalaman negatif yang pernah di alami.
  • Dapat mengekspresikan pikiran dan perasaan sesuai kebutuhan.
  • Berani untuk menolak sesuatu yang memang tidak diinginkan.
  • Percaya diri dan memiliki pandangan hidup yang positif.
  • Lebih tangguh dalam mengatasi stres.
  • Mampu menjalin hubungan yang sehat dan cenderung tidak bertahan dalam hubungan yang tidak sehat.
  • Realistis dalam berekspektasi.

Sementara itu, kalau self esteem masih cenderung rendah, kamu pun lebih sulit untuk mengekspresikan pikiran – dan perasaan, serta sulit menolah sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya. Selain itu, kamu juga lebih fokus terhadap kelemahan diri, bahkan berpikir bahwa orang lain lebih baik dari dirimu sendiri.

Tak jarang pula, self esteem rendah akan memicu rasa takut akan kegagalan, sering mengalami kecemasan, dan mengganggap bahwa pendapat – atau perasaan orang lain lebih penting, dari keputusanmu sendiri.

Orang dengan harga diri yang rendah cenderung menyembunyikan diri dari situasi sosial, berhenti mencoba hal-hal baru, dan menghindari hal-hal yang menurutmu menantang. Dan, dalam jangka pendek, menghindari situasi yang menantang dan sulit membuat kamu merasa tidak aman.

 

Lalu, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Credit Image - sehatq.com

Kalau kamu masih punya self esteem yang rendah, tak perlu khawatir, karena ada berbagai tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya, kok! Bagaimana caranya? Berikut ini 4 di antaranya.

1. Kurangi sikap perfeksionis

Apakah kamu seorang yang perfeksionis? Cobalah kurangi sikap yang satu ini, ya. Pasalnya, perfeksionis juga menjadi faktor penyebab dirimu mengalami self esteem, lho. Ingat, setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan – dan inilah yang membuktikan bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jadi, kamu perlu mencoba menerima kekurangan yang ada di dalam diri.

Selain itu, hindari hanya mengakui prestasi yang dicapai, namun perhatikan pula bagaimana kesalahan yang sudah pernah kamu perbuat. Dengan cara ini, kamu pun dapat mempertahankan pikiran positif, namun tetap dibarengi dengan proses belajar untuk mengembangkan diri.

 

2. Berbicara hal yang positif

Seperti diketahui, pikiran juga menjadi pemicu rendahnya self esteem, ya. Dengan begitu, sangat disarankan untuk terus berbicara hal positif kepada dirimu sendiri. Disebut juga sebagai self talk, hal ini dapat memengaruhi penghargaan diri, lho. Pastikan untuk selalu membicarakan perihal positif, sehingga tidak berlarut dalam pikiran negatif.

Untuk bisa mengurangi pikiran negatif tersebut, kamu perlu berkata “stop” atau berhenti. Sebab, kata perintah tersebut juga cukup ampuh untuk menghentikan pikiran buruk. Setelah itu, fokuskan dirimu kepada hal-hal yang dapat meningkatkan motivasi dan semangat, ya.

Dan jangan lupa, agar pikiran tetap positif, kamu juga dapat melakukan berbagai hal yang membuatmu senang. Misalnya, memasak makanan favorit, membaca buku, atau melakukan hobi yang sempat tertunda. Dengan menyisihkan waktu untuk melakukan hal favorit, pastinya ini bisa berdampak baik terhadap peningkatan kepercayaan dirimu.

 

3. Berhenti membandingkan diri sendiri

Untukmu yang masih suka membanding-bandingkan diri, hentikan hal yang satu ini! Membandingkan dirimu dengan orang lain merupakan tindakan tidak menghargai diri sendiri – dan selalu beranggapan bahwa orang lain sudah pasti lebih baik dibanding kamu, lho.

Tak hanya bisa membantumu agar lebih unggul, namun self esteem juga dapat membantumu menerima apapun yang terjadi di kemudian hari, sehingga dapat fokus untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

Alih-alih membanding-bandingkan diri dengan orang lain, ada baiknya kamu membandingan dirimu yang sekarang – dengan yang ada di masa lalu. Nah, ketika merasa ada hal yang perlu diubah, maka segeralah untuk memperbaiknya.

 

4. Lakukan self care

Meningkatkan self esteem juga dapat dilakukan dengan menerapkan self care, lho. Ini bukan berarti kamu harus mengeluarkan banyak uang. Tenang, masih ada banyak hal positif lainnya yang bisa kamu lakukan – tanpa harus menguras kantong, kok. Dengan rutin merawat diri, kesehatan fisik, mental, serta emosional dapat lebih stabil.

Ketika suasana hati sudah baik, maka kecemasan akan bekurang. Jadi, hubungan dengan orang di sekitar bisa lebih baik. Bisa dikatakan kalau self care juga merupakan ampuh agar kamu dapat belajar mencintai diri sendiri.

Lakukanlah kegiatan sederhana, seperti menghabiskan waktu bersama orang tersayang, istirahat yang cukup, serta menjalani gaya hidup sehat. Selain itu, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan nutrisi harian – agar kamu memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Untuk memperolehnya, kamu direkomendasikan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active, nih.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, apakah kamu sudah memiliki sejumlah ciri-ciri self esteem yang baik? Kalau belum, yuk tingkatkan kembali agar semakin percaya diri, ya!

 

 

Featured Image - klikdokter.com