Bukan Jeruk, Ternyata Ini 6 Sumber Vitamin C yang Paling Tinggi!

Bukan Jeruk, Ternyata Ini 6 Sumber Vitamin C yang Paling Tinggi!

Apakah kamu beranggapan bahwa sumber vitamin C tertinggi bisa ditemukan dalam buah jeruk? Wah, hal yang satu ini ternyata salah, lho. Jeruk bukanlah buah yang paling banyak mengandung vitamin C, melainkan masih ada berbagai buah lainnya yang kaya akan vitamin yang satu ini.

Seperti diketahui, vitamin C merupakan salah satu vitamin yang penting, dan pastinya dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi utamanya, yaitu mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel, menjaga daya tahan tubuh, dan memastikan fungsi tubuh bisa berjalan dengan optimal. Selain itu, vitamin C juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

Disebut juga sebagai asam askorbat, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin C dari berbagai jenis makanan, termasuk buah-buahan. Nah, bukan jeruk, namun masih ada 6 buah-buahan lainnya yang punya kandungan vitamin C lebih tinggi.

Sebelumnya, perlu kamu ketahui kalau jeruk punya kandungan vitamin C sebesar 82,7 miligram, ya. Jadi, apa saja buah-buahan tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

#1 – Jambu Biji

Bukan Jeruk, Ternyata Ini 6 Sumber Vitamin C yang Paling Tinggi!

Credit Image - healthline.com

Kalau kamu mencari buah dengan tinggi kandungan vitamin C, pasti jambu bij akan ada di deretan teratas. Perlu diketahui, satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 200 miligram asam askorbat, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah yang ada di dalam jeruk.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai sumber vitamin C yang baik, tetapi jambu biji juga kaya akan serat, lho. Berdasarkan penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, zat gizi di dalam buah yang satu ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Jadi, kamu bisa rutin mengonsumsi sumber vitamin C yang satu ini, ya!

 

#2 – Pepaya

Biasanya, pepaya lebih dikenal sebagai buah yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Tetapi, buah yang satu ini juga dapat dijadikan sumber vitamin C yang baik, ya. Kandungan vitamin C pada setengah buah pepaya, yaitu sebesar 94 miligram, sedikit lebih tinggi daripada jeruk.

Buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks – terutama vitamin B6, B2, dan B1, kalium, dan kalsium. Berkat sejumlah kandungan tersebut, pepaya dapat membantu metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan mata.

 

#3 – Kiwi

Bukan Jeruk, Ternyata Ini 6 Sumber Vitamin C yang Paling Tinggi!

Credit Image - eatthis.com

Adapun sumber vitamin C lainnya, yaitu kiwi. Perlu kamu ketahui bahwa satu buah kiwi berukuran sedang mengandung vitamin C sebesar 64 miligram – atau setara dengan 71 persen kebutuhan orang dewasa dalam sehari, lho. Namun, agar pemenuhan kebutuhan vitamin semakin optimal, kamu juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi multivitamin, ya.

Selain itu, kiwi juga mengandung vitamin A, E, K, serta berbagai jenis mineral. Uniknya lagi, buah dengan kulit ‘berbulu’ ini mengandung asam lemak omega-3, zat gizi yang biasanya ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon.

 

#4 – Nanas

Apakah kamu sedang bosan dengan jeruk? Nah, bisa mencoba sumber vitamin C yang satu ini sebagai penggantinya, ya. Dengan mengonsumsi satu potong besar nanas, maka kamu pun sudah bisa memperoleh 79,3 miligram vitamin C. Jumlah tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu, lho.

Tak hanya itu saja, nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain adalah enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung. Enzim bromelain juga dapat berfungsi sebagai zat anti-radang.

 

#5 – Mangga

Bukan Jeruk, Ternyata Ini 6 Sumber Vitamin C yang Paling Tinggi!

Credit Image - verywellhealth.com

Meskipun kandungan vitamin C dalam mangga tidak setinggi buah-buahan lainnya yang sudah disebutkan, namun buah yang satu ini tetap menjadi sumber vitamin C yang baik dikonsumsi, lho. Mengonsumsi setengah buah mangga dapat memberikan asupan vitamin C sebesar 60 miligram.

Mangga juga kaya akan serat dan fitokimia, seperti karotenoid dan polifenol. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa senyawa antioksidan polifenol yang ada dalam buah mangga berpotensi menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

 

#6 – Lemon

Kemiripan lemon dan buah jeruk tidak terbatas pada rasanya saja, tapi juga kandungan vitamin C di dalamnya. Sebuah lemon utuh lengkap dengan kulitnya mengandung 83 miligram vitamin C – yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu.

Seperti buah-buahan sitrus lainnya, lemon juga mengandung antioksidan, serat, dan zat fitokimia. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ketiga zat tersebut dapat memelihara kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain rutin mengonsumsi sejumlah sumber vitamin C di atas, untuk memaksimalkan pemenuhan kebutuhan vitamin ini, kamu juga dianjurkan memperoleh vitamin C dengan meminum multivitamin – yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah jelas ya ulasan mengenai deretan buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai sumber vitamin C terbaik, bahkan kandungan asam askorbatnya lebih tinggi dibandingkan jeruk, lho. Yuk, rutin dikonsumsi!

 

 

Featured Image - eatthis.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!