Suka Pusing Ketika Bangun Tidur? Ini 5 Penyebab Utamanya!

Suka Pusing Ketika Bangun Tidur? Ini 5 Penyebab Utamanya!

font size A Ǎ

Bangun tidur tapi langsung merasa pusing, apakah kamu mengalami kondisi tersebut? Alih-alih mendapatkan pikiran segar, kamu malah mendapatkan keluhan sakit kepala tepat setelah bangun tidur. Tak bisa dipungkiri, hal yang satu ini sangat mengganggu, ya.

Meski tidak berbahaya, pusing ketika bangun tidur bisa merusak suasana hati, bahkan menghambat berbagai kegiatan yang seharusnya dilakukan seharian. Sakit kepala biasanya akan berakhir sekitar jam 8 sampai 9 pagi. Ini disebabkan tubuh lebih sedikit memproduksi hormon yang meredakan nyeri secara alami.

Selain itu, kondisi ini juga cukup lumrah terjadi, dan hanya berlangsung sesekali saja – bukan terus-menerus. Namun, ada baiknya kamu tetap memerhatikan sejumlah faktor penyebab pusing setelah bangun tidur, lho.

Setidaknya, ada 5 penyebab yang patut kamu curigai. Apa saja? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Insomnia

Suka Pusing Ketika Bangun Tidur? Ini 5 Penyebab Utamanya!

Credit Image - halodoc.com

Susah tidur di malam hari – alias insomnia? Ini bisa menjadi penyebab paling umum sakit kepala saat bangun tidur, lho. Kurangnya waktu tidur memang merupakan masalah yang kerap dialami banyak orang.

Korelasi antara sakit kepala di pagi hari dan gangguan tidur seperti insomnia juga banyak ditemukan dalam berbagai studi. Jadi, kalau kamu tergolong individu yang punya gangguan pola tidur, hal yang satu ini bisa menjadi faktor yang menyebabkan sakit kepala di pagi hari.

Menurut Mayo Clinic, insomnia bisa jadi sumber kesehatan yang utama maupun justru efek dari gangguan kesehatan lainnya. Dan, untuk mengatasinya, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu akar dari permasalahan tersebut.

 

2. Migrain

Migrain merupakan sakit kepala setengah – atau hanya terjadi di sebelah bagian kepala saja. Ini dapat terjadi kapan pun, tetapi banyak orang yang mengalaminya di malam menjelang waktu tidur atau justru pagi hari setelah bangun.

Beberapa riset menunjukkan bahwa ada satu pola khusus seperti penderita migrain mengalami sakit kepala di rentang waktu yang sama. Waktu terjadinya migrain mengalami pengulangan dan cenderung konsisten di waktu yang sama setiap harinya.

Migrain sering kali terjadi karena faktor genetis, tetapi ada beberapa cara untuk menanggulanginya. Namun, kunci utamanya, yaitu dengan mengidentifikasi pemicu migrain itu sendiri, seperti kebiasaan tidur yang tidak sesuai anjuran kesehatan, diet yang tidak tepat atau stres. Dan yang terpenting, hindari pemicunya untuk mengurangi rasa sakit.

 

3. Bruixsm

Suka Pusing Ketika Bangun Tidur? Ini 5 Penyebab Utamanya!

Credit Image - piercefamilydental.com

Selanjutnya ada pula bruxism yang bisa menyebabkanmu pusing ketika bangun tidur. Tapi, apa yang dimaksud dengan kondisi satu ini? Bruixsm merupakan kebiasaan menggertakan gigi selama tidur di malam hari. Biasanya, orang yang melakukan kebiasaan ini juga tidak menyadarinya, lho.

Apakah kamu salah satunya? Faktanya, menggertakan gigi atau kondisi yang biasa disebut dengan istilah bruxism ini dapat menyebabkan terjadinya radang sendi dan dapat berpengaruh terhadap posisi rahang. Adanya tekanan tersebut pun dapat memicu sakit kepala.

 

4. Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan kondisi yang ditunjukkan dengan gejala berupa mendengkur keras saat tertidur. Orang yang mengalami hal ini napasnya bisa tiba-tiba berhenti selama beberapa saat – dan hal ini bisa terjadi berulang kali.

Menurut dr. Vernon Williams dari Kerlan-Jobe Center for Sports Neurology and Pain Medicine di Kerlan-Jobe Institute Los Angeles, sleep apnea akan membuat penderitanya jadi kekurangan oksigen sehingga sakit kepala pun jadi efek yang tak terhindarkan.

Sulit tentunya untuk mendeteksi diri sendiri apakah kamu mengalami sleep apnea atau tidak. Umumnya, penderita baru menyadari bahwa dirinya mengalami isu kesehatan ini saat pasangan, maupun orang terdekatnya yang mengatakan bahwa dirinya sering mendengkur keras.

Selain itu, gejala sleep apnea yang sering muncul, yaitu tetap merasa lelah meski sudah tidur dengan cukup.

 

5. Masalah Kesehatan Lainnya

Suka Pusing Ketika Bangun Tidur? Ini 5 Penyebab Utamanya!

Credit Image - suara.com

Terkadang, sakit kepala di pagi hari bisa juga disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan yang lebih serius, seperti tumor otak. Tentunya, hal tersebut tidak boleh dianggap sepele, kan? Tumor otak bisa menyebabkan tekanan zalir serebrospinal meningkat saat penderita berbaring di malam hari.

Namun, kondisi ini cukup jarang terjadi dan sangat jarang menjadi penyebab kebanyakan orang yang menderita sakit kepala di pagi hari. Tumor otak juga biasanya disertai beberapa gejala lain seperti adanya perubahan di penglihatan, perubahan pada keseimbangan, dan lain-lain.

Untuk menghindari merasa pusing di pagi hari, ada baiknya kamu tetap menjaga kualitas tidur, kurangi stres, lakukan teknik relaksasi, serta menghindari mengonsumsi terlalu banyak kafein sebelum waktu tidur, ya.

Selain itu, memenuhi kebutuhan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin B kompleks juga dikenal ampuh untuk membantu mengatasi gangguan tidur, sehingga kamu tak lagi merasakan pusing di pagi harinya, lho.

Mendapatkan kedua asupan vitamin tersebut bisa diperoleh dari rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, apakah kamu masih suka merasa pusing ketika bangun tidur? Kalau begitu, coba perhatikan kembali lima penyebab di atas – dan segera cari cara untuk mengatasi gangguan tersebut, ya!

 

 

Featured Image - parapuan.co


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!