5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Setelah Vaksinasi

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Setelah Vaksinasi

font size A Ǎ

Setelah memperoleh vaksinasi secara lengkap, apakah sudah pasti kebal seutuhnya dari risiko terpapar virus corona? Tentu saja tidak! Untuk itu, kamu masih harus menjalani protokol kesehatan, sekaligus menjaga kesehatan agar imun tubuh tetap optimal.

Memang vaksinasi dinilai menjadi cara yang efektif untuk menurunkan angka kasus positif yang masih terus terjadi – dan, cara meningkatkan imun tubuh terhadap paparan virus. Sayangnya, banyak yang merasa bahwa kalau sudah vaksin, sudah pasti kebal. Padahal, hal tersebut salah, bahkan justru bisa meningkatkan risiko terinfeksi virus, lho.

Untuk mengoptimalkan manfaat vaksin, kamu disarankan tetap menjalani berbagai cara meningkatkan imun tubuh, sehingga perlindungan yang diperoleh pun maksimal.

Nah, biar tak bingung, kali ini Enervon bakal kasih 5 cara meningkatkan imun tubuh setelah vaksin yang perlu kamu terapkan. Apa saja? Yuk, segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Tetap Menjalani Prokes

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Setelah Vaksinasi

Credit Image - merdeka.com

Seperti yang sudah disebutkan, menerapkan protokol kesehatan setelah vaksin menjadi cara untuk meningkatkan imun tubuh – dan pastinya penting dilakukan secara disiplin. Nantinya, setelah mendapat vaksin dosis lengkap, kamu diharapkan untuk tetap menjalani protokol kesehatan, sehingga aktivitas pun bisa berjalan lebih aman.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan masker ketika berkegiatan di luar rumah, rutin mencuci tangan, dan menghindari kerumunan, ya. Memang, vaksin dapat mencegah berbagai risiko berbahaya, termasuk ketika terpapar virus – namun, biar makin maksimal, tetap jalani cara meningkatkan imun tubuh yang satu ini!

 

#2 – Konsumsi Makanan Sehat

Cara meningkatkan imun tubuh setelah vaksin selanjutnya, yakni mengonsumsi makanan sehat. Nutrisi yang diperoleh dari makanan, seperti buah, sayur, hingga rempah-rempah dapat membantu meningkatkan, sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik, lho.

Makanan yang berasal dari tanaman juga memiliki sifat antivirus dan antimikroba yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Kamu juga bisa mencoba mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A, C, E, B6, B12, seng, folat, zat besi, selenium, dan tembaga yang bisa membantu menjaga kesehatan imun tubuh, ya.

 

#3 – Kelola Stres Dengan Baik

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Setelah Vaksinasi

Credit Image - halodoc.com

Tahukah kamu bahwa stres bisa menjadi salah satu faktor penyebab melemahnya sistem imun tubuh? Ya, untuk itu, sangat disarankan agar kamu bisa mengelola stres dengan baik. Misalnya, kalau terlalu lelah melakukan aktivitas harian – tak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dari rasa penat tersebut, lho.

Selain itu, cobalah melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti menonton film favorit, mendengarkan musik, atau melakukan hobi yang sempat tertunda. Intinya, lakukan hal apa pun yang bisa membuat kamu merasa bahagia, ya.

Dengan merasa bahagia, maka sistem kekebalan tubuh pun bakal ikut meningkat!

 

#4 – Perhatikan Waktu Istirahat dan Beraktivitas

Cara meningkatkan imun tubuh usai vaksin yang juga tak boleh dilupakan, yakni memerhatikan waktu istirahat – dan beraktivitas. Ketika tidur, tubuh akan melakukan proses regenerasi pada sel maupun jaringannya. Hal inilah yang membuat tidur menjadi sangat penting untuk imunitas tubuh.

Selain itu, saat tidur tubuh memproduksi sitokin, sel T, dan interleukin 12. Jadi, kalau kebutuhan tidur tidak terpenuhi dengan baik, maka tubuh tidak dapat memproduksi ketiga hal tersebut – dan akhirnya membuatmu menjadi lebih rentan terserang gangguan penyakit.

Dan, memerhatikan waktu beraktivitas, terutama aktivitas fisik juga menjadi cara meningkatkan imun tubuh yang penting, lho. Jangan lewatkan berolahraga – sebab aktivitas ini penting untuk meningkatkan pelepasan hormon endorfin yang bisa menurunkan rasa nyeri dan meningkatkan rasa senang.

 

#5 – Imbangi Dengan Kebiasaan Sehat Lainnya

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Setelah Vaksinasi

Credit Image - honestdocs.id

Setelah vaksinasi, kamu juga disarankan tetap menjalani beragam kebiasaan sehat lainnya, ya. Mulai dari menghindari merokok – karena, hal tersebut bisa menjadi faktor yang dapat menyebabkan gangguan terhadap imun tubuh.

Selain itu, mengonsumsi suplemen secara rutin juga menjadi cara meningkatkan imun tubuh usai vaksin yang sangat direkomendasikan, lho. Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, yaitu suplemen jenis imunomodulator. Ini merupakan jenis suplemen yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun, atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk sistem imun dalam jumlah cukup.

Untuk suplemen yang direkomendasikan – kamu dapat konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, kamu bisa dapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu!

 

Wah, sekarang kamu sudah mengetahui berbagai cara meningkatkan imun tubuh setelah vaksinasi, ya. Yuk, diterapkan agar perlindungan terhadap tubuh pun bisa semakin optimal!

 

 

Featured Image - fokussatu.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!