5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah Dilakukan, Lho

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah Dilakukan, Lho

font size A Ǎ

Apakah kamu sering mengalami gangguan hidung tersumbat? Memang, hal yang satu ini sangat mengganggu, ya. Pasalnya, tak hanya menyebabkan kesulitan bernapas, hidung yang mampet juga bisa menimbulkan sakit kepala – dan tentunya membuatmu tidak nyaman.

Tapi kamu tak perlu khawatir, karena ada sejumlah cara mengatasi hidung tersumbat yang mudah dilakukan, lho. Namun mesti diketahui, banyak orang yang mengira bahwa hidung mampet disebabkan oleh lendir di saluran hidung, tapi bisa juga diakibatkan pembuluh darah yang meradang di sinus, lho.

Nah, pembuluh darah yang teriritasi tersebut bisa saja dipicu oleh pilek, flu, alergi, sampai infeksi sinus. Terlepas dari penyebabnya, kamu perlu mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat – dan segera diterapkan, ya.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini 5 cara mengatasi hidung tersumbat yang direkomendasikan. Yuk, simak informasi lengkapnya sampai habis, Enervoners!

 

 

#1 – Gunakan Humidifier

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah Dilakukan, Lho

Credit Image - alodokter.com

Cara mengatasi hidung tersumbat pertama, yakni menggunakan humidifier. Alat yang satu ini termasuk salah satu langkah mudah – dan pastinya cepat untuk mengurangi nyeri sinus, sekaligus meredakan hidung yang mampet.

Dikutip dari Healthline, alat humidifier akan mengubah air menjadi kelembapan yang perlahan akan mengisi udara, kemudian meningkatkan kelembapan di dalam ruangan. Dengan menghirup udara tersebut, maka jaringan yang teriritasi pun menjadi lebih tenang, begitu juga pembuluh darah di hidung dan sinus.

Selain itu, humidifier dapat mengencerkan lendir di sinus – yang dapat membantu mengosongkan cairan di hidung dan mengembalikan kondisi pernapasan ke keadaan normal. Untuk menerapkan cara mengatasi hidung tersumbat ini, pastikan kamu meletakkan humidifier di kamar, ya.

 

#2 – Mandi Air Hangat

Kamu pecinta mandi air hangat? Wah, hal yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat, lho. Uap dari pancuran dapat membantu mengencerkan lendir di hidung – dan mengurangi peradangan pula.

Dengan demikian, mandi air hangat bisa membantu melegakan pernapasan, setidaknya untuk sementara waktu sampai benar-benar pulih. Dengan cara mengatasi hidung tersumbat ini, kamu bisa memperoleh efek yang sama seperti menghirup uap air panas.

Buatmu yang ingin menerapkan cara ini, cobalah menyalakan wastafel di kamar mandi – atau pakai shower juga boleh. Setelah suhunya tepat, letakkan handuk di atas kepala, kemudian taruh kepala di atas wastafel. Biarkan uap terbentuk – dan tarik napas dalam-dalam, ya. Tapi, tetap berhati-hati agar wajah tak merasa “terbakar” karena air panas.

 

#3 – Tetap Terhidrasi

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah Dilakukan, Lho

Credit Image - fimela.com

Cara mengatasi hidung tersumbat juga bisa kamu lakukan dengan tetap terhidrasi, lho. Menjaga agar cairan tetap mengalir selama merasa hidung mampet penting untuk dilakukan. Perlu diketahui, hampir semua cairan bisa membantumu tetap terhidrasi dengan baik selama sakit, termasuk air putih, minuman isotonik, dan jus buah.

Asupan cairan bisa membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung, serta mengurangi tekanan di sinus – lebih sedikit tekanan, maka lebih sedikit pula iritasi yang terjadi.

Kalau kamu mengalami hidung tersumbat yang dibarengi dengan sakit tenggorokan, maka teh dan sup merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Keduanya termasuk hidangan hangat yang akan membantu meredakan rasa ketidaknyamanan di tenggorokan.

 

#4 – keringkan Sinus

Berikutnya, kamu juga dapat membersihkan lubang hidung yang mampet menggunakan neti pot. Apakah kamu pernah mendengar cara mengatasi hidung tersumbat satu ini? Nah, neti pot merupakan wadah yang dirancang untuk mengeluarkan lendir – dan cairan dari saluran hidung.

Penggunaan neti po direkomendasikan bersamaan dengan air suling atau steril – dan pastikan menghindari memakai air keran, ya. Berikut ini langkah yang perlu kamu terapkan:

  • Berdiri dengan kepala di atas wastafel
  • Tempatkan ceret neti pot di sala satu lubang hidung
  • Miringkan neti pot sampai air masuk ke saluran hidung
  • Setelah air mengalir ke lubang hidung, air akan keluarkan melalui lubang hidung yang lain, dan mengalir ke bak cuci
  • Lakukan ini selama sekitar satu menit, kemudian ganti sisi

 

#5 – Gunakan Kompres Hangat

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah Dilakukan, Lho

Credit Image - idntimes.com

Cara mengatasi hidung tersumbat lainnya, yakni menggunakan kompres hangat. Pastinya, langkah yang satu ini mudah untuk dilakukan, ya. Kompres hangat dapat membantu melepaskan hidung yang mampet dengan membuka saluran hidung dari luar.

Untuk melakukannya kamu dapat merendam handuk dalam air hangat terlebih dahulu. Kemudian, peras air dari handuk, lalu lipat – dan letakkan di atas hidung maupun dahi. Kehangatan bisa memberikan rasa nyaman dari rasa sakit, dan membantu meredakan peradangan pada lubang hidung, lho. Dan kamu pun bisa mengulangi cara ini sesering yang diperlukan.

Seperti diketahui, penyebab utama dari hidung tersumbat, yaitu mengalami flu, pilek, maupun yang disertai dengan batuk. Deretan penyakit tersebut memang kerap kali menyerang, apalagi memasuki musim hujan.

Untuk itu, kamu sangat direkomendasikan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Langkah sederhana yang dapat kamu lakukan dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat, bisa dimulai dari rutin mencuci tangan, tetap menggunakan masker ketika bepergian – terutama di masa pandemi, menerapkan jaga jarak fisik, lakukan etika batuk dan bersin, serta tetap jaga kebersihan toilet – yang bisa saja menjadi sumber penyakit!

Selain itu, kamu juga sangat dianjurkan untuk memiliki pola makan sehat bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan jangan lupa selalu rutin konsumsi suplemen Vitamin C – yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses pemulihan ketika sakit, lho.

Lantas, suplemen seperti apa yang dianjurkan? Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon setiap harinya.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Dan tentunya, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi – lebih tahan lama, lho!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, itulah kelima cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat kamu lakukan di rumah. Apakah kamu tengah mengalami masalah yang satu ini? Yuk, coba diterapkan deretan tips di atas, ya!

 

 

Featured Image - lifepack.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!