Yuk, Kenali Gejala Panas Dalam dan Cara Mudah Atasinya!

Yuk, Kenali Gejala Panas Dalam dan Cara Mudah Atasinya!

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, kondisi gejala panas dalam memang sudah tidak lagi asing terdengar. Benar, kan? Hal yang satu ini seringkali dikaitkan dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan, sekaligus timbul nyeri ketika menelan.

Yang perlu kamu ketahui bahwa ada beragam faktor yang bisa menjadi penyebab gejala panas dalam – bukan sekedar flu, pilek, maupun batuk saja, lho. Gejala panas dalam pun kerap ditandai dengan sakit ketika menelan, bibir yang pecah-pecah, hingga bau mulut. Kalau kamu mengalami gejala tersebut, sebaiknya lekas diatasi, ya!

Hal lainnya yang berkaitan dengan gejala panas dalam – dan patut kamu ketahui, yakni kondisi tersebut bukanlah suatu penyakit, melainkan kumpulan gejala dari penyakit di tenggorokan, atau gejala awal dari infeksi virus dan bakteri.

Lebih lengkap mengenai penyebab gejala panas dalam, sekaligus cara tepat untuk mengatasinya, yuk segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Enervoners!

 

 

Penyebab Gejala Panas Dalam Menurut Medis

Yuk, Kenali Gejala Panas Dalam dan Cara Mudah Atasinya!

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Menurut suatu penelitian, gejala panas dalam yang muncul juga terlihat berkaitan dengan peradangan di dalam tubuh. Ada pun beberapa penyakit yang umum dikaitkan dengan kondisi tersebut, yaitu:

1. Infeksi saluran napas – ISPA

Gejala panas dalam yang timbul akibat ISPA biasanya diawali dengan tanda berupa rasa gatal, nyeri, dan panas di bagian tenggorokan. Selain itu, keluhan ini disertai dengan bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk, dan demam – yang biasanya terjadi 2-3 hari setelahnya.

 

2. Iritasi tenggorokan

Gejala panas dalam akibat iritasi tenggorokan mirip dengan yang ada di ISPA. Iritasi tenggorokan dapat disebabkan oleh paparan polusi udara, makanan atau minuman panas, atau penggunaan suara yang berlebihan.

 

3. Asam lambung naik

Kemudian, gejala panas dalam juga bisa disebabkan oleh asam lambung yang sedang naik, lho. Panas dalam yang menjurus pada refluks asam lambung sering muncul di tengah malam saat tidur ataupun di pagi hari saat bangun tidur, dengan disertai rasa panas atau perih di ulu hati dan rasa tercekat di tenggorokan.

 

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Yuk, Kenali Gejala Panas Dalam dan Cara Mudah Atasinya!

Credit Image - brightside.me

Tak perlu khawatir, kalau kamu mengalami gejala panas dalam, tak semua kondisi tersebut sudah pasti merujuk pada suatu penyakit yang membutuhkan penanganan dengan obat-obatan, kok. Kamu masih bisa melakukan berbagai cara sederhana untuk melegakan rasa tak nyaman di tenggorokanmu.

Berikut ini sejumlah caranya:

1. Istirahat yang cukup – hindari pula paparan asap

Hal pertama yang wajib kamu lakukan, yaitu beristirahat dengan cukup untuk membantu menguatkan imunitas tubuh, ya. Ini penting agar kekebalan semakin kuat dalam melawan virus, bakteri, maupun kuman, lho.

Selain itu, hindari juga paparan asap, seperti asap rokok dan asap kendaraan, yang dapat memperparah rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Jika terpaksa harus berada di tempat yang banyak asap, gunakan masker untuk melindungi saluran pernapasanmu.

 

2. Minum air putih

Air putih akan membantu melembapkan tenggorokan dan mencegah terjadinya dehidrasi. Hindari minuman berkafein dan beralkohol yang dapat membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Atau, kamu juga dapat minum air hangat dicampur madu untuk membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

 

3. Berkumur dengan air garam

Nah cara selanjutnya yang juga dapat membantu meredakan gejala panas dalam, kamu bisa berkumur menggunakan air garam, lho. Berkumur dengan campuran air hangat dan garam dapat membantu meredakan gejala panas dalam. Campuran ini bisa dibuat dengan melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

 

4. Konsumsi makanan tertentu

Agar gejala panas dalam segera mereda – dan, tenggorokan pun kembali terasa nyaman, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi sejumlah makanan tertentu, seperti sup hangat dan es krim.

Selain itu, minum teh hijau, konsumsi buah manggis dan semangka juga direkomendasikan, lho. Pasalnya, sejumlah makanan dan minuman tersebut dipercaya dapat membantu meredakan gejala panas dalam yang dialami!

 

Gaya Hidup Sehat Juga Penting Diterapkan, Ya

Yuk, Kenali Gejala Panas Dalam dan Cara Mudah Atasinya!

Credit Image - happyfresh.id

Nah, kalau gejala panas dalam yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan kuman dapat dihindari – dan juga diatasi dengan menerapkan pola hidup yang sehat, lho. Misalnya, kamu perlu mengonsumsi sejumlah makanan sehat dan bergizi, serta pastikan sudah makan tepat waktu.

Selain itu, batasi pula konsumsi junk food yang tinggi akan gula, sekaligus sering diolah dengan cara digoreng. Tentu saja, hal tersebut dapat membuat gejala panas dalam justru semakin memburuk, ya. Tak hanya itu, konsumsi junk food berlebihan juga akan memicu berbagai penyakit berbahaya.

Dan yang pasti, gaya hidup sehat tidak akan luput dari memenuhi kebutuhan harian. Kalau asupan vitamin telah tercukupi, maka kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Dan pastinya, gejala panas dalam segera teratasi – dan enggan balik lagi!

Kebutuhan vitamin untuk kekebalan tubuh berkaitan erat dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks. Sebab, kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah serba-serbi soal gejala panas dalam, mulai dari penyebab sampai cara mudah untuk mengatasinya. Memang, lebih baik mencegah daripada mengobati, untuk itu pastikan kamu menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari beragam jenis penyakit, termasuk panas dalam!

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!