6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Lemahkan Kekebalan, Perlu Dihindari!

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Lemahkan Kekebalan, Perlu Dihindari!

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, tak henti-hentinya kamu terus diingatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagaimana tidak? Kesehatan yang sudah terjaga dengan baik dapat membantu mempertahankan imunitas, lho. Diketahui, individu dengan kekebalan kuat memiliki risiko yang lebih kecil terpapar berbagai macam penyakit, termasuk virus corona.

Untuk menjaga kekebalan, maka kamu perlu menjauhi beberapa kebiasaan buruk, ya. Imunitas merupakan sistem kerja tubuh dalam melawan penyakit. Sistem tersebut akan melindungi tubuh dari serangan bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit.

Kalau kamu masih kerap melakukan kebiasaan buruk buat kesehatan, bukan tidak mungkin kamu lebih mudah terpapar penyakit, lho. Sayangnya, tanpa disadari, kebiasaan buruk tersebut justru masih dijadikan rutinitas.

Lalu, apa saja sih kebiasaan buruk yang dimaksud tersebut? Berikut ini 6 di antaranya. Yuk, simak sampai habis!

 

 

#1 – Stres, Sering Merasa Kesepian

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Lemahkan Kekebalan, Perlu Dihindari!

Credit Image - detik.com

Kesibukan sehari- hari tanpa kita sadari ternyata bisa membuat seseorang mengalami stres berkepanjangan. Memang, beratnya beban pekerjaan – atau masalah kehidupan merupakan hal yang tidak bisa dihindari, ya. Namun, kebiasaan buruk yang satu ini dapat melemahkan imunitas tubuh, lho.

Stres dapat menyebabkan sel pembunuh bakteri bekerja dengan lebih lamban dan aktivitas makrofag berkurang. Makrofag adalah sel yang dapat memperkuat respon imun. Selain itu, stres juga dapat meningkatkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh, memperlambat penyembuhan luka, sehingga mendorong peradangan yang dapat menyebabkan kanker.

Tak hanya stres, namun kebiasaan buruk lainnya, seperti sering merasa kesepian juga bisa berbahaya bagi kekebalan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perasaan kesepian yang terlalu sering dapat mengakibatkan penurunan dan melemahnya sistem imun. Orang yang kesepian pun cenderung memiliki sel-sel kekebalan yang melemah, tidak memiliki kemampuan untuk melawan virus secara efektif, sehingga mereka menjadi lebih rentan terinfeksi.

Untuk mengurangi kedua rasa tersebut, cobalah untuk berolahraga secara rutin, melakukan meditasi dengan berlatih pernapasan dalam, atau melakukan hobi yang disenangi, ya!

 

#2 – Kerap Tidur Larut Malam

Sayangnya, kebiasaan buruk yang satu ini justru dijadikan rutinitas sehari-hari, nih. Padahal, begadang dapat membuatmu sering merasa kelelahan – kemudian, akhirnya kekebalan tubuh pun bakal menjadi lemah.

Para ahli di Harvard University menunjukkan kurang tidur atau istirahat, secara umum dapat menghambat kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Saat kita tidur, sitokin, yakni molekul yang penting untuk fungsi kekebalan akan dilepaskan untuk membantu melawan infeksi. Nah, mengurangi waktu tidur dapat menurunkan jumlah sitokin dan sel kekebalan penting lainnya.

Intensitas serta kualitas tidur yang buruk akan membuat tubuh tidak memiliki kesempatan untuk melawan penyakit secara efektif. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan tidur malam selama tujuh atau delapan jam agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.

 

#3 – Jarang Berjemur

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Lemahkan Kekebalan, Perlu Dihindari!

Credit Image - ceriasihat.com

Sejak awal pandemi, tak sedikit orang yang semakin gencar untuk berjemur, lho. Tapi, apakah kamu sudah rutin melakukannya? Nah, kerap melewatkan waktu berjemur merupakan salah satu kebiasaan buruk yang juga bisa melemahkan daya tahan tubuh.

Perlu diketahui, tak ada salahnya untuk sesekali pergi keluar rumah, kemudian menghirup udara segar di pagi hari sembari berjemur. Pasalnya, rutinitas ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, kekurangan sinar matahari bisa menurunkan kekebalan tubuh.

Sinar matahari mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Vitamin D berperan untuk mengaktifkan kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D menyebabkan penekanan kekebalan. Aktivitas berjemur yang disarankan yaitu setidaknya 10-15 menit pada sekitar pukul 10.00 WIB.

Jadi, mulai sekarang, yuk hentikan kebiasaan buruk yang satu ini, dan segera rajin berjemur di pagi hari!

 

#4 – Kurang Minum Air Putih

Masih suka kurang minum air putih setiap harinya? Wah, kebiasaan buruk ini juga perlu segera kamu hindari, ya. Mungkin, ketika sibuk bekerja, kamu kerap melupakan memenuhi kebutuhan cairan. Tubuh manusia kebanyakan terbuat dari air, dan jika tidak cukup minum untuk mengisi kebutuhan tubuh, itu pasti akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. 

Disengaja maupun tidak, jarang minum air putih merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan risiko berbahaya buat tubuh, lho. Jika kamu jarang mengonsumsinya, sistem kekebalan tubuh tentu akan terhambat. Asupan minum air putih yang dianjurkan berkisar antara 8-10 gelas per hari. 

 

#5 – Duduk Dalam Waktu Lama

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Lemahkan Kekebalan, Perlu Dihindari!

Credit Image - halodoc.com

Kebiasaan buruk berikutnya, yakni duduk terlalu lama. Jangan salah, hal yang satu ini sering dikaitkan dengan penyakit dengan diabetes, penyakit jantung, kanker, dan kematian dini. Nah, terlalu lama di rumah tampaknya membuatmu semakin sering menghabiskan waktu hanya untuk berleha-leha, seperti duduk di depan komputer, menonton tv, atau sekedar bersantai-santai di sofa dalam waktu yang lama.

Hati-hati, kebiasaan buruk ini juga termasuk yang dapat mengganggu kesehatan, termasuk melemahkan imunitas. Kalau kamu mesti duduk dalam waktu lama, cobalah beristirahat setiap 30 menit sekali, misalnya untuk berdiri, meregangkan badan, dan berjalan-jalan supaya sistem kekebalan tubuhmu tetap terjaga.

 

#6 – Tak Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Menerapkan hidup sehat pastinya tidak luput dari memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Setuju, kan? Hal ini juga termasuk dalam langkah tepat menguatkan imunitas tubuh, lho. Sayangnya, masih banyak yang kerap melewatkan asupan nutrisi penting tersebut. Kebiasaan buruk ini mesti segera dihentikan, ya!

Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

 

Wah, itulah keenam kebiasaan buruk yang dapat melemahkan imunitas tubuh. Mulai sekarang, yuk hindari sejumlah hal di atas, ya!

 

Featured Image – reddoorz.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!