Ajak Anak Membuat Kerajinan Tangan, Ini 5 Karya yang Bisa Dicoba

Ajak Anak Membuat Kerajinan Tangan, Ini 5 Karya yang Bisa Dicoba

font size A Ǎ

Moms, selama pandemi yang mengharuskan lebih baik di rumah saja memang dapat membuat banyak orang merasa bosan, tak terkecuali Si Kecil. Apalagi, anak-anak pun terbilang lebih gampang jenuh, dibandingkan dengan orang dewasa.

Apakah anak tengah mengalami masa demikian, moms? Tak perlu khawatir, kamu bisa mengajaknya melakukan berbagai kegiatan, termasuk membuat kerajinan tangan, lho. Selain bahan-bahannya mudah diperoleh, tetapi aktivitas tersebut juga pastinya bisa mengisi waktu luang kamu dan Si Kecil, ya.

Lebih baiknya lagi, membuat kerajinan tangan juga akan melatih keterampilan dan motorik halus anak, lho. Untuk moms yang ingin segera melakukan kegiatan yang satu ini – berikut 5 jenis kerajinan tangan yang dapat dicoba.

Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

#1 – Ubur-Ubur Warna-Warni

Ajak Anak Membuat Kerajinan Tangan, Ini 5 Karya yang Bisa Dicoba

Credit Image - youtube.com/easycraft

Kerajinan tangan pertama yang bisa kamu buat bersama Si Kecil, yaitu ubur-ubur warna-warni. Kerajinan yang satu ini akan membawa anak ke dalam suasana berkunjung ke akuarium dengan ikan dan ubur-ubur yang berenang di dalam akuarium besar.

Tak perlu khawatir, bahan dan cara membuatnya juga cukup mudah, moms hanya perlu menyiapkan gelas kertas berukuran kecil, kertas warna-warni, mata googly sebagai mata ubur-ubur, lem perekat, tali berwarna putih, pita, gunting kertas.

Kalau bahan sudah disiapkan, maka kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut:

  • Mulailah dengan memotong kertas menjadi kotak. Kamu bisa membantu mengguntingkan kertas tersebut alih-alih memberikan gunting langsung padanya. Gunakan kertas berbeda warna agar ubur-ubur terlihat berwarna-warni.
  • Ambil gelas kertas kemudian minta si Kecil untuk membalik gelas tersebut. Lalu oleskan lem ke seluruh bagian bawah dan sampingnya.
  • Sekarang biarkan anak menempelkan kertas warna yang sudah dipotong tadi pada bagian atas yang telah diberi lem. Pastikan seluruh gelas tertutupi dengan kertas.
  • Berikan lubang di tengah gelas tadi, kemudian berikan tali dan ikat simpul bagian dalam untuk memegang gelas.
  • Bagian yang sudah diikat simpul tadi bisa direkatkan ke bagian dalam gelas dengan pita yang sudah disiapkan.
  • Lengkapi ubur-ubur berwarna-warni ini dengan menempelkan mata googly di kedua sisi cangkir kertas.
  • Gunakan tali untuk menggantungnya di mana saja – anak dapat memegang tali dan bermain dengannya.

 

#2 – Lukisan Kain Perca

Berikutnya, moms bisa mengajak Si Kecil membuat kerajinan tangan yang satu ini, lho. Meski sering tak dimanfaatkan, sebagian orang yang kreatif justru membuat kerajinan tangan dari kain perca. Cara membuatnya juga mudah, lho.

Pertama, kamu bisa memulai menyiapkan beberapa potong kain perca, lem, kertas atau kanvas, gunting, dan pensil. Kemudian, mulailah menggambar pola kesukaan anak pada kain parca. Lalu, gunting pola tersebut dan tempelkan pada kertas – atau bisa juga kanvas.

Sesuaikan pola dengan warna kain parca yang ada, ya. Ini akan membuat lukisan dari kain parca menjadi lebih indah dan berwarna. Moms juga bisa memberikan bingkai pada pola yang sudah temeplekan di kertas atau kanvas.

Dan, voila! Jadilah hiasan dinding yang cantik buatan kamu dan anak. Selain mudah, tentunya Si Kecil akan merasa bangga ketika melihat hasil karyanya dipajang di rumah.

 

#3 – Ikan Warna-Warni dari Kertas

Ajak Anak Membuat Kerajinan Tangan, Ini 5 Karya yang Bisa Dicoba

Credit Image - masandpas.com

Anak punya banyak kertas warna di rumah? Wah, kalau begitu, kamu bisa memanfaatkannya dengan mengajak anak membuat prakraya yang mudah dan menggemaskan, seperti membuat ikan warna-warni.

Bahannya pun mudah didapat, lho. Pertama, siapkan kertas warna, mata googly untuk hiasan mata pada ikan, spidol hitam, payet warna, gunting, lem, stapler. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya, ya.

  • Potong kertas warna menjadi dua bagian. Potongnya harus dalam bentuk memanjang, ya.
  • Dari satu potongan panjang itu, potong segitiga dari ujung kertas. Lalu, minta anak melipat kertas tersebut tanpa membuat lipatan di tengah sehingga kedua ujungnya saling bersentuhan.
  • Sekarang potong segitiga dari tepi yang terlipat dan minta anak untuk menggambar garis dengan spidol hitam pada segitiga ini agar terlihat seperti sirip. Pastikan ia juga menggambar garis di bagian belakang potongan segitiga.
  • Sekarang masukkan segitiga kecil di samping dan stapler mereka untuk menutup persegi panjang dan segitiga agar terlihat seperti sirip. Tekuk sedikit untuk memberikan tampilan dua dimensi.
  • Ambil lem dan rekatkan mata googly di setiap sisi mulut ikan.
  • Ambil segitiga besar dan tempel di belakang untuk membuat sirip kembali.
  • Tempatkan lem dengan cara dot di seluruh tubuh ikan. Tempelkan payet ke titik-titik ini untuk membuat ikan berwarna-warni.
  • Biarkan lem mengering dan ikan kertas sudah siap dimainkan.

 

#4 – Bunga Teratai dari Sedotan

Anak-anak pasti menyukai bunga kan, moms? Nah, kamu juga bisa mengajak Si kecil membuat kerajinan tangan yang satu ini, yakni membuat bunga dari sedotan. Bahannya juga mudah didapatkan – hanya berupa 12 sedotan berwarna bebas, kawat, gunting, putik, dan kelopak plastik.

Untuk membuatnya, pertama, ambil sebuah sedotan lalu gunting menjadi 4 potong. Kamu bisa meminta Si Kecil melakukan langkah ini pada sedotan lainnya sehingga terdaat 48 buah guntingan sedotan.

Kemudian, ambil sepotong sedotan – dan gunting secara menyamping. Buka potongan sedotan, lalu lipat keluar mengikuti garis sedotan. Dan, lipat balik bagian pangkah kelopak dan tusuklah ujung sedotan satu persatu pada kawat.

Namun, pastikan kamu menusuknya dengan rapat, ya. Kalau sudah, ikat ujung kawat dengan ujung satunya hingga menyerupai bunga. Setelah itu, tambahkan putik dan kelopak plastik. Bunga teratai sederhana pun sudah jadi!

 

#5 – Pesawat Terbang dari Botol

Ajak Anak Membuat Kerajinan Tangan, Ini 5 Karya yang Bisa Dicoba

Credit Image - pinterest.com

Yang terakhir, ada pula kerajinan tangan berupa pesawat terbang yang terbuat dari botol. Kamu cukup siapkan botol plastik ukuran sedang, kardus bekas, cutter, pensil, penggaris, gunting, dan cat untuk mewarnai pesawat lebih cantik.

Jika bahan sudah siap, langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Bersihkan botol terlebih dahulu, termasuk melepaskan plastik merk yang ada dibagian luar botol. 
  • Buat rancangan sayap pesawat dari kardus bekas, kemudian potong menggunakan cutter atau gunting.
  • Gunakan cutter untuk menyayat bagian samping botol di kedua sisinya. Ini untuk menempatkan bagian sayap pesawat nantinya.
  • Masukan sayap pesawat dari sebelah kanan hingga keluar dari sisi kiri, masukan secara perlahan ya, moms.
  • Sebagai pelengkap, buat juga pola untuk ekor dan baling-baling pesawat, kemudian lakukan seperti tahap pemasakan sayap.
  • Agar lebih cantik, ajak Si Kecil untuk mengecat bagian pesawat dengan cat poster. Pesawat sederhana – dan menggemaskan ini pun siap dimainkan!

Nah, biar kegiatan membuat kerajinan tangan semakin menyenangkan, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil, sehingga kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Selain itu, hal ini juga dapat membantu memberikan energi, lho.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, kamu juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Moms direkomendasikan memberi anak Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D Sejumlah vitamin ini penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Bagaimana? Itulah kelima kerajinan tangan yang dapat kamu coba di rumah bersama Si Kecil, moms. Dari sejumlah prakarya tersebut, kamu tertarik membuat yang mana dahulu, nih?

 

 

Featured Image – parade.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!