Optimis Perlu Dimiliki! Ini 6 Manfaat Baiknya Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Optimis Perlu Dimiliki! Ini 6 Manfaat Baiknya Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, terkadang kehidupan tidak berjalan sesuai keinginan. Ada kalanya kamu merasa terpuruk, bahkan sampai tidak bersemangat. Memang, menjadi seseorang yang memiliki sikap optimis sepanjang waktu bukanlah hal yang mudah, ya. Meski demikian, nyatanya menjadi orang yang optimis sangat menguntungkan, lho.

Optimis adalah rasa yakin terhadap sesuatu dalam hidup dan memiliki harapan yang tinggi atas apa yang dijalani. Penelitian yang dilakukan oleh Canadian Medical Association Journal mengatakan – bahwa orang optimis cenderung tidak mengalami gangguan kesehatan seiring bertambahnya usia.

Nah, nyatanya, optimis adalah sesuatu hal yang juga dapat memberikan dampak baik terhadap kesehatan fisik, tak hanya berkaitan dengan mental saja. Lantas, apa manfaat dari sikap yang satu ini?

Berikut 6 di antaranya. Pastikan kamu menyimak informasi lengkapnya sampai habis, Enervoners!

 

 

#1 – Menjaga Kesehatan Fisik

Optimis Perlu Dimiliki! Ini 6 Manfaat Baiknya Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Credit Image - gatra.com

Tahukah kamu bahwa menjadi seseorang yang optimis dapat meningkatkan, sekaligus menjaga kesehatan secara fisik? Ya, hal tersebut pun sudah dibuktikan dalam beberapa studi, lho. Dari penelitian, disebutkan bahwa optimisme dapat menurunkan menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler sebanyak 50 persen.

Ditambah lagi, bersikap optimis juga bisa meningkatkan angka kelangsungan hidup pasien kanker. Sebaliknya, orang-orang yang pesimis lebih berisiko terserang penyakit menular. Bukan hanya itu saja, optimis pun bisa memperpanjang usia seseorang.

Dalam sebuah studi dengan 34 partisipan disebutkan bahwa sikap optimis terbukti dapat membuat seseorang hidup lebih lama. Selain itu, ada pula pasien kanker yang tetap berpikir positif dalam melawan penyakitnya – dapat hidup lebih lama, dibandingkan dengan pasien yang pesimis melawan penyakit kanker.

Bisa dipastikan optimis adalah hal penting, pastikan kamu sudah bersikap optimis dalam menghadapi apapun, ya!

 

#2 – Mengurangi Stres

Berikutnya, manfaat optimis pun bisa dirasakan dalam berkurangnya tingkat stres yang kerap dialami. Tak bisa dipungkiri, stres sering menghampiri, baik karena tingginya tekanan dari pekerjaan, maupun masalah kehidupan.

Apakah kamu tengah dilanda stres? Jika iya, cobalah menjadi sosok yang lebih optimis, ya. Pasalnya, orang yang optimis akan lebih percaya diri dan bisa melihat potensi di dalam dirinya. Faktor-faktor inilah yang membuat orang-orang yang optimis menjadi lebih yakin untuk mengambil risiko dan menciptakan suasana positif di dalam kehidupannya. Kalau sudah begini, stres pun bakal lebih mudah diatasi.

 

#3 – Meningkatkan Kewaspadaan Akan Penyakit

Optimis Perlu Dimiliki! Ini 6 Manfaat Baiknya Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Credit Image - health.detik.com

Memang, optimis adalah hal yang penting dimiliki setiap individu. Hal ini juga akan memengaruhi kewaspadaan terhadap penyakit, lho. Di dalam sebuah riset, para psikolog menemukan bahwa orang yang optimis memiliki tingkat kewaspadaan tinggi akan penyakit. Misalnya, partisipan yang bersifat optimis di dalam studi itu ternyata lebih tahu bagaimana dan mengapa serangan jantung dapat terjadi.

Selain itu, partisipan penelitian tersebut juga lebih sadar mengenai konsumsi alkohol, merokok, hingga stres dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Dengan menjadi orang yang optimis, kamu diharapkan akan lebih bisa menjaga kesehatan sehingga tercegah dari berbagai penyakit.

 

#4 – Kebiasaan yang Lebih Sehat

Bukan hanya berperan untuk meningkatkan rasa waspada akan penyakit, namun punya sikap optimis adalah sesuatu yang bisa membuatmu cenderung melakukan kebiasaan yang lebih sehat, lho. Tidak percaya?

Hal tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang menyebutkan bahwa para peserta yang optimis cenderung cenderung memiliki kebiasaan yang menyehatkan. Di dalam studi itu, para peneliti melihat bahwa orang yang optimis tidak merokok dan terhindar dari penyalahgunaan alkohol.

Tak berhenti sampai situ, peserta yang punya sikap optimis pun cenderung memiliki kualitas tidur yang baik, sampai memiliki pola makan yang lebih sehat, seperti sering mengonsumsi sayur dan buah. Memang, optimis adalah sikap yang punya beragam manfaat baik, kan?

 

#5 – Menyelesaikan Masalah Dengan Baik

Optimis Perlu Dimiliki! Ini 6 Manfaat Baiknya Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Credit Image - koinworks.com

Tak peduli seberapa optimis dirimu, masalah dan rintangan di dalam hidup pasti akan ada. Namun perlu diingat, seseorang yang optimis ternyata lebih baik dalam mengatasi masalah di dalam hidupnya, lho. Optimisme dapat membuat seseorang menemukan solusi efektif untuk mengatasi masalah.

Orang yang optimis cenderung menggunakan metode engagement coping – atau menghadapi masalah di awal dan mencari cara untuk mengurangi tingkat keparahannya. Misalnya, pasien kanker di dalam penelitian itu akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca jurnal dan pilihan pengobatan. Selain itu, pasien akan menghubungi dokter dan pakar kesehatan untuk mendapatkan jawaban dari penyakit yang diidap.

 

#6 – Kehidupan Sosial Pun Semakin Baik

Tak bisa dipungkiri, sikap optimis adalah sesuatu disukai oleh orang-orang yang ada di sekitar kamu. Setuju, kan? Nah, hal ini juga berperan penting terhadap perkembangan dalam kehidupan sosial. Sikap optimis bisa membantumu punya circle sosial yang lebih baik lagi.

Studi telah mengonfirmasi bahwa optimis adalah sikap yang akan mendatangkan lebih banyak teman dan mengurangi interaksi sosial yang negatif. Selain itu, orang yang optimis dianggap lebih pandai dalam menjaga hubungannya dengan orang lain.

Wah, memang optimis punya beragam manfaat baik terhadap kesehatan, ya. Kalau begitu, bisa dipastikan bahwa optimis adalah hal yang perlu dimiliki. Hal ini pun bakal membantumu menjadi seseorang yang lebih produktif, lho.

Untuk memaksimalkan kesehatan tubuh, selain dengan bersikap optimis, kamu juga disarankan untuk meminum Enervon Active!

Enervon Active memiliki berbagai kandungan yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh –  seperti menjaga daya tahan tubuh, menjaga stamina dan tidak mudah lelah, serta kaya akan vitamin dan memiliki kandungan lengkap – mulai dari non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks – terdiri dari Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12, serta ada pula kandungan Niacinamide, Kalsium Pantotenat, serta Zinc.

Kandungan vitamin B kompleks Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Optimis adalah sesuatu sikap yang penting dimiliki setiap individu – dan punya pengaruh besar terhadap kesehatan, baik mental maupun fisik. Jadi, sudahkah kamu punya sikap yang satu ini?

 

 

Featured Image – planetfitness.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!