Kurangi Kebiasaan Ngemil Tak Sehat, 6 Cara Ini Bisa Bantu!

Kurangi Kebiasaan Ngemil Tak Sehat, 6 Cara Ini Bisa Bantu!

font size A Ǎ

Siapa di sini yang gemar mengonsumsi makanan ringan – alias ngemil? Ya, tak bisa dihindari, keinginan untuk ngemil dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang kuat, bahkan sulit dikendalikan, apalagi ketika kamu dihadapkan dengan makanan kesukaan. Padahal, sering kali orang yang ingin ngemil sedang merasa tidak lapar, lho.

Ketika kenyang sekali pun, selama keinginan tersebut belum terpenuhi, pastinya kamu merasa tak puas, kan? Sebenarnya, mengonsumsi camilan itu sah-sah saja, kok. Asalkan, kamu memilih jenis camilan yang sehat. Sayangnya, justru masih banyak yang lebih memilih snack tinggi gula maupun lemak.

Jika dikonsumsi sesekali saja, mungkin tidak menimbulkan masalah. Namun, gimana kalau jenis camilan tak sehat tersebut sering kali dimakan? Wah, bisa-bisa ada risiko berbahaya yang mengintai kesehatan tubuhmu, nih.

Nah, buat kamu yang gemar ngemil, ada 6 trik khusus yang dapat membantu mengurangi keinginan tersebut. Yuk, segera simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Minum Air

Kurangi Kebiasaan Ngemil Tak Sehat, 6 Cara Ini Bisa Bantu!

Credit Image - halodoc.com

Minum air putih bisa membantu mengurangi keinginan untuk makan. Cara ini juga dapat membantu kamu yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa orang yang banyak minum air putih dapat memiliki berat badan lebih sedikit, memiliki lebih sedikit lemak tubuh, dan mengalami pengurangan nafsu makan yang lebih signifikan.

Bila keinginan untuk ngemil datang, cobalah untuk minum segelas air putih, kemudian tunggu selama beberapa menit. Bila kamu tak lagi ingin ngemil, mungkin itu hanya tanda haus, sebab tubuh memang dapat salah mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar.

 

#2 – Mengontrol Stres

Stres dapat meningkatkan rasa lapar, bahkan mendorong seseorang untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis atau padat kalori. Ini karena stres bisa memicu stress eating, lho.

Kalau kasusnya seperti ini, kamu harus mampu mengelola stres dengan baik. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan istirahat secara teratur dari pekerjaan atau tugas, atau ambil napas dalam-dalam untuk membantu memfokuskan dan menenangkan pikiran.

Selain itu, beberapa praktik tertentu juga terbukti dapat menghilangkan stres, seperti taici, yoga, latihan pernapasan, dan meditasi.

 

#3 – Berlatih Menahan Keinginan Ngemil

Kurangi Kebiasaan Ngemil Tak Sehat, 6 Cara Ini Bisa Bantu!

Credit Image - suara.com

Untuk mengurangi kebiasaan ngemil, kamu bisa mulai dengan menikmati porsi kecil dari camilanmu. Kemudian, dilansir Mayo Clinic, sebaiknya kamu tidak membeli makanan yang biasa kamu jadikan camilan agar tidak tergoda untuk memakannya.

Mengalihkan perhatian juga bisa membantu, sebab hasrat ngemil biasanya hilang setelah 20 menit. Kamu bisa jalan-jalan, berbicara dengan teman atau keluarga, atau melakukan aktivitas yang tidak melibatkan makanan lainnya. Tapi, gimana kalau masih ingin ngemil? Sebaiknya mulai ganti camilan dengan pilihan yang lebih sehat, seperti yoghurt, buah-buahan, atau kacang-kacangan.

 

#4 – Mengonsumsi Ekstrak Bayam

Mengonsumsi ekstrak bayam juga menjadi cara ampuh untuk mengontrol keinginan ngemil, lho. Kok bisa?

Dilansir Healthline, ekstrak bayam yang terbuat dari daun bayam dapat membantu menunda pencernaan lemak, sehingga dapat meningkatkan kadar hormon yang mengurangi nafsu makan dan rasa lapar, seperti GLP-1.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi 3,7–5 gram ekstrak bayam dengan makanan dapat mengurangi nafsu makan dan mengidam selama beberapa jam. Selain itu, studi terhadap perempuan yang kelebihan berat badan dalam jurnal Appetite tahun 2014 menunjukkan kalau konsumsi ekstrak bayam 5 gram per hari mengurangi keinginan ngemil cokelat dan makanan tinggi gula hingga 87-95 persen.

 

#5 – Tidur yang Cukup

Kurangi Kebiasaan Ngemil Tak Sehat, 6 Cara Ini Bisa Bantu!

Credit Image - femina.co.id

Kurang tidur berhubungan dengan peningkatan nafsu makan dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Oleh karenanya, tidur cukup bisa menjadi cara untuk mengendalikan hasrat ngemil secara tidak langsung.

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat mengurangi kadar kortisol – atau hormon stres, sehingga dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan. Selain itu, kurang tidur kronis juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, dan depresi, lho.

Jadi, usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malamnya. Bukan cuma untuk menekan hasrat ngemil, tetapi juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

 

#6 – Lakukan Olahraga

Studi dalam jurnal PLOS One tahun 2015 menginvestigasi efek sesi olahraga singkat terhadap keinginan makan cokelat pada orang-orang dengan kelebihan berat badan. Tim peneliti menemukan bahwa jalan kaki singkat selama 15 menit lebih efektif untuk mengurangi keinginan untuk ngemil dibanding cuma duduk pasif.

Dengan demikian, kalau tiba-tiba muncul keinginan untuk ngemil, kamu dapat segera melakukan olahraga ringan – dan singkat, seperti berjalan-jalan di sekitar tempat kerja, rumah, maupun naik turun tangga.

 

Bagaimana, nih? Sekarang kamu sudah tahu ya berbagai cara untuk menekan – bahkan menghilangkan keinginan ngemil makanan dan minuman tinggi gula, karbohidrat, serta lemak. Cara tersebut tak hanya dapat menjaga berat badan, namun bisa mempertahankan kesehatan tubuh secara keseluruhan, lho.

Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image – goodlife.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!