Rajin Medical Check Up Punya Banyak Manfaat, Apa Saja Ya?

Rajin Medical Check Up Punya Banyak Manfaat, Apa Saja Ya?

font size A Ǎ

Tak dapat dipungkiri, memeriksa kesehatan secara rutin, alias melakukan medical check up merupakan hal yang penting dilakukan. Hal tersebut bertujuan guna mengetahui riwayat kesehatan individu, sehingga risiko berbahaya pun dapat dihindari.

Medical check up wajarnya dilakukan beberapa kali dalam satu tahun agar membantumu mendeteksi segala penyakit, atau mungkin risiko penyakit. Dalam kasus penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, jantung, dan stroke – diagnosis tersebut dapat meningkatkan kemungkinan pasien untuk sembuh dan hidup sehat.

Selain membuatmu mengetahui kondisi kesehatan, masih ada 5 manfaat lainnya dari medical check up yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

#1 – Menghemat Biaya Kesehatan

Rajin Medical Check Up Punya Banyak Manfaat, Apa Saja Ya?

Credit Image - nfcc.org

Biaya dokter yang perlu dikeluarkan ketika sedang sakit, tentunya besar, bahkan terkadang membuatmu pusing memikirkannya. Setuju, ya? Kalau kamu ingin mengurangi kemungkinan biaya tersebut, maka mulailah menjadwalkan pemeriksaan kesehatan rutin – atau medical check up.

Karena pemeriksaan kesehatan rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit yang berbahaya, sehingga, kamu bisa menghemat uang dalam jangka panjang. Bahkan terkadang dalam kasus-kasus tertentu, medical check up juga dapat membantu mengurangi risiko menjalani operasi dan pengeluaran medis serius lainnya, lho.

 

#2 – Mendeteksi Masalah Sedini Mungkin

Pemeriksaan kesehatan secara rutin sangat membantu para dokter mendiagnosis penyakit sebelum berkembang menjadi lebih parah. Skrining ini dilakukan berdasarkan usia, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan gaya hidup individu.

Dalam hal ini, dokter dapat menyarankan berbagai tes dan skrining preventif untuk membantu mendeteksi risiko apa pun terhadap pasien. Skrining ini juga dapat mengidentifikasi penyakit sejak masih tahap awal, jadi dapat mempermudah penyembuhannya.

 

#3 – Mencegah Stres, Serta Penyakit yang Menyertainya

Rajin Medical Check Up Punya Banyak Manfaat, Apa Saja Ya?

Credit Image - klikdokter.com

Memang, saat ini, kita sedang hidup di zaman dinamis yang semuanya berubah secara cepat, belum lagi aktivitas sehari-hari yang padat. Hal tersebut tentu bisa memicu berbagai penyakit dalam tubuh, sebagai akibat dari stres yang kerap dialami.

Dilansir dari Regency Medical Center, peningkatan stres dan kecemasan memiliki hubungan erat dengan sejumlah penyakit baik fisik maupun psikologis. Beberapa di antaranya adalah hipertensi, obesitas, gangguan mental, Alzheimer, depresi, asma, dan bahkan masalah pencernaan.

Nah, dengan melakukan medical check up secara teratur berguna untuk mendiagnosis dan mendeteksi masalah kesehatan sebelum menjadi terlalu parah.

 

#4 – Mencegah Penyakit Dalam Darah

Dalam pemeriksaan kesehatan rutin – atau medical check up, petugas kesehatan mungkin juga akan memintamu melakukan tes darah. Namun, apa kegunaan dari melakukan tes tersebut? Dalam hal ini, kamu juga dapat mengetahui berbagai risiko penyakit lainnya.

Tes darah sangat berguna untuk menghindari risiko penyakit yang dapat muncul dalam darah, seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, anemia, diabetes, kanker, HIV, serta penyakit arteri koroner. Selain itu, tes ini dapat membantu dokter untuk melakukan evaluasi terhadap fungsi berbagai organ tubuh, termasuk hati, ginjal, jantung, dan tiroid.

 

#5 – Menerapkan Gaya Hidup yang Tepat

Rajin Medical Check Up Punya Banyak Manfaat, Apa Saja Ya?

Credit Image - helpguide.org

Hasil dari medical check up yang kamu lakukan dapat digunakan sebagai informasi yang diperlukan petugas kesehatan untuk mengetahui kondisi kamu. Dari hasil skrining tersebut dokter kemudian akan memberi saran tentang bagaimana agar kamu dapat menjaga kesehatan dengan lebih baik.

Ketika berbagai risiko penyakit ini diidentifikasi pada tahap awal, maka masalah tersebut dapat ditangani dengan perubahan kecil dalam gaya hidup sebelum menjadi semakin parah dan membutuhkan banyak biaya untuk menyembuhkannya.

Memang, selain rutin melakukan medical check up, kamu juga disarankan agar menjalani gaya hidup sehat guna mempertahankan fungsi tubuh optimal – yang dapat dijadikan sebagai investasi di masa tua. Hal ini juga termasuk rutin memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, gimana, nih? Itulah kelima manfaat baik yang bisa kamu peroleh dari rutin melakukan medical check up. Jadi, sudahkah kamu rutin memeriksa kesehatan tubuhmu?

 

 

Featured Image – auliahospital.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!