Tingkatkan Metabolisme Tubuh, Mulai Dengan 5 Perubahan Sederhana Ini

Tingkatkan Metabolisme Tubuh, Mulai Dengan 5 Perubahan Sederhana Ini

font size A Ǎ

Memiliki metabolisme yang baik memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain dapat mempertahankan energi tubuh, metabolisme cepat pun bisa membantumu dalam program penurunan berat badan, lho.

Pada dasarnya, metabolisme merupakan proses tubuh yang mengubah makanan, kemudian diubah menjadi energi. Metabolisme sehat dan cepat pun termasuk langkah dasar untuk mempertahankan kebugaran tubuh, serta membantu diet.

Lalu, bagaimana caranya mempunyai metabolisme yang baik – dan juga cepat? Untuk itu, kamu disarankan melakukan 5 perubahan kecil dan sederhana yang bisa membantu mencapai hal tersebut. Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

#1 – Menambahkan Protein dan Serat ke Dalam Menu Makanan

Tingkatkan Metabolisme Tubuh, Mulai Dengan 5 Perubahan Sederhana Ini

Credit Image - id.oriflame.com

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mempercepat proses metabolisme, yaitu menambahkan sumber protein dan serat. Dilansir dari Times of India, jenis makanan tersebut memang baik untuk kesehatan tubuhmu.

Protein dapat membantu dalam membangun otot – sementara itu, serat akan membuatmu kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Nah, meningkatkan jumlah asupan keduanya dalam diet harian akan membantu memperlancar metabolisme, serta membantu menurunkan berat badan, lho.

 

#2 – Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Selanjutnya, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi juga tidak kalah pentingnya, ya. Hal ini pun penting untuk mempertahankan kesehatan, membantu fungsi tubuh menjadi lebih baik, serta membantu penyerapan nutrisi.

Jadi, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya. Selain dari mengonsumsi air putih, asupan cairan bisa diperoleh dari air kelapa, limun, jus sayuran, maupun jus buah yang baik untuk detoksifikasi tubuh.

 

#3 – Rutin Berolahraga, Istirahat yang Cukup

Tingkatkan Metabolisme Tubuh, Mulai Dengan 5 Perubahan Sederhana Ini

Credit Image - ners.unair.ac.id

Kamu pasti setuju kalau duduk dalam waktu yang lama memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, benar, kan? Bahkan, hal tersebut juga disebut bisa memperpendek umur seseorang, lho. Jadi, pastikan pula kamu sudah rutin melakukan aktivitas fisik dalam bentuk apa saja.

Aktivitas fisik tidak hanya baik bagi kesehatan secara fisik saja, namun bermanfaat bagi kesehatan mental. Lakukan olahraga setidaknya lima kali dalam seminggu dengan durasi 40 sampai 45 menit setiap harinya.

Selain berolahraga, kamu juga perlu memperoleh waktu istirahat yang cukup. Tidur selama 6 sampai 8 jam penting untuk meremajakan tubuh, karena di waktu tersebut, tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri.

Selain itu, tidur malam yang cukup juga bisa memberimu energi untuk keesokan harinya, ya. Mulai sekarang, yuk tidur lebih awal di malam hari – dan bangun lebih pagi pula. Hal ini bermanfaat dalam menjaga ritme sirkadian tubuh yang baik, lho.

 

#4 – Mengonsumsi Makanan Pedas

Cabai serta paprika memiliki capsaicin, zat yang dapat meningkatkan metabolisme Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa capsaicin dalam dosis kecil dapat membantu kamu membakar 10 kalori dan meningkatkan metabolisme lebih banyak setiap kali makan.

Berdasarkan sebuah studi dari British Journal of Nutrition, menyebutkan bahwa berbagai jenis rempah-rempah, seperti jahe, lada hitam, mustard, dan lobak juga telah terbukti meningkatkan tingkat istirahat metabolisme.

 

#5 – Rutin Konsumsi Vitamin B Kompleks

Tingkatkan Metabolisme Tubuh, Mulai Dengan 5 Perubahan Sederhana Ini

Credit Image - lifepod.id

Perlu diketahui bahwa vitamin B kompleks merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Sejumlah jenis vitamin B kompleks – berfungsi untuk memproses karbohidrat, kemudian memecahnya menjadi glukosa dan diubah menjadi energi untuk tubuh.

Lalu, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan vitamin tersebut? Vitamin B dapat diperoleh dari sumber makanan, seperti daging sapi, susu dan produk olahannya, telur, bayam, tempe, sayuran berdaun hijau, kerang, dan hati.

Selain dari makanan, vitamin B kompleks juga bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C – yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk optimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi bagi tubuh.

Dan, pastinya kandungan Vitamin C dalam Enervon-C dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit ya.

Konsumsi Enervon-C baik dalam bentuk tablet – yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

Bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah – dan tentunya, dapat bantu mengoptimalkan sistem imun.

 

Wah, gimana? Sekarang sudah tahu ya berbagai cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa bermanfaat baik buat kesehatan. Tak perlu langkah yang repot, metabolisme yang baik dapat terbentuk dari rutinitas yang sehat, lho.

Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image – health.detik.com

Source – cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!