Yuk, Segera Latih Mindfulness Untuk Dapatkan 5 Manfaat Baik Ini!

Yuk, Segera Latih Mindfulness Untuk Dapatkan 5 Manfaat Baik Ini!

font size A Ǎ

Di zaman sekarang, tak sedikit hal yang dapat mengganggu kondisi kesehatan mental. Kalau sudah begini, maka fokus dalam melakukan aktivitas pun bakal menurun, bahkan akhirnya menyebabkan stres hingga depresi. Untuk itu, menerapkan mindfulness merupakan cara yang baik guna menjaga kesehatan mental.

Mindfulness dapat membantu kamu menjadi lebih fokus, sadar lebih penuh – dan juga utuh di setiap aktivitas yang dilakukan. Mindfulness sendiri merupakan kondisi ketika seseorang dapat mengenal, memahami, dan mendengarkan dirinya sendiri. Untuk mencapai mindfulness, yaitu dengan benar-benar fokus terhadap hal yang sedang terjadi, tanpa memikirkan yang lainnya.

Intinya, mindfulness – merupakan hidup dengan makna. Dari hal kecil yang dijalani dalam hidup, ada banyak rasa syukur yang bisa kamu resapi, lho. Nah, inilah yang menjadi senjata dalam menghadapi ketidakpastian.

Tetapi, apa saja sih manfaat yang bisa diperoleh dari menerapkan metode yang satu ini? Berikut 5 di antaranya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Mengurangi Ruminasi

Yuk, Segera Latih Mindfulness Untuk Dapatkan 5 Manfaat Baik Ini!

Credit Image - glints.com

Pertama, mindfulness dapat membantumu mengurangi ruminasi. Namun, apakah hal tersebut? Ruminasi merupakan kecenderungan memikirkan berulangkali mengenai penyebab, akibat, dan juga kondisi dari pengalaman negatif yang pernah kamu lalui.

Kalau kamu kerap melakukan ruminasi, maka tak ada salahnya untuk menerapkan mindfulness guna mengurangi kebiasaan tersebut. Dilansir dari LiniSehat, beberapa orang yang sudah melakukan meditasi mindfulness selama 10 hari berturut-turut terbukti mengalami penurunan gejala depresi – dan juga kebiasaan ruminasi.

 

#2 – Bantu Meredakan Stres

Manfaat dari mindfulness berikutnya, yakni dapat membantumu meredakan stres. Seperti diketahui, mindfulness dapat kamu terapkan melalui kegiatan meditasi – yang memang dikenal dapat menenangkan pikiran, sekaligus mengurangi rasa stres.

Mindfulness yang dilakukan dengan terapi meditasi dapat meningkatkan efek positif, serta mengurangi rasa kecemasan. Hal ini akan memperbaiki caramu mengatur emosi, karena otak akan memproses emosi secara lebih selektif. Jadi, emosi yang tidak perlu – dan yang bisa mendatangkan efek negatif otomatis akan disisihkan.

 

#3 – Meningkatkan Memori dan Fokus

Yuk, Segera Latih Mindfulness Untuk Dapatkan 5 Manfaat Baik Ini!

Credit Image - cnnindonesia.com

Memori kerja – atau yang disebut juga sebagai memori jangka pendek mungkin akan hilang beberapa menit setelah kamu mendapatkan suatu informasi. Namun, dengan rutin berlatih mindfulness, maka kapasitas memori kerja seseorang akan meningkat, serta bisa memberikan efek positif setelahnya.

Selain itu, praktik mindfulness juga dapat meningkatkan fokus. Penelitian lain menunjukkan meditasi mindfulness dapat meningkatkan kemampuan fokus – dan menurunkan risiko distraksi akibat informasi yang berlebihan. Nantinya, produktivitas pun bakal meningkat dan hasil kerja yang diperoleh juga semakin maksimal, lho.

 

#4 – Mengurangi Reaksi Emosional Berlebihan

Apakah kamu kerap meluapkan emosi secara berlebihan? Atau, bersikap terlalu emosi ketika ada suatu berita tertentu? Wah, kalau begitu, mungkin kamu membutuhkan untuk rutin berlatih mindfulness agar mampu mengontrol emosi dengan lebih baik.

Orang-orang yang telah melakukan meditasi mindfulness rutin mampu melepaskan diri dari berbagai pengalaman emosional negatif – dan memungkinkan untuk mengerjakan tugas, maupun pekerjaan produktif lainnya. Hal ini pun dibuktikan ketika sejumlah orang tersebut diminta bereaksi terhadap gambar-gambar negatif yang ditunjukkan.

 

#5 – Lebih Adaptif

Yuk, Segera Latih Mindfulness Untuk Dapatkan 5 Manfaat Baik Ini!

Credit Image - hr.proxsisgroup.com

Mampu menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan memang merupakan kemampuan yang penting dimiliki. Apakah kamu sudah mampu menjadi seseorang dengan sifat adaptif? Jika belum, tenang, kamu dapat melatihnya dengan praktik mindfulness.

Ada berbagai cara untuk melatih kemampuan adaptif, salah satunya melalui metode positif yang satu ini. Dengan rutin meditasi mindfulness, maka kamu dapat mengembangkan keterampilan observasi, sehingga timbul cara baru ketika menyelesaikan suatu masalah.

Untuk mencapai mindfulness, hal terpenting yang perlu kamu ingat adalah semua peristiwa dalam hidup sebenarnya sudah diatur sedemikian rupa.  Jadi, kamu tidak perlu berlarut dalam memikirkan – atau mengkhawatirkan apa yang akan terjadi selanjutnya, termasuk dalam kondisi pandemi.

Agar bisa memiliki pola pikir tersebut dan mencapai mindfulness, kamu mesti lebih memahami emosi diri – sekaligus mencari cara terbaik dalam menyikapinya. Misalnya, dengan melakukan meditasi, berusaha tidak judgemental, memaafkan, mencintai, dan mengurus diri sendiri.

Selain dengan menerapkan praktik mindfulness, kamu juga diharapkan menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan rutin memperoleh asupan vitamin harian.

Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, itulah kelima manfaat dari menerapkan mindfulness. Apakah kamu tertarik mencoba praktik yang satu ini?

 

 

Featured Image – inc.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!