Setelah mengembalikan energi, sehingga kamu dapat bangun dengan bugar keesokan paginya. Untuk itu, memperoleh waktu tidur berkualitas merupakan hal yang tidak boleh disepelekan.

Meski demikian, sayangnya masih banyak sekali mitos seputar tidur yang kerap beredar di masyarakat, bahkan tak sedikit orang yang mempercayai informasi palsu tersebut. Tak bisa dibiarkan, pasalnya beberapa informasi tersebut pun mampu mengganggu kualitas tidur – yang bisa mengakibatkan beragam dampak buruk terhadap kesehatan.

Lantas, apa saja mitos terkait waktu tidur yang dimaksud? Berikut ini 5 di antaranya.

 

 

1. Mendengkur Merupakan Hal yang Wajar

Credit Image - suara.com

Mendengkur saat tertidur lelap dipandang sebagai hal yang wajar di tengah masyarakat. Banyak orang menganggap bahwa hal ini adalah reaksi normal terutama saat tubuh mengalami kelelahan. Namun, hal ini nyatanya salah!

Faktanya, dengkuran merupakan dampak dari menyempitnya saluran pernapasan. Jika terjadi sangat sering dan keras, ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan, salah satunya adalah sleep apnea. Dilansir Healthline, penderita sleep apnea biasanya terbangun di tengah malam sehingga mereka rentan mengalami kelelahan dan sulit berkonsentrasi saat beraktivitas. Lebih lanjut, gangguan ini bisa mengarah pada kondisi yang lebih serius, seperti serangan jantung.

 

2. Tidur Siang yang Lama Baik Untuk Kesehatan

Tidur siang sangat dianjurkan untuk meningkatkan fokus dan produktivitas. Di samping itu, tidur siang juga dapat memperbaiki mood dan membuat badan lebih rileks. Namun, untuk mendapat manfaat kesehatan yang optimal, kamu perlu memerhatikan durasi tidur siang.

Dikutip dari Mayo Clinic, tidur siang selama 10 sampai 20 menit sudah cukup untuk mengisi ulang energi tubuh. Semakin lama durasinya, semakin tinggi pula risiko untuk bangun dalam keadaan pusing dan pening.

Selain itu, upayakan juga tidur siang lebih awal, lebih tepatnya sebelum pukul 3 sore. Tidur menjelang petang tidak disarankan karena dapat mengganggu kualitas tidur di malam hari, terutama jika kamu mempunyai insomnia.

 

3. Olahraga Malam Hari Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Saat merasa lelah, kamu akan cenderung mengantuk sehingga lebih mudah untuk tidur. Oleh karenanya, muncul anggapan bahwa berolahraga di malam hari dapat membuat seseorang lebih cepat terlelap. Namun, ini masih menjadi perdebatan di antara para saintis.

Beberapa ahli berpendapat bahwa olahraga dapat membuat badan segar, sehingga justru membuat kamu lebih terjaga. Hal ini diduga disebabkan oleh otot tubuh menjadi lebih aktif dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Jika tidak sempat berolahraga di pagi atau siang hari, kamu dapat berolahraga saat malam hari dengan beberapa catatan. Menurut keterangan Harvard Health Publishing, hindari olahraga intensitas berat, seperti mengangkat beban – atau melakukan high intensity interval training (HIIT) setidaknya satu jam sebelum tidur.

 

4. Tidur Siang Bisa Menggantikan Tidur di Malam Hari

Padatnya aktivitas membuat kamu tetap harus menyelesaikan pekerjaan, atau bahkan di malam hari. Untuk mengatasi kekurangan tidur di malam hari, beberapa orang memilih untuk menggeser jam tidurnya menjadi pagi dan siang hari.

Namun, tidur di malam hari ternyata tidak bisa tergantikan dengan tidur siang. Menurut keterangan dari Sleep Foundation, tubuh memiliki jam internal sendiri – yang juga dikenal sebagai istilah ritme sirkadian Bagian otak yang mengaturnya diketahui sangat sensitif terhadap cahaya.

Karenanya, cahaya berperan dalam mengatur jam internal tubuh. Tidur di malam hari, dengan demikian, sangat penting karena dapat menyesuaikan ritme sirkadian sehingga kualitasnya jauh lebih terjaga. Selain itu, tidur di malam hari dapat memperbaiki metabolisme, melindungi fungsi jantung dan pembuluh darah, serta menjaga kesehatan mental.

 

5. Tidur yang Lama Merupakan Hal Baik

Credit Image - pikiran-rakyat.com

Kekurangan tidur telah diketahui berisiko menyebabkan permasalahan kesehatan. Namun, bagaimana dengan kelebihan tidur? Ini dijawab melalui studi yang terbit di jurnal Sleep pada 2010.

Studi melaporkan bahwa durasi tidur yang lebih panjang berisiko sama berbahayanya dengan kekurangan tidur. Bahkan, di dalam studi ditemukan bahwa orang yang tidur lebih lama memiliki tingkat kematian lebih tinggi.

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7 hingga 8 jam di malam hari. Di samping durasi, kualitas tidur menjadi hal penting yang tak boleh luput dari perhatian. Kualitas tidur yang baik ditandai dengan tidur pulas tanpa terbangun di tengah malam. Selain itu, jika memiliki tidur berkualitas, kamu akan merasa lebih segar di keesokan harinya.

Mendapatkan waktu tidur yang cukup memang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tetapi, jangan lupakan berbagai kebiasaan sehat lainnya yang juga dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, ya.

Ada pun berbagai hal lainnya yang juga penting dijadikan sebagai kebiasaan, yaitu stres juga dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Selain itu, lengkapi pula hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, maupun zinc. Kombinasi vitamin dan mineral tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Untuk multivitamin yang direkomendasikan, kamu dapat mengonsumsi  Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Itulah kelima mitos mengenai tidur yang tak perlu lagi dipercayai. Memiliki kualitas istirahat yang baik merupakan hal yang penting, karena mampu melindungi kesehatan tubuh dalam jangka panjang, jadi tetap perhatikan waktu tidurmu, ya!

 

 

Featured Image – halodoc.com

Source – idntimes.com