Rutin Konsumsi Vitamin C, Cara Mengatasi Pilek yang Efektif Dilakukan!

Rutin Konsumsi Vitamin C, Cara Mengatasi Pilek yang Efektif Dilakukan!

Selama musim hujan, beragam jenis penyakit, termasuk flu – atau pilek kerap kali menyerang banyak individu. Ya, memang, beberapa masalah kesehatan lebih mudah menular di musim tersebut. Lalu, kalau sudah terlanjur kena, bagaimana cara mengatasi pilek yang baik?

Biasanya, kamu dianjurkan untuk banyak beristirahat, selain itu disarankan pula perbanyak konsumsi asupan vitamin C. Ini dapat membantu meningkatkan kekebalan, sehingga virus penyebab pilek – maupun flu bisa dilawan secara maksimal, sehingga tubuh cepat pulih.

Namun, benarkah cara mengatasi pilek yang satu ini benar efektif dilakukan? Yuk, ketahui informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

Pilek dan Flu Bisa Sebabkan Risiko Berbahaya

Rutin Konsumsi Vitamin C, Cara Mengatasi Pilek yang Efektif Dilakukan!

Credit Image - health.detik.com

Sebenarnya, flu merupakan penyakit yang sangat umum dialami, bahkan pasti sudah dirasakan setidaknya satu kali seumur hidup. Karena umum, biasanya flu bisa sembuh dengan sendirinya – tapi, tak menutup kemungkinan kasus flu bisa berakibat fatal, lho.

Flu dapat diobati dengan menjalani kebiasaan sehat, seperti beristirahat, lebih banyak minum, atau mengonsumsi vitamin untuk bantu meredakan gejala. Meski demikian, flu juga bisa berkembang dan mengakibatkan komplikasi. Adapun kelompok yang berisiko, yaitu:

  • Anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun, khususnya usia 2 tahun ke bawah.
  • Orang dewasa di atas usia 65 tahun.
  • Wanita hamil.
  • Orang yang memiliki kondisi medis serius.
  • Seseorang yang mengonsumsi obat imunosupresan, misalnya saat sedang menjalani kemoterapi.
  • Obesitas parah.

Kelompok di atas berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi flu karena sistem kekebalan tubuhnya terganggu. Nantinya, flu dapat menyebabkan pneumonia – atau bisa disebut juga sebagai paru-paru basah. Ini merupakan peradangan di jaringan paru-paru.

Peradangan tersebut akan menyebabkan kantong udara terisi oleh cairan, membuat organ tersebut tak bisa menjalani fungsinya dengan baik. Hati-hati, Pneumonia dapat sangat mematikan, karena kondisi ini membuat penderitanya kesulitan bernapas, serta paru-paru tidak mendapatkan cukup oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

 

Gejala Berat yang Harus Diwaspadai

Rutin Konsumsi Vitamin C, Cara Mengatasi Pilek yang Efektif Dilakukan!

Credit Image - hellosehat.com

Dari semua gejala yang disebutkan di atas, kamu disarankan untuk segera berobat ke dokter bila gejala tak kunjung membaik setelah dua minggu, atau membaik tetapi kemudian memburuk. Berikut ini adalah tanda-tanda bahaya yang perlu diperhatikan:

  • Nyeri dada – jika tak sembuh dalam kurun waktu 10 hari, maka ini patut dicurigai, terutama kalau flu disertai dengan nyeri dada yang cukup mengganggu.
  • Disertai dengan muntah hebat. Keluhan ini bisa menyebabkan dehidrasi, serta demam sampai 39 derajat celcius.
  • Kesulitan bernapas.
  • Kejang demam.

 

Cara Mengatasi Pilek, Bisa Dengan Konsumsi Vitamin C

Rutin Konsumsi Vitamin C, Cara Mengatasi Pilek yang Efektif Dilakukan!

Credit Image - medcom.id

Dikutip dari Detik, ketika sudah terpapar flu – maupun pilek, sebenarnya kondisi tersebut tidak bisa diatasi dengan mengonsumsi vitamin C saja, melainkan juga perlu dibarengi dengan cara mengatasi pilek lainnya, seperti banyak beristirahat, meminum banyak air putih, sampai menjalani hidup sehat lainnya.

Meski demikian, untuk mencegah, hingga mengatasi gejala ringan flu, hal ini dapat dibantu dengan mengonsumsi vitamin C – yang bisa kamu peroleh dari sejumlah sayur dan buah-buahan, serta rutin meminum suplemen multivitamin dengan kandungan tersebut.

Beberapa studi juga pernah menyatakan bahwa mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat membuat para responden penelitian tersebut lebih jarang terkena flu maupun pilek. Dalam hal ini, konsumsi vitamin C berperan besar dalam menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus penyebab flu.

Sayangnya, saat ini masih jarang masyarakat yang memenuhi kebutuhan vitamin C hariannya. Tentu saja hal tersebut akan memengaruhi kondisi kesehatan tubuh, serta fungsi tubuh pun tidak bisa berjalan secara optimal.

 

Terapkan Gaya Hidup Bersih dan Sehat Juga Diperlukan

Rutin Konsumsi Vitamin C, Cara Mengatasi Pilek yang Efektif Dilakukan!

Credit Image - realfood.co.id

Seperti diketahui, menerapkan gaya hidup bersih dan sehat memang penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk mempertahankan sistem kekebalan. Tak hanya selama musim pancaroba saja lho, namun kebiasaan ini perlu diterapkan dalam kondisi apapun.

Langkah sederhana yang dapat kamu lakukan dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu rutin mencuci tangan, tetap menggunakan masker ketika bepergian – terutama di masa pandemi, menerapkan jaga jarak fisik, lakukan etika batuk dan bersin, serta tetap jaga kebersihan toilet – yang bisa saja menjadi sumber penyakit!

Selain itu, kamu juga sangat dianjurkan untuk memiliki pola makan sehat bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan jangan lupa selalu rutin konsumsi suplemen Vitamin C – yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses pemulihan ketika sakit, lho.

Lantas, suplemen seperti apa yang dianjurkan? Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon-C setiap harinya.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Dan tentunya, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi – lebih tahan lama, lho!

 

Jadi, cara mengatasi pilek juga bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi vitamin C. Agar proses pemulihan makin maksimal, pastikan kamu menjalani hidup sehat lainnya, ya.

 

 

Featured Image – economictimes.indiatimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!