Atasi Mulut Kering Dengan Mudah, 6 Tips Ini Bisa Membantu, Lho

Atasi Mulut Kering Dengan Mudah, 6 Tips Ini Bisa Membantu, Lho

font size A Ǎ

Apakah kamu pernah mengalami masalah mulut kering? Tak bisa dipungkiri, kondisi yang satu ini termasuk sering dirasakan banyak individu. Padahal, fungsi air liur ternyata sangat penting bagi tubuh – yakni, berperan sebagai penetralisir asam di mulut, serta mencegah pertumbuhan bakteri.

Mulut kering tentu terasa kurang nyaman. Bukan hanya napsu makan saja yang menurun, hal tersebut juga dapat berdampak buruk terhadap gigi, serta gusi, lho. Tapi, kamu tak perlu khawatir, masalah mulut kering cukup mudah di atasi, kok.

Berikut ini 6 tips mengatasi mulut kering yang bisa diterapkan. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Cari Tahu Dulu Penyebabnya

Atasi Mulut Kering Dengan Mudah, 6 Tips Ini Bisa Membantu, Lho

Credit Image - cnnindonesia.com

Memang bukan tergolong kondisi yang berbahaya, namun mulut kering dapat mengganggumu, lho. Untuk itu, sebelum mencari tahu mengatasinya, ada baiknya kamu mencari tahu dulu penyebab masalah tersebut.

Selain kelembapan yang kurang terjaga, penyebab mulut kering juga bisa terjadi karena konsumsi obat tertentu. Obat-obatan untuk mengobati depresi, kecemasan, anti-nyeri, alergi, atau diare kadang membuat mulut menjadi kering.

Kalau kamu menggunakan obat-obatan tertentu guna menyembuhkan penyakit tersebut – dan sering merasa terganggu dengan kondisi mulut kering, coba konsultasikan kembali pada petugas kesehatan untuk mencari solusinya.

 

#2 – Mengunyah Permen Karet

Begitu kondisi mulut kering dialami, cobalah segera mengunyah permen karet, sebisa mungkin yang bebas kandungan gula, ya. Cara yang satu ini dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah mulut kering, serta membantu merangsang produksi air liur, dan menjaga kelembapan mulut.

Selain itu, sebagai alternatif, kamu juga bisa mengonsumsi permen dengan kandungan xylitol, lho. Pasalnya, jenis permen tersebut bebas akan kandungan gula, sehingga membantu mengatasi kondisi mulut kering.

 

#3 – Hentikan Kebiasaan Tak Sehat

Atasi Mulut Kering Dengan Mudah, 6 Tips Ini Bisa Membantu, Lho

Credit Image - suara.com

Awalnya memang terasa berat dan sulit untuk menahan kebiasaan merokok – atau minum minuman beralkohol kalau sudah menjadi kebiasaan. Namun, kamu tentu tidak ingin masalah mulut kering menjadi semakin parah, bukan?

Kedua hal tersebut dapat menambah risikomu mengalami dehidrasi, sehingga mulut menjadi lebih kering, lho. Tak hanya itu, alkohol pun juga dapat memicu tubuh untuk buang air kecil lebih sering. Untuk menguranginya, coba alihkan perhatian dengan mengunyah permen karet guna mengurangi keinginan merokok – atau mengonsumsi minuman beralkohol.

 

#4 – Jaga Selalu Kebersihan Mulut

Mengatasi kondisi mulut kering juga bisa dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan mulut. Jadi, pastikan kamu sudah menjaga kesehatan gigi – serta mulut secara tepat, ya. Misalnya, kamu perlu menyikat gigi dengan benar dan menggunakan pasta gigi berfluoride, supaya masalah mulut kering dapat segera diatasi.

Bila perlu, coba cara mengatasi masalah mulut kering lainnya dengan menggunakan obat kumur yang mengandung xylitol. Mengapa demikian? Karena, kandungan tersebut diklaim membantu dalam merangsang produksi air liur sehingga dapat dijadikan cara tepat dalam mengatasi mulut kering.

 

#5 – Bisa Gunakan Humidifier

Atasi Mulut Kering Dengan Mudah, 6 Tips Ini Bisa Membantu, Lho

Credit Image - healthline.com

Selanjutnya, cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi mulut kering, yaitu menggunakan humidifier. Alat yang satu ini dapat membantu melembapkan udara di dalam kamar karena biasanya, udara di dalam kamar terasa lebih kering akibat sirkulasi udara yang kurang baik.

Nah, tips yang satu ini mampu mengatasi permasalahan mulut kering bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur dengan mulut terbuka, alias bernapas lewat mulut saat tidur. Dengan begitu, mulut kamu akan terasa lebih lembap saat bangun di pagi hari.

 

#6 – Terapkan Pola Hidup Sehat

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat juga menjadi cara ampuh mengatasi mulut kering, lho. Caranya juga cukup mudah, seperti mengurangi asupan kafein – baik dari kopi, teh, minuman bersoda, maupun cokelat yang bisa membuatmu cepat haus.

Selain itu, kamu juga perlu memperbanyak konsumsi air putih yang juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh sekaligus menjadi salah satu cara mengatasi mulut kering akibat dehidrasi. Ketika mulut kering dirasakan, maka hal yang bisa dilakukan adalah menjaganya tetap lembap.

Selalu sediakan botol minum kemanapun kamu pergi supaya mulut tetap lembap di tengah padatnya aktivitas.

Dan, agar kondisi kesehatan semakin terjaga, pastikan kamu tetap memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bisa diperoleh dari multivitamin Enervon-C.

 Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah 6 tips sederhana, namun ampuh untuk mengatasi masalah mulut kering. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – kwikku.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!