Yuk, Tingkatkan Kualitas Tidurmu, Mulai Lakukan 5 Tips Mudah Ini

Yuk, Tingkatkan Kualitas Tidurmu, Mulai Lakukan 5 Tips Mudah Ini

font size A Ǎ

Dalam upaya menjaga kesehatan tubuh, terutama mempertahankan kekebalan, memperoleh waktu istirahat yang cukup merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan, lho. Pasalnya, selain bisa menjaga imunitas, tidur juga akan membuatmu menjadi lebih segar, sehingga siap menghadapi beragam aktivitas keesokan harinya.

Sayangnya, masih banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan waktu tidurmu menjadi terganggu. Kalau sudah begini, badan pun tidak terasa nyaman – dan suasana hati ikut berantakan. Apakah kamu kerap mengalaminya?

Nah, kali ini Enervon bakal kasih 5 tips meningkatkan kualitas tidur yang wajib kamu terapkan. Biar tak lagi penasaran, yuk segera simak informasi lengkapnya di bawah!

 

 

1. Jadwal Tidur Rutin

Yuk, Tingkatkan Kualitas Tidurmu, Mulai Lakukan 5 Tips Mudah Ini

Credit Image - health.kompas.com

Hal pertama yang bisa membantumu mendapatkan kualitas tidur yang baik, yakni cobalah membuat jadwal tidur secara rutin. Diketahui, kualitas tidur yang buruk bisa disebabkan oleh jadwal istirahat yang tidak teratur.

Untuk terhindar dari masalah tersebut, mulai sekarang, cobalah untuk mengatur waktu tersebut. Tetapkan jadwal jam berapa kamu harus tidur dan bangun setiap harinya. Usahakan disiplin menaati waktu yang telah ditetapkan. Perlahan, tubuhmu akan terbiasa dan kualitas tidur semakin meningkat.

 

2. Matikan Lampu Tidur – Hindari Bermain Gawai

Dilansir Sleep Foundation, saat hendak tidur, tubuh bersiap untuk merilis melatonin, yaitu turunan hormon serotonin yang berfungsi untuk memicu rasa kantuk. Produksi hormon tersebut bisa terhambat karena adanya paparan cahaya.

Nah, pastikan sebelum tidur, kondisikan ruangan menjadi gelap. Matikan lampu utama juga lampu tidur. Jika produksi melatonin lancar, maka tidur akan jadi lebih berkualitas.

Selain itu, kamu juga perlu berhenti menggunakan gadget, lho. Pasalnya, barang elektronik dapat memancarkan sinar biru yang menghambat produksi melatonin dan mengurangi rasa kantuk. Hal ini juga mengganggu dua tahapan awal menjelang tidur yaitu fase slow-wave dan rapid-eye movement (REM).

Karena dapat menurunkan kualitas tidur, usahakan untuk tidak menggunakan gawai sebelum tidur. Matikan semua barang elektronikmu dan letakkan jauh dari jangkauan agar kamu tidak tergoda untuk menggunakannya.

 

3. Lakukan Kebiasaan Relaksasi

Yuk, Tingkatkan Kualitas Tidurmu, Mulai Lakukan 5 Tips Mudah Ini

Credit Image - alodokter.com

Supaya tidur semakin berkualitas, kamu bisa melakukan relaksasi secara rutin setiap 30 menit menjelang waktu tidur. Membaca buku, menarik napas dalam, atau peregangan ringan akan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Menurut laporan dari Very Well Mind, rutinitas tersebut akan memberi sinyal ke otak bahwa waktu tidur akan segera tiba. Begitu selesai melakukan aktivitas ringan itu, tubuh pun siap untuk beristirahat. Dengan begitu, kamu akan memperoleh tidur yang berkualitas.

 

4. Hindari Makanan Berlemak di Malam Hari

Mengonsumsi makanan berat, apalagi berlemak sebagai menu makan malam ternyata dapat menurunkan kualitas tidur. Dilansir Very Well Mind, makanan berlemak dapat mengganggu kerja sistem pencernaan yang berdampak pada pengaturan waktu tidur.

Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Mereka lebih ramah bagi pencernaan. Semakin mudah makanan untuk dicerna, semakin baik kualitas tidur yang akan didapat.

Jangan lupa pula untuk memberikan jeda waktu 2--3 jam antara waktu makan dan tidur. Dengan begitu, kamu terhindar dari heartburn dan insomnia.

 

5. Hindari Bekerja di Dalam Kamar

Yuk, Tingkatkan Kualitas Tidurmu, Mulai Lakukan 5 Tips Mudah Ini

Credit Image - mediaindonesia.com

Kamar tidur harusnya identik dengan ruangan untuk beristirahat. Jika kamar tidur juga difungsikan sebagai ruang kerja, otak tidak lagi mengasosiasikan kamar tidur sebagai ruang untuk tidur. Akibatnya, waktu istirahatmu pun jadi terganggu, seperti dilansir Very Well Mind.

Nah, oleh karena itu, berusahalah untuk bekerja di ruang kerja khusus. Lalu, pergilah ke kamar ketika kamu hanya ingin tidur. Dengan demikian, tubuh akan lebih rileks sehingga kamu bisa cepat terlelap. Jadi, pastikan kamu menerapkan tips yang satu ini, ya!

Mendapatkan waktu tidur yang cukup memang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tetapi, jangan lupakan berbagai kebiasaan sehat lainnya yang juga dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, ya.

Ada pun berbagai hal lainnya yang juga penting dijadikan sebagai kebiasaan, yaitu mengonsumsi asupan makanan bergizi seimbang, rutin melakukan olahraga, cukupi kebutuhan cairan tubuh, serta mengelola stres dengan baik – pasalnya, stres juga dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Selain itu, lengkapi pula hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, maupun zinc. Kombinasi vitamin dan mineral tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Untuk multivitamin yang direkomendasikan, kamu dapat mengonsumsi  Enervon-C atau Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Itulah kelima tips meningkatkan kualitas tidur yang baik. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!