Menerapkan dapat memperpanjang usia, lho.

Meski demikian, pola makan yang baik juga harus diimbangi dengan kebiasaan sehat lainnya, seperti rutin berolahraga, mendapatkan waktu tidur yang cukup, dan mengelola stres. Lalu, menghindari sejumlah makanan sehat – yang nyatanya kurang baik buat tubuh juga penting, ya.

Setidaknya ada beberapa jenis makanan yang dianggap sehat, namun kenyataannya tidak seperti itu. Tentu saja, hal ini harus mendapatkan perhatian lebih, sehingga kamu tidak lagi keliru dalam menilai makanan.

Lantas, apa saja sejumlah jenis “makanan sehat” yang kurang baik buat kesehatan tubuh? Berikut ini 5 di antaranya.

 

 

#1 – Sereal

Credit Image - girlslife.com

Sereal menjadi menu sarapan yang banyak disukai terutama bagi anak-anak. Beragam sereal sering diiklankan sebagai makanan yang menyehatkan. Sayangnya unsur sehat pada sereal bisa tergerus karena zat lain yang ada di dalamnya. Sereal yang dipasarkan banyak yang dilapisi dengan pemanis atau bahkan dicampur dengan marshmallow.

Dilansir Healthline, sereal dengan banyak bahan tambahan, terutama pengawet dan pemanis ini tentunya kurang baik bagi kesehatan tubuh. Jika ingin benar-benar makan sereal yang sehat maka sebaiknya memilih oatmeal atau sereal gandum asli. 

 

#2 – Buah Kering

Selanjutnya, ada pula buah kering yang nyatanya kurang baik bagi kesehatan tubuh. Memang, jenis makanan yang satu ini punya tampilan berwarna yang menarik – dan punya cita rasa yang nikmat. Jadi, tidak heran jika buah kering kemudian jadi pilihan cemilan yang dianggap sehat.

Sayangnya, buah kering ternyata memiliki kandungan gula yang lebih banyak daripada kue kering karena dipadatkan. Dilansir Forkly, buah kering umumnya memiliki kandungan gula yang besar dan kalori sehingga tak bisa jadi pilihan snack sehat, ya!

 

#3 – Buah Kaleng

Credit Image - bbc.com

Tak sedikit yang berpikir bahwa buah kaleng dapat menjadi pilihan praktis untuk membuat minuman segar yang nikmat. Beberapa buah yang sering dikemas dalam kaleng misalnya peach, nanas, dan cherry. Bahkan, banyak juga yang menganggap kalau buah kaleng merupakan pilihan makanan yang sehat.

Meski demikian, sayangnya kebanyakan buah kaleng sudah dicampur dengan sirup yang penuh akan kandungan gula. Adanya tambahan pemanis tersebut tentunya kurang baik bagi kesehatan. Jadi, sebaiknya kurangi asupan jenis makanan yang satu ini!

 

#4 – Yogurt dengan Perasa

Yogurt dikenal sebagai makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Namun beberapa produk yogurt malah diberi tambahan perasa dan pemanis. Tambahan perasa yang tak alami dan pemanis tersebut yang kemudian membuat yogurt menjadi makanan yang kurang sehat.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, untungnya masih ada produk yogurt yang benar-benar asli – dan tentunya menyehatkan. Sebagai alternatif yang lebih sehat, pilihlah plain yoghurt yang rendah lemak daripada yang memiliki tambahan perasa.

 

#5 – Jus Buah

Credit Image - heartandstroke.ca

Jus buah memang terkesan sebagai minuman yang menyehatkan karena mengandung buah. Apalagi jika itu tidak diberi tambahan pemanis seperti gula. Jus buah asli tanpa tambahan pemanis ternyata tidak terbebas dari gula.

Meskipun gula tersebut berasal dari buah-buahan namun itu tetap saja gula. Terlalu banyak gula alami dari buah juga tidak menyehatkan. Misalnya saja jus jeruk alami, ada baiknya menambahkan beberapa sendok jus jeruk pada segelas air putih. 

Menghindari sejumlah “makanan sehat” di atas memang penting guna menjaga kesehatan tubuhmu dalam jangka panjang, ya. Untuk memaksimalkannya, kamu juga dianjurkan meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Nah, itulah kelima jenis makanan sehat yang nyatanya kurang baik bagi kesehatan tubuh. Sampai saat ini, apakah kamu masih gemar mengonsumsi sejumlah asupan di atas?

 

 

Featured Image – yogurtinnutrition.com