Sukar Terlelap Meski Lelah? Begini 6 Cara Cepat Tidur yang Perlu Dicoba!

Sukar Terlelap Meski Lelah? Begini 6 Cara Cepat Tidur yang Perlu Dicoba!

font size A Ǎ

Apakah kamu pernah merasa lelah, namun rasanya sulit untuk terlelap? Ya, masalah yang satu ini memang kerap dialami. Ketika kecapekan dari aktivitas harian, seharusnya hal tersebut bisa membuatmu mudah tertidur – tetapi, ada pula sebagian orang yang justru mengeluhkan kondisi sebaliknya.

Dilansir dari Huffington Post, susah tidur akibat badan yang terlalu lelah merupakan efek bola salju dari pola tidur yang buruk sebelumnya. Kalau dari awal kamu sudah memiliki jadwal tidur yang berantakan, maka sudah pasti tidak akan merasa bugar – dan kurang bersemangat menjalani hari.

Kemudian, badan yang berat karena kekurangan tidur bisa membuat tubuh lebih gampang capek, sehingga hal ini terakumulasi dari kombinasi stres fisik – yang disebabkan oleh kecapekan dan stres emosional dari aktivitas harian.

Kalau sudah begini, tentu saja kamu akan segera mencari beragam cara cepat tidur, kan? Tenang, kali ini Enervon bakal kasih 6 tips yang bisa diterapkan. Yuk, simak selengkapnya!

 

 

#1 – Singkirkan Benda yang Mengganggu Tidur

Sukar Terlelap Meski Lelah? Begini 6 Cara Cepat Tidur yang Perlu Dicoba!

Credit Image - klikdokter.com

Cara cepat tidur pertama yang perlu diterapkan, yakni menyingkirkan benda yang bisa mengganggu waktu tidurmu. Misalnya, jika kamu berpikir bahwa menonton televisi sembari tidur dapat membuat tubuh rileks – atau bermain ponsel dapat membuat terlelap, maka kamu salah besar, lho.

Dilansir dari Sleep Foundation, cahaya dari benda-benda tersebut membuat otak terus-terusan siaga, sehingga kamu tidak kunjung mengantuk. Untuk itu, berhenti  menonton TV dan bermain ponsel setidaknya 1 jam sebelum kamu ke tempat tidur untuk mengatasi susah tidur yang selama ini dialami.

 

#2 – Perbaiki Waktu Tidur

Menurut Jennifer Robinson, MD, membiasakan diri tidur dan bangun di jam yang sama membuat ritme sirkadian dalam tubuh akan kembali normal. Ini merupakan jam tubuh yang mengatur waktu siang dan malam, suhu tubuh, serta detak jantung.

Cara cepat tidur yang satu ini mungkin akan berat dilakukan di beberapa hari pertama. Namun, ketika kamu sudah menemukan ritme yang tepat, tubuh kamu akan tahu kapan waktunya tidur dan bangun dengan sendirinya.

 

#3 – Hindari Konsumsi Kafein

Sukar Terlelap Meski Lelah? Begini 6 Cara Cepat Tidur yang Perlu Dicoba!

Credit Image - fajar.co.id

Cara agar cepat tidur berikutnya yang juga disarankan, yaitu menghindari konsumsi kafein. Pasalnya, efek asupan yang satu ini bisa berlangsung selama beberapa jam, bahkan sampai 24 jam, lho. Jadi, tidak heran kalau usai mengonsumsinya kamu bisa susah tidur.

Selain itu, konsumsi kafein pun bakal memengaruhi tidur secara signifikan. Kafein tak hanya menyebabkan kesulitan tidur tetapi juga dapat menyebabkan sering terbangun. Jauhi konsumsi kafein setelah jam makan siang untuk dapat mengatasi susah tidur.

 

#4 – Tidak Makan Jelang Waktu Tidur

Beberapa orang akan merasa cepat mengantuk setelah makan. Tapi, untuk kamu yang kesulitan tidur akibat kelelahan maka baiknya menghindari makan sebelum tidur karena dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan membuat tetap terjaga.

Apalagi, kalau kamu memiliki masalah pencernaan tertentu, seperti menderita gastroesophageal reflux (GERD) – atau mulas, bahkan lebih penting untuk menghindari makan sebelum tidur. Pastikan kamu menerapkan cara cepat tidur yang satu ini, ya!

 

#5 – Olahraga Teratur

Sukar Terlelap Meski Lelah? Begini 6 Cara Cepat Tidur yang Perlu Dicoba!

Credit Image - kompas.com

Dikutip dari Anxiety and Depression Association of America, olahraga teratur dapat membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks. Yoga direkomendasikan sebagai olahraga yang bisa membuat pikiran jadi tenang, sehingga dapat memudahkan kita untuk tidur.

Namun, berolahraga sebelum tidur dapat memiliki efek stimulan pada tubuh dan harus dihindari. Sehingga, kamu bisa berolahraga setidaknya minimal tiga jam sebelum untuk tidur malam, ya. Dengan begitu, waktu tidur tidak akan terganggu.

 

#6 – Konsumsi Vitamin C dan Vitamin B Kompleks

Tahukah kamu bahwa kedua vitamin tersebut – ternyata juga dapat membantu atasi masalah susah tidur? Memiliki peran untuk jaga kekebalan tubuh, vitamin C serta vitamin B kompleks pun dikenal sebagai nutrisi yang bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Dikutip dari sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 – dalam Jurnal PLOS One menunjukkan bahwa seseorang dengan kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya, punya kecenderungan alami masalah sulit tidur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kekurangan vitamin C – berkaitan erat dengan insomnia.

Peroleh asupan vitamin C dari berbagai sumber tinggi nutrisi, seperti jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, kiwi, dan nanas.

Selain itu, kamu bisa mengonsumsi vitamin B kompleks, lebih tepatnya vitamin B6. Jenis vitamin yang satu ini dapat  membantu mengurangi stres yang kamu rasakan – dengan membuat saraf-saraf tubuh lebih rileks. Artinya, rutin mengonsumsi asupan vitamin B6, maka kualitas tidur kamu pun bisa semakin baik.

Nah, cobalah rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin B6, seperti pisang, yogurt, atau oat – kamu bisa konsumsinya sebelum tidur, lho. Sejumlah makanan ini diyakini membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga lebih segar keesokan harinya.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja – namun, sejumlah vitamin di atas bisa kamu penuhi, hanya dengan rutin mengonsumsi multivitamin saja! Tak perlu repot lagi, kan? Cocok untukmu yang punya aktivitas padat nih.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C dalam bentuk tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagaimana kalau ingin perlindungan lebih ekstra? Bisa konsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari.

Dan, untukmu yang punya segudang kegiatan – bisa minum Enervon Active yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina biar tidak mudah lelah, sekaligus pertahankan imunitas tubuh.

 

Jadi, itulah keenam cara cepat tidur yang dapat kamu terapkan, apalagi kalau sedang lelah tapi tak kunjung terlelap. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – goodlife.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!