5 Tanda Insecure Dalam Diri, Apakah Kamu Memilikinya?

5 Tanda Insecure Dalam Diri, Apakah Kamu Memilikinya?

font size A Ǎ

Sepertinya kata insecure kerap kali terdengar beberapa waktu terakhir. Tak sedikit orang yang menyisipkan kata tersebut di kalimat yang tengah dilontarkan. Namun sayangnya, masih banyak yang salah dalam menggunakan kata insecure tersebut, lho.

Insecure sendiri merupakan sebuah keadaan – atau perasaan gelisah, cemas, takut, atau tidak aman yang dialami seseorang. Pada dasarnya, perasaan tersebut wajar dialami, selama tidak dirasakan secara terus-menerus. Pasalnya, rasa tidak percaya diri ini bakal memengaruhi cara interaksi dengan orang lain.

Nah, biasanya insecure dapat diidentifikasi dengan beberapa tanda tertentu. Setidaknya, seperti 5 ciri-ciri di bawah ini. Apa saja?

Yuk, simak informasi lengkapnya sampai habis!

 

 

Sering Menghindari Interaksi

5 Tanda Insecure Dalam Diri, Apakah Kamu Memilikinya?

Credit Image - campuspedia.id

Pertama, orang yang tengah mengalami insecure cenderung sering menghindari interaksi dengan dunia luar, bahkan mereka cenderung untuk takut berkomunikasi dengan orang lain. Ketakutan tersebut terjadi karena merasa terpojokkan kalau harus membicarakan mengenai pencapaian – di saat, mungkin, kamu sedang tak melakukan hal apapun.

Padahal, komunikasi dengan orang yang tepat merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi rasa insecure, karena mampu membantu menghilangkan kegelisahan yang sedang dialami. Apakah kamu mengalami tanda yang satu ini?

 

Takut Mencoba Hal Baru

Selanjutnya, apakah kamu kerap merasa takut mencoba hal baru? Jika iya, ada kemungkinan kamu mengalami insecure. Kondisi ini biasanya dialami ketika ada pengalaman pahit, misalnya mengalami kegagalan, penolakan, atau bahkan dikhianati. 

Pengalaman-pengalaman buruk inilah yang menyebabkan orang dengan rasa insecure enggan untuk mencoba hal baru, dikarenakan mereka takut untuk mendapatkan perasaan pahit yang berulang. Dengan begitu, akan sangat sulit bagi orang yang insecure untuk bisa mengembangkan diri.

 

Kerap Membandingkan Diri

5 Tanda Insecure Dalam Diri, Apakah Kamu Memilikinya?

Credit Image - alodokter.com

Membandingkan diri dengan orang lain merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk mengukur sejauh mana diri mereka berprogres. Namun, cara ini menjadi malapetaka bagi kamu yang merasa insecure. 

Bukannya dilihat dari sisi positif dan kemauan untuk berkembang, orang yang merasa insecure hobi membandingkan dirimu dengan orang lain untuk meletakkan diri sendiri pada posisi yang lebih rendah dan membuat kamu pun menjadi tidak percaya akan kemampuan diri.  

 

Takut, Bahkan Khawatir Berlebihan

Seperti yang sudah disebutkan, takut dan khawatir merupakan dua perasaan yang normal – dan hampir setiap orang pun merasakannya. Meski demikian, jangan biarkan perasaan tersebut menguasaimu secara terus menerus, ya.

Perasaan takut dan khawatir bisa menjadi tidak normal kalau dialami dalam waktu yang cukup lama, hingga berlarut-larut. Untuk itu, cobalah mencari cara untuk menghindari atau mengatasi kedua perasaan ini secara berlebihan.

 

Butuh Akan Validasi

5 Tanda Insecure Dalam Diri, Apakah Kamu Memilikinya?

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Kepercayaan diri rendah yang ada pada orang insecure juga membuat kamu menjadi sosok yang butuh pengakuan dan pujian atas perilaku yang telah dilakukan. Intinya, kamu membutuhkan hal tersebut sebagai bentuk pembenaran dari orang lain dan juga untuk menaikkan kepercayaan diri.

Sayangnya, hal ini tidak baik, lho. Mengapa demikian? Karena, kamu pun bisa menjadi sosok yang haus akan pujian – bahkan, tak jarang melihat pujian sebagai bentuk penguat. Tentu saja, kamu tak bisa hanya mengandalkan pujian saja, kan?

Kerap merasa insecure tidak baik buat kesehatan secara mental, serta bisa mengurangi produktivitas, lho. Untuk itu, cobalah lakukan berbagai cara untuk mengatasinya, ya. Seperti melakukan hal-hal yang membuatmu bahagia – atau sekedar memanjakan diri dengan me-time.

Selain itu, cobalah melakukan olahraga yang bisa membuatmu menjadi rileks, seperti yoga. Selain itu, melakukan kegiatan positif yang membangun, seperti mempelajari skill baru dan membantu orang lain yang kesusahan, juga dapat membantumu merasa bahwa dirimu dan semua yang kamu miliki sekarang sudahlah cukup apa adanya.

Dan yang tidak kalah pentingnya, pastikan tetap menjaga kesehatan tubuh dengan mendapatkan asupan makanan bergizi seimbang yang dapat memperbaiki kondisi suasana hati – dan tentunya membuat fisik semakin bugar.

Untuk memaksimalkannya, direkomendasikan pula mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai tanda-tanda insecure yang kerap dialami – tapi sering tidak disadari. Jadi, kalau kamu mengalaminya, yuk segera diatasi, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!