Deretan Cara Menabung yang Benar, Dijamin Efisien!

Deretan Cara Menabung yang Benar, Dijamin Efisien!

font size A Ǎ

Kegiatan menabung merupakan salah satu hal yang penting, lho. Sayangnya, masih banyak yang menanggap bahwa tak sedikit orang yang kesulitan untuk menerapkan kebiasaan baik yang satu ini. Apakah kamu termasuk?

Cara menabung yang benar kerap kali diabaikan akibat berbagai faktor, mulai dari penghasilan yang belum stabil, sampai gaya hidup boros yang membuatmu lupa untuk menyisihkan sebagian pendapatan buat kebutuhan jangka panjang.

Nah, untukmu yang ingin segera menerapkan cara menabung yang benar – dan tentunya efisien, setidaknya ada 5 tips sederhana yang dapat dilakukan, bahkan cara ini direkomendasikan oleh para pakar keuangan, lho.

Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

 

 

1. Mengatur Transfer Otomatis ke Rekening Bank

Deretan Cara Menabung yang Benar, Dijamin Efisien!

Credit Image - lifepal.co.id

Salah satu cara menabung yang benar – dan disarankan oleh pakar keuangan, yaitu membuat transfer otomatis ke rekening bank. Lalu, bagaimana cara menerapkannya? Misalnya, gaji dari perusahaan yang baru diterima bisa langsung masuk ke rekening tanpa harus diambil secara tunai. Kendala orang malas menabung salah satunya sulit setor tunai ke bank atau gerai lainnya.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk menabung setidaknya sebesar 10 persen dari total gaji yang diterima. Nah, dengan metode transfer otomatis, maka kamu bisa menghindari sikap yang sering tergoda untuk berbelanja karena adanya uang di rekening.

 

2. Kecil Tapi Konsisten

Cara menabung yang benar berikutnya disarankan oleh seorang pakar konsumen bernama Clark Howard. Jika sebelumnya kamu disarankan menabung sebesar 10 persen, berbeda dengan Clark yang menyarankan menabung dilakukan dengan jumlah yang kecil saja tetapi rutin dilakukan.

Ia menyarankan angka tabungan secara rutin bisa sebesar 2% saja dari jumlah total gaji yang diterima. Kebiasaan menabung dengan jumlah kecil tidak dirasa memberatkan bagi total anggaran bulanan, tetapi jika konsisten dilakukan hasilnya bisa lebih menjanjikan.

Bila hal ini sudah biasa dilakukan, jumlah persentase tetap bisa dinaikkan hingga angka maksimal. Angka maksimal yang bisa ditargetkan sebesar 20%.

 

3. Membuat Rekening Khusus Tabungan

Deretan Cara Menabung yang Benar, Dijamin Efisien!

Credit Image - jojonomic.com

Memisahkan antara keuangan harian – dan keuangan tabungan juga tak kalah pentingnya, lho. Cara menabung yang benar ini pun disarankan oleh Ligwina Hananto, selaku pakar perencana keuangan. Metode tersebut dilakukan agar proses menabung semakin lancar.

Kegiatan menabung memang perlu didukung dengan pemisahan rekening antara rekening uang harian dan tabungan khusus. Cara pemisahan ini dinilai efektif agar kamu tidak tergoda untuk menggunakan jatah uang tabungan untuk kebutuhan harian.

 

4. Menabung dari Uang Kembalian

Banyak orang menganggap sepele uang kembalian yang jumlahnya kecil dan tak seberapa. Padahal jika uang ini ditabung maka jumlahnya bisa mencapai besar dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, lho.

Ric Edelman selaku CEO Edelman Financial Service menyarankan cara menabung dengan mengumpulkan uang kembalian yang nantinya bisa bernilai besar. Kumpulkan uang kembalian yang sering kamu dapatkan saat sesudah belanja dari supermarket. Lalu, kumpulkan berdasarkan rentang jumlahnya, ya.

Lakukan pengumpulan ini secara rutin. Dan jika ingin menggunakannya setelah banyak bisa ditukarkan lebih dahulu – atau bisa juga langsung dibelanjakan.

 

5. Strategi Menabung yang Bisa Diterapkan

Deretan Cara Menabung yang Benar, Dijamin Efisien!

Credit Image - finoo.id

Untuk kamu yang kerap gagal dalam menerapkan cara menabung yang benar, maka tidak ada salahnya melakukan sejumlah tips berikut ini, lho. Biasanya, menabung kerap gagal akibat tergoda menggunakan uang tabungan sebelum tercapai waktu targetnya.

Begitu ditabung diambil lagi sehingga tak kunjung penuh tabungannya. Bisa juga hanya sekali saja menabung, setelah itu tidak rutin lagi dilakukan. Untuk mengatasinya, berikut tips yang bisa dicoba.

  • Pahami manfaat dan tujuan utama menabung untuk apa, sehingga kamu akan sadar bahwa tetap penting melanjutkan aktivitas menabung walaupun dalam keuangan yang sulit.
  • Komitmen untuk tetap setor tabungan setiap rentang waktu yang ditargetkan, walaupun sedikit tetap harus setor.
  • Jangan mengambil tabungan sebelum jangka waktu yang ditargetkan, caranya setelah menabung lupakan uang tersebut, anggap saja tidak ada lagi pada rekening.
  • Mintalah anggota keluarga yang lain untuk membantu mengingatkan soal komitmen dan target tabungan yang dibuat sehingga sebagai penabung tidak tergoda mengambil atau lalai menyetor tabungan.
  • Targetkan waktu menabung dan setelah itu belanjakan uang tabungan untuk kebutuhan yang ditargetkan. Jika masih ingin ditabung lagi, cobalah membeli barang investasi yang tidak menyusut drastis nilainya seperti emas.
  • Uang tabungan juga bisa digunakan untuk berbagai investasi seperti investasi saham, properti, emas hingga biaya pendidikan.

Menerapkan cara menabung yang benar memang penting, kan? Tapi, biar kamu makin fokus dalam kegiatan menabung, pastikan sudah memenuhi kebutuhan vitamin harian, ya. Tentu saja, hal ini tidak kalah penting dibandingkan tips lainnya, lho.

Untuk itu, kamu direkomendasikan mengonsumsi suplemen multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama menabung, lho.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Jadi, kamu dapat tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu mendapatkannya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah kelima cara menabung yang benar. Pastikan kamu sudah mulai menerapkannya, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!