5 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan, Sederhana Tapi Efektif!

5 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan, Sederhana Tapi Efektif!

font size A Ǎ

Seperti diketahui, cemas merupakan salah satu bentuk emosi yang kerap ditandai dengan rasa tidak nyaman, takut, hingga gelisah. Tentu saja, hampir setiap orang pun pernah merasakan kecemasan, ya. Ini memang wajar terjadi, karena biasanya perasaan cemas akan berlalu usai pemicunya hilang.

Meski demikian, ada pula perasaan cemas berlebih yang akhirnya mengganggu aktivitas harian – hal ini disebut juga sebagai gangguan kecemasan. Lalu, kalau tengah mengalaminya, bagaimana cara mengatasi gangguan kecemasan tersebut?

Tak perlu khawatir, kali ini Enervon bakal ngasih 5 cara mengatasi gangguan kecemasan yang sederhana dan efektif untuk diterapkan. Biar tak lagi penasaran, yuk segera simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Ambil Napas Panjang

5 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan, Sederhana Tapi Efektif!

Credit Image - tribunnews.com

Cara mengatasi gangguan kecemasan pertama yang bisa dilakukan, yakni dengan mengambil napas panjang. Tips sederhana ini dapat membantu tubuhmu mengaktifkan respons relaksasi tubuh, sehingga stres dan kecemasan yang dirasakan dapat berkurang.

Untuk mempraktikkan teknik pernapasan, kamu hanya perlu menarik napas panjang melalui hidung. Lalu, tahan selama beberapa detik, ya. Hembuskan napas melalui mulit secara perlahan. Nah, tidak hanya ketika cemas saja, namun latihan pernapasan ini dapat kamu terapkan setiap hari untuk mengurangi pikiran yang mengganggu.

 

#2 – Mulai Berbicara Dengan Orang Lain

Tak sedikit orang yang mengalami gangguan kecemasan akan menarik diri dari lingkungan sosial. Padahal, cara mengatasi gangguan kecemasan berikutnya bisa dilakukan dengan mendapat dukungan sosial dari orang terdekat, lho. Sebab, mengisolasi diri dari lingkungan luar bukan jalar keluar dari kecemasan yang tengah dialami.

Oleh karena itu, ketika kamu sedang mengalami kecemasan, cobalah untuk mengungkapkan apa yang dirasakan dan tetaplah menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar. Kamu bisa bicara dengan orang yang dipercaya dan membuat nyaman, seperti saudara, teman, atau bahkan ahli kesehatan mental.

 

#3 – Lakukan Hal yang Disukai

5 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan, Sederhana Tapi Efektif!

Credit Image - suara.com

Selain mengurangi rasa sedih, melakukan hobi – atau aktivitas yang kamu sukai juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi gangguan kecemasan yang disarankan. Langkah menyenangkan ini bisa membantu tubuh kamu melepaskan hormon oksitosin, yang merupakan pereda stres dan kecemasan alami.

Pilihlah aktivitas yang disukai, tetapi tetap menyehatkan, seperti nonton film, jalan-jalan, bernyanyi, dan sebagainya. Atau, kamu bisa melakukan aktivitas tersebut secara sendirian atau bersama dengan orang terdekat.

 

#4 – Mencoba Sesuatu yang Baru

Nah, tidak hanya dengan melakukan hal yang kamu senangi, namun cara mengatasi gangguan kecemasan juga dapat dilakukan dengan mencoba sesuatu hal yang baru. Ini bisa membantu menghilangkan rasa cemas berlebihan, lho.

Misalnya, kamu dapat mencoba mempelajari keterampilan baru dapat mengembangkan kemampuan dan mendapatkan kepuasan setelah menyelesaikannya. Kemudian, perasaan puas tersebut bisa menimbulkan rasa senang dan bahagia, sehingga kecemasan pun dapat berkurang.

Tertarik melakukan cara mengatasi gangguan kecemasan yang satu ini? Kamu bisa memilih mempelajari bahasa baru, kerajinan tangan, atau keterampilan baru lainnya, ya.

 

#5 – Berolahraga Secara Rutin

5 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan, Sederhana Tapi Efektif!

Credit Image - halodoc.com

Olahraga dapat meningkatkan mood – alias suasana hati, sehingga cara ini pun diyakini mampu mengurangi perasaan cemas. Pasalnya, olahraga bisa menurunkan hormon stres, seperti kortisol. Selain itu, aktivitas fisik ini juga membantu melepaskan endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan senang.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu berolahraga secara rutin dan teratur. Pilihlah olahraga ringan, seperti berenang, jalan kaki, yoga, atau sekedar beraktivitas di luar rumah untuk mendapatkan paparan sinar matahari. Apalagi, kurang sinar matahari bisa memperburuk rasa cemas berlebihan, lho.

 

Wah, bagaimana? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara mengatasi gangguan kecemasan yang dapat diterapkan. Meski terdengar sederhana, namun sejumlah tips di atas efektif mengurangi rasa cemas. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image – validnews.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!