Bikin Imun Lemah, Ini Deretan Cara Menghilangkan Stres, Terapkan Segera Ya!

Bikin Imun Lemah, Ini Deretan Cara Menghilangkan Stres, Terapkan Segera Ya!

Enervoners, apakah kamu masih sering merasa stres? Jika iya, yuk, segera mencari cara untuk menghilangkan stres tersebut. Pasalnya, kalau dibiarkan begitu saja hal tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, lho.

Ketika stres, emosi dapat mengubah fungsi sel darah. Akhirnya, hal inilah yang memengaruhi kesehatan fisik seseorang. Ketika imun melemah, maka kamu pun bakal lebih mudah terserang penyakit, apalagi di masa pandemi Covid-19.

Jadi bisa dikatakan bahwa kesehatan mental akan memengaruhi kesehatan fisik. Lalu, apa yang bisa dilakukan? Yaitu, dengan mencari cara menghilangkan stres. Berikut ini 4 tips mudah yang dapat kamu terapkan.

Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Konsumsi Makanan Sehat

Bikin Imun Lemah, Ini Deretan Cara Menghilangkan Stres, Terapkan Segera Ya!

Credit Image - alodokter.com

Cara menghilangkan stres yang dapat kamu terapkan, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Ternyata, asupan yang kamu peroleh pun bisa memengaruhi kondisi mental, lho. Dalam hal ini, kamu bisa rutin mengonsumsi chamomile – yang mengatur neurotrasmiter, seperti serotonin, dopamin, GABA. Ketiganya memiliki kaitan erat dengan suasana hati.

Kemudian, bisa pula rutin mendapatkan asupan curcumin dengan lada hitam yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Lalu, cokelat hitam – untuk membantu menyesuaikan diri dengan situasi stres. Dan makanan probiotik yang bisa meningkatkan kesehatan mental dengan memproduksi banyak serotonin untuk meningkatkan mood.

 

#2 – Merubah Gaya Hidup

Selanjutnya, kamu juga dapat merubah gaya hidup sebagai salah satu cara menghilangkan stres yang tak kalah ampuhnya. Dilansir dari Kompas, menurut Ayuverda “VATA” dosa – ini termasuk di antara tridosha yang bertanggung jawab atas fungsi pikiran.

Ketika cata tidak berada dalam keseimbangannya, hal ini pun dapat memengaruhi pikiran dan tubuh. Jadi, menjaga pola hidup sehat sangatlah dibutuhkan. Nah, selain mengonsumsi makanan kaya akan gizi dan nutrisi, kamu juga perlu menyiapkan makanan segar dengan keenam rasa seimbang, sekaligus harus dikonsumsi hangat.

Asupan makanan yang digoreng dan berminyak secara berlebihan juga bisa menyebabkan keseimbangan dalam tubuh. Untuk itu, pastikan kamu mengurangi jenis makanan tersebut, ya.

 

#3 – Meditasi

Bikin Imun Lemah, Ini Deretan Cara Menghilangkan Stres, Terapkan Segera Ya!

Credit Image - genmuda.com

Meditasi membantu memecahkan pikiran negatif dari kekhawatiran dan juga membantu seseorang mengendalikan pikiran buruk yang tidak diinginkan. Selain itu, cara menghilangkan stres yang satu ini juga membantumu menjadi lebih rileks, lho. Hal tersebut pun bisa memperbaiki kerusakan yang disebabkan pada otak akibat stres.

Bahkan, meditasi yang dilakukan secara rutin juga dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih tenang. Secara tidak langsung kamu akan menjadi lebih penyabar, pemaaf, dan juga bijaksana. Hal ini juga berkaitan dengan cara kerja otak yang lebih rasional – sehingga kamu akan mampu berpikir dengan jernih di setiap aktivitas yang dilakukan.

 

#4 – Terapi Yoga

Kata yoga berasal dari akar kata Sansekerta 'YUJ' yang berarti menyatukan. Latihan yoga secara teratur mengarah pada keselarasan sempurna antara tubuh dan pikiran, manusia, dan alam. Ini juga termasuk cara menghilangkan stres yang direkomendasikan, lho.

Studi mengatakan bahwa ada beberapa bentuk yoga – yang kalau dilakukan dengan benar, otak akan melepaskan segala macam bahan kimia yang tidak hanya membantumu menjadi rileks, tetapi juga menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Adapun beberapa jenis yoga yang dimaksud, yaitu Vrikshasana, Balasana, Paschimottanasana, Ushtrasana, Setubandhasana dan Padahastasana.


#5 – Stimulasi Titik Tekanan

Bikin Imun Lemah, Ini Deretan Cara Menghilangkan Stres, Terapkan Segera Ya!

Credit Image - sehatq.com

Cara menghilangkan stres terakhir yang bisa kamu terapkan, yaitu melakukan stimulasi titik tekanan. Diketahui, sentuhan merupakan alat komunikasi yang kuat karena merupakan bahasa pertama yang dipelajari seseorang. Sentuhan lembut sekarang dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat hormon stres seperti kortisol dalam tubuh.

Kekuatan sentuhan ini dapat digunakan untuk merangsang energi dalam tubuh dan meningkatkan daya penyembuhan bawaan. Titik yang berpusat di antara alis adalah tempat yang sangat baik untuk meningkatkan keharmonisan dan kedamaian dari dalam.

Demikian pula, titik antara dua tendon di pergelangan tangan bagian dalam, 1 inci – 2,5 cm dari lipatan dalam dan titik di tengah dada, yang sejajar dengan batas bawah rusuk ke-4. Jika diterapkan tekanan kuat selama 2-3 menit, mengurangi kecemasan, melawan stres, dan membuatmu merasa lebih baik.

Ketika mengalami stres, imunitas tubuh memang bisa menurun. Untuk itu, cobalah terapkan sejumlah cara menghilang stres di atas, ya. Jadi, kesehatan tubuh pun bakal terjaga lebih baik lagi.

Yang tak kalah pentingnya, kamu juga disarankan tetap menjalani gaya hidup sehat, salah satunya termasuk rutin mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang berperan untuk meningkatkan, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan nutrisi sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C maupun Enervon Active yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima cara menghilangkan stres yang dapat diterapkan. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!