5 Cara Jaga Kesehatan Ibu, Bikin Semangat Beraktivitas

5 Cara Jaga Kesehatan Ibu, Bikin Semangat Beraktivitas

Padatnya aktivitas ibu, mulai dari bekerja hingga mengurus urusan rumah tangga menjadi salah satu penyebab aspek kesehatan sering diabaikan. Padahal, tanpa kesehatan yang memadai segala kegiatan tidak dapat dilakukan secara maksimal, lho.

Untuk itu, menyambut Hari Ibu, para moms disarankan untuk mulai menjaga kesehatan. Hal ini tidak sulit untuk dilakukan, kok. Kamu hanya memerlukan beberapa langkah sederhana saja – maka kekebalan tubuh pun sudah terjaga dengan baik.

Dengan imunitas yang kuat, pastinya berbagai jenis penyakit enggan menyerang. Dengan demikian, kamu dapat melakukan aktivitas tanpa adanya gangguan. Lantas, apa saja hal yang dapat dilakukan?

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Menerapkan Pola Makan Sehat

5 Cara Jaga Kesehatan Ibu, Bikin Semangat Beraktivitas

Credit Image - halodoc.com

Ibu, pola makan yang sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan, lho. Kalau kamu sudah bisa menjaga kesehatan, pastinya kegiatan bekerja – maupun mengurus anak dan urusan rumah tangga bisa berjalan dengan lebih baik, kan?

Sebaliknya, jika kamu sakit, maka kesehatan anggota keluarga lainnya, apalagi Si Kecil bisa turut terganggu, lho. Untuk itu, pastikan kamu sudah menerapkan pola makan sehat, ya. Ada baiknya konsumsi makanan dengan kandungan gizi yang lengkap dan seimbang, yaitu mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat, sesuai kebutuhan tubuh.

 

#2 – Waktu Istirahat yang Cukup

Berdasarkan usia, manusia memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda-beda. Misalnya, bayi yang baru lahir menghabiskan 14-17 jam untuk tidur, balita memerlukan waktu tidur selama 10-13 jam, dan kebutuhan waktu tidur orang dewasa adalah selama 7-9 jam.

Sayangnya, masih banyak orang mengabaikan pentingnya tidur yang cukup setiap hari. Padahal, durasi dan kualitas tidur sangat memengaruhi kondisi kesehatan. Mulai sekarang, kamu harus memperoleh waktu tidur yang cukup, sehingga kekebalan tubuh mampu dijaga dengan baik.

 

#3 – Perbanyak Minum Air Putih

5 Cara Jaga Kesehatan Ibu, Bikin Semangat Beraktivitas

Credit Image - klikdokter.com

Dalam menerapkan gaya hidup sehat, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Perlu diketahui, sekitar 60 persen dari komposisi tubuhmu merupakan air. Sayangnya, setiap hari cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali kamu bernapas. Inilah alasan mengapa penting untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan sudah terpenuhi.

Untuk memastikan asupan cairan sudah cukup, kamu bisa membawa botol minum sendiri saat bepergian ke mana saja. Selain itu, sediakan pula air minum di meja kerja – atau bahkan di kamar tidur. Memenuhi asupan cairan tidak hanya dapat mencegah dehidrasi saja, namun cara ampuh agar kamu tak mengonsumsi minuman manis.

 

#4 – Menjaga Kebersihan Diri Juga Tak Boleh Dilewatkan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan akan sangat membantu dalam usaha meningkatkan kesehatan ibu, lho. Hal ini bisa dilakukan dengan rajin mandi sehari dua kali, mengganti pakaian setiap hari, serta memastikan ruangan di rumah dalam keadaan bersih.

Selain itu, kamu juga perlu menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan, baik setelah beraktivitas dan sebelum berinteraksi dengan anak.

Mencuci tangan bertujuan untuk membersihkan kotoran dan kuman yang menempel di tangan, sehingga tidak menyebar ke tubuh anak. Kuman bisa dengan mudah menempel di tangan, misalnya ketika kamu menyentuh peralatan masak, peralatan mandi, pakaian kotor, atau ketika sedang membersihkan rumah.

 

#5 – Konsumsi Multivitamin

5 Cara Jaga Kesehatan Ibu, Bikin Semangat Beraktivitas

Credit Image - kabarbesuki.pikiran-rakyat.com

Gaya hidup sehat ibu tidak akan lengkap tanpa adanya pemenuhan kebutuhan vitamin harian, apalagi di masa pandemi. Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, nih.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Pastinya, kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan fungsi otakmu, ya. Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks pada  Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

 

Gimana? Sudah jelas ya ulasan mengenai cara menjaga kesehatan bagi para ibu, terutama selama pandemi. Yuk, moms, terapkan sejumlah tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – kumparan.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!