Sebagian besar orang pasti mengetahui bahwa mengonsumsi liburan akhir tahun.

Tapi jangan khawatir, lho. Demi menyambut tahun baru dengan cara yang lebih sehat, kamu tetap bisa menyediakan hidangan makanan sehat selama perayaan tersebut. Sajian tersebut pun terbilang cukup mudah dibuat, kok.

Penasaran, apa saja sih menu makanan sehat yang bisa dijadikan sebagai kudapan saat perayaan tahun baru? Berikut ini 4 di antaranya. Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Jagung Bakar

Credit Image - loveandlemons.com

Jagung bakar menjadi salah satu hidangan khas saat perayaan tahun baru. Ternyata, jenis makanan yang satu ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang bisa berdampak baik bagi tubuh, lho. Jagung mengandung beragam nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah mineral, serta vitamin yang baik untuk tubuh.

Meski diolah dengan cara apapun, tapi jagung nyatanya memiliki kandungan sejumlah senyawa bioaktif yang disebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jika dibandingkan dengan jenis biji-bijian lainnya, jagung mengandung lebih banyak antioksidan yang baik untuk tubuh. Jadi, jangan lupa sediakan jagung bakar untuk hidangan saat tahun baru.

 

#2 – Makanan Laut

Selanjutnya, kamu bisa menyediakan menu makanan yang satu ini di malam perayaan tahun baru, lho. Ikan dan jenis makanan laut lainnya juga bisa dijadikan hidangan sehat saat menyambut tahun baru. Nah, makanan laut alias seafood memiliki segudang kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa memilih ikan, cumi, udang, kerang, dan lain-lain.

Tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, makanan laut pun mengandung banyak nutrisi. Mengonsumsi makanan laut bisa membantu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap asupan protein, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3.

Meski demikian, cara memasak yang benar dibutuhkan agar manfaat dari makanan laut bisa didapat secara maksimal. Hindari mengolah makanan laut dengan cara digoreng atau dimasak dengan santan, ya!

 

#3 – Sayuran Panggang

Credit Image - fannetasticfood.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau rutin mengonsumsi sayur-sayuran bisa memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Namun, agar tidak bosan, makanan sehat yang satu ini bisa diolah dengan cara yang berbeda dan disajikan sebagai hidangan tahun baru. Caranya adalah dengan dipanggang.

Membuat sayuran panggang bisa menjadi pilihan untuk menghidangkan makanan sehat, kamu juga bisa menambahkan bumbu dan menyantapnya bersama menu BBQ. Nyatanya, sayuran panggang memiliki jumlah kalori yang lebih rendah, tapi kaya akan kandungan nutrisi.

Biar rasanya tetap nikmat, kamu harus memahami betul cara membuat sajian yang satu ini, lho. Sehingga, sayuran pun tetap matang merata, tidak lembek, dan masih renyah ketika disantap.

 

#4 – Salad Buah

Mengonsumsi buah tidak kalah bermanfaat dengan konsumsi sayur-sayuran. Rutin mengonsumsi buah bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, karena memiliki kandungan nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral. Kamu bisa mencoba untuk membuat salad buah sebagai hidangan untuk menyambut tahun baru, nih.

Salad buah merupakan jenis makanan yang terdiri dari berbagai jenis buah segar, bisa juga dicampur dengan sayuran tertentu. Kamu bisa mengisi mangkuk salad buah dengan buah-buahan favorit atau jenis buah tertentu yang memiliki manfaat sehat untuk tubuh.

Nah, seperti yang sudah disebutkan kalau salad buah bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral – termasuk selama perayaan malam tahun baru. Jadi, tubuh pun tidak gampang lemas dan terhindar dari risiko berbagai macam penyakit.

Yang perlu kamu ketahui, selain melalui santapan ini, vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active, lho.

Enervon-C mengandung yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh.

Atau, buat kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, maka direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, sejumlah multivitamin Enervon juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi untuk tubuh, lho. Manfaat yang satu ini, sudah pasti karena kandungan vitamin B kompleks di dalamnya ya.

 

Jadi, itulah keempat menu sehat yang bisa kamu sajikan di malam perayaan tahun baru. Tertarik mencobanya?

 

 

Featured Image – firstclasse.com.my