7 Minuman Penambah Imun Tubuh, Tetap Sehat di Tengah Ancaman Omicron!

7 Minuman Penambah Imun Tubuh, Tetap Sehat di Tengah Ancaman Omicron!

Di masa pandemi Covid-19, menjaga sistem kekebalan tetap kuat menjadi kunci utamanya. Dengan imunitas yang prima, maka risiko terkena berbagai macam penyakit bakal lebih rendah, termasuk kemungkinan terinfeksi virus corona.

Menjaga kekebalan bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, lho. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi minuman penambah imun tubuh – yang biasanya dibuat dari buah-buahan maupun sayuran.

Tapi biar maksimal, kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat lainnya, ya, misalnya rutin berolahraga, tidur yang cukup, menghindari stres, dan menjaga pola makan yang punya kontribusi terhadap penguatan daya tahan tubuh.

Nah, berkaitan dengan minuman penambah imun tubuh, berikut ini 7 resepnya yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Jus Jeruk, Jeruk Bali, dan Buah Sitrus Lainnya

7 Minuman Penambah Imun Tubuh, Tetap Sehat di Tengah Ancaman Omicron!

Credit Image - healthline.com

Buah sitrus, seperti jeruk memang menjadi salah satu sumber vitamin C terbaik. Jenis buah-buahan ini juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari ancaman kerusakan radikal bebas.

Kombinasi buah-buahan ini dapat menghasilkan kandungan nutrisi yang beragam. Jeruk memberikan kandungan potasium, vitamin A, vitamin B-6, vitamin B-9, dan zinc. Jeruk Bali memberikan kandungan vitamin A, serta seluruh buah sitrus yang kaya akan vitamin C.

Mengutip Healthline, kekurangan vitamin C dapat menghambat penyembuhan luka serta mengurangi kemampuan sistem imun untuk mencegah infeksi. Jadi, kamu bisa mencoba minuman penambah imun tubuh ini agar tak mudah sakit, ya!

 

#2 – Kombinasi Apel Hijau, Wortel, dan Jeruk

Minuman penambah imun tubuh berikutnya yang bisa dicoba, yaitu kombinasi apel hijau, wortel, dan jeruk. Ketiganya merupakan percampuran yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh, serta membantu melawan infeksi, lho.

Apel dan jeruk merupakan dua buah yang kaya akan vitamin C, sementara itu vitamin A bisa kamu peroleh dari wortel. Vitamin A juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan berperan sebagai sumber antioksidan.

Selain itu, wortel pun mengandung vitamin B6 yang dapat membantu produksi antibodi.

 

#3 – Jus Kale dan Tomat

7 Minuman Penambah Imun Tubuh, Tetap Sehat di Tengah Ancaman Omicron!

Credit Image - simplegreensmoothies.com

Minuman penambah imun tubuh ini mungkin terdengar aneh, ya? Namun ternyata, percampuran kale dan tomat sangat baik untuk kekebalan. Kale biasanya digunakan untuk membuat jus berbahan dasar sayur. Biar rasanya makin nikmat, kamu pun direkomendasikan mengkombinasikannya dengan tomat, nih.

Tomat dapat memberikan kamu nutrisi seperti magnesium, potasium, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K. Nah, nantinya sejumlah nutrisi tersebut akan dilengkapi oleh kale yang memberikan mangan. Tertarik mencobanya?

 

#4 – Jus Stroberi, Kiwi, dan Susu Skim

Jus stroberi dan kiwi memang menjadi alternatif tepat – dan juga pastinya punya rasa nikmat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk menguatkan sistem kekebalan. Keduanya pun merupakan sumber vitamin C terbaik, lho.

Untuk membuatnya, kamu bisa mencampurkan kedua buah tersebut dengan susu skim yang kemudian diolah menjadi smoothie. Susu skim sendiri kaya akan protein dan vitamin D – yang juga bisa meningkatkan sistem kekebalan.

Selain itu, kamu bisa menambahkan greek yogurt yang kaya akan probiotik untuk membantu sel tubuh menghalau patogen berbahaya, seperti kuman, bakteri, dan virus.

 

#5 – Jus Buah Bit dan Jahe

7 Minuman Penambah Imun Tubuh, Tetap Sehat di Tengah Ancaman Omicron!

Credit Image - allnutribulletrecipes.com

Ramuan minuman penambah imun tubuh yang satu ini juga tak kalah baik dibanding lainnya, lho. Bit menjadi salah satu buah dengan segudang khasiat baik, seperti menguatkan daya tahan tubuhmu. Agar lebih maksimal, maka kamu bisa mencampurnya dengan jahe.

Jahe memiliki sifat anti-infalamasi yang merupakan pilihan tepat sebagai immunune booster. Dilansir dari Eating Well, kombinasi keduanya dapat mengurangi peradangan – ini merupakan respons imun tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri.

 

#6 – Smoothie Sitrus dan Beri

Buatmu yang menyukai olahaan smoothie, lantas, bisa mencoba minuman penambah imun tubuh yang ini, ya. Memiliki rasa yang nikmat dan segar, percampuran buah sitrus dan beri merupakan kombinasi tepat untuk mempertahankan kekebalan.

Selain itu, sitrus dan beri bisa menjadi sumber karbohidrat sehat sekaligus antioksidan yang kuat, nih. Nantinya, kandungan antioksidan tersebut bakal membantu menangkal paparan radikal bebas berbahaya – yang juga bisa menyebabkan berbagai penyakit.

 

#7 – Air Jahe, Kunyit, dan Cuka Apel

7 Minuman Penambah Imun Tubuh, Tetap Sehat di Tengah Ancaman Omicron!

Credit Image - thepostreader.com

Dilansir dari Times of India, minuman penambah imun tubuh ini sarat dengan bahan-bahan yang memiliki manfaat kesehatan dengan sifat anti-inflamasi, serta anti-bakteri di dalamnya, lho.

Misalnya, cuka apel yang dapat menghalang pertumbuhan patogen jahat dalam tubuh – dan juga mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Nantinya, bakteri baik tersebut berperan dalam pembentukan sel-sel kekebalan tubuh.

Kemudian, kunyit dan jahe memiliki antioksidan, anti-inflamasi, dan antiseptik. Dan, jahe pun berperan dalam meningkatkan jumlah sel darah putih untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sungguh kaya akan manfaat, ya?

Rutin mengonsumsi minuman penambah imun tubuh di atas memang baik buat kesehatan tubuh, lho. Tapi, biar manfaatnya semakin maksimal, maka kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti  Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Dengan mengonsumsi Enervon-C maupun Enervon Active, ini menjadi cara menjaga kekebalan tubuh yang tidak kalah pentingnya. Setuju, kan?

 

Jadi, itulah deretan minuman penambah imun tubuh yang dapat mulai kamu konsumsi sekarang juga. Selamat mencoba, Enervoners!
 


Featured Image – aicr.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!