5 Cara Mengatasi Flu, Alami dan Mudah Dilakukan, Lho!

5 Cara Mengatasi Flu, Alami dan Mudah Dilakukan, Lho!

font size A Ǎ

Penyakit flu merupakan salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami. Ketika flu, kamu menjadi lebih susah bernapas, tenggorokan gatal, hidung meler, bersin-bersin, dan mata yang terus berair. Tak perlu khawatir, flu bukanlah penyakit yang berbahaya – tetapi tetap harus ditangani secepat mungkin.

Ada berbagai cara mengatasi flu yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Umumnya, flu bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi kalau gejala sudah mengganggu, maka tidak ada salahnya untuk segera melakukan berbagai tindakan tepat, lho.

Lantas, apa saja cara mengatasi flu yang bisa diterapkan tersebut? Berikut ini 5 di antaranya – dan tentunya tidak harus langsung minum obat, kok!

 

 

#1 – Madu

5 Cara Mengatasi Flu, Alami dan Mudah Dilakukan, Lho!

Credit Image - healthline.com

Cara mengatasi flu pertama, yaitu mengonsumsi madu. Ini termasuk obat flu alami yang telah dikenal sejak lama. Sifat antimikroba alami dari madu dapat membantu tubuh melawan kuman penyakit, termasuk bakteri dan virus penyebab flu. Madu juga membantu meredakan gejala penyerta flu, seperti pilek dan batuk.

Untuk meredakan flu dengan konsumsi madu, larutkan 2 sendok madu dalam segelas air hangat untuk diminum setiap pagi dan malam hari. Tentu saja, cara mengatasi flu yang satu ini mudah untuk diterapkan, ya?

Nah, ada satu hal penting yang wajib kamu ketahui, nih. Madu tidak boleh diberikan pada bayi yang usianya kurang dari 1 tahun. Memberikan madu pada bayi justru meningkatkan risiko mereka terkena infeksi botulisme. Jadi, hindari menggunakan madu sebagai obat flu alami untuk anak-anak, ya!

 

#2 – Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan memang sudah tak diragukan lagi. Sebagai obat flu tradisional, jahe membantu melemaskan otot saluran pernapasan untuk melegakan hidung serta menguatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, jahe juga mengurangi rasa mual dan menghangatkan tubuh yang sedang tidak enak badan akibat kena flu. Atau, kamu juga dapat menggabungkan jahe dengan kunyit. Kombinasi kunyit dan jahe ternyata dapat memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai penyakit, termasuk flu.

Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang diterbitkan pada Emerging Infectious Diseases bahwa kunyit dapat menurunkan 90 persen kemampuan virus influenza berduplikasi pada sel yang terinfeksi.

 

#3 – Konsumsi Banyak Air Putih

5 Cara Mengatasi Flu, Alami dan Mudah Dilakukan, Lho!

Credit Image - hashtagrecharge.com

Cara mengatasi flu berikutnya adalah dengan rutin konsumsi air putih. Ini merupakan obat flu alami yang manjur – dan masih sering dianjurkan oleh petugas kesehatan. Ya, cobalah minum segelas air putih hangat setiap malam sebelum tidur dan di pagi hari setelah bangun.

Air putih hangat dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran hidung, mencegah dehidrasi, serta meredakan peradangan di jaringan hidung dan tenggorokan. Selain itu, memperbanyak minum membantu menjaga selaput lendir di sepanjang saluran napas tetap lembap.

Dengan begitu, iritan atau kotoran tidak mudah mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan timbulnya gejala batuk.

 

#4 – Mandi dengan Air Hangat

Sama halnya dengan meminum cairan hangat, mandi air hangat juga dapat memberikan efek yang melegakan di saluran napas. Jadi, ini menjadi salah satu cara mengatasi flu yang dapat kamu terapkan di rumah.

Uap hangat yang terhirup bisa membantu melarutkan lendir hasil sekresi berlebih di sepanjang saluran napas yang disebabkan oleh infeksi virus. Dengan begitu, gejala-gejala flu akan semakin berkurang. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu mengurangi hidung iritasi akibat pilek pada flu.

Akan tetapi, jangan mandi atau berendam dengan air hangat terlalu lama karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering sehingga mudah teriritasi, ya.

Dan, kalau kamu tengah mengalami demam tinggi hingga mencapai suhu lebih dari 37,5 derajat Celsius, sebaiknya jangan langsung membasuhkan air hangat pada tubuh. Gunakalah lap yang direndam dalam air hangat untuk membersihkan setiap bagian tubuhmu.

 

#5 – Konsumsi Vitamin C

5 Cara Mengatasi Flu, Alami dan Mudah Dilakukan, Lho!

Credit Image - womansworld.com

Sejatinya, ketika sudah terpapar flu – maupun pilek, sebenarnya kondisi tersebut tidak bisa diatasi dengan mengonsumsi vitamin C saja, melainkan juga perlu dibarengi dengan cara mengatasi flu lainnya, seperti banyak beristirahat, meminum banyak air putih, sampai menjalani hidup sehat lainnya.

Meski demikian, untuk mencegah, hingga mengatasi gejala ringan flu, hal ini dapat dibantu dengan mengonsumsi vitamin C – yang bisa kamu peroleh dari sejumlah sayur dan buah-buahan, serta rutin meminum suplemen multivitamin dengan kandungan tersebut.

Beberapa studi juga pernah menyatakan bahwa mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat membuat para responden penelitian tersebut lebih jarang terkena flu maupun pilek. Dalam hal ini, konsumsi vitamin C berperan besar dalam menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit, termasuk virus penyebab flu.

Sayangnya, saat ini masih jarang masyarakat yang memenuhi kebutuhan vitamin C hariannya. Tentu saja hal tersebut akan memengaruhi kondisi kesehatan tubuh, serta fungsi tubuh pun tidak bisa berjalan secara optimal.

Asupan vitamin C bisa kamu peroleh dari berbagai jenis makanan, seperti buah dan sayur. Tapi biar makin optimal, direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti  Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Itulah kelima cara mengatasi flu yang mudah dilakukan. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – blogs.insanmedika.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!