Yuk, Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Tingkatkan Produktivitasmu!

Yuk, Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Tingkatkan Produktivitasmu!

Menjadi produktif dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam urusan pekerjaan maupun di rumah memang menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Pasalnya, tak sedikit individu yang sering merasa malas – dan akhirnya hanya menghabiskan waktu untuk berleha-leha saja.

Meski demikian, guna menjaga tingkat produktivitas yang baik, maka kamu juga memerlukan bahan bakar untuk melancarkan sistem kerja tubuh. Dalam hal ini, baiknya rutin mengonsumsi makanan untuk meningkatkan fokus, memori, serta bisa menjaga suasana hati.

Lantas, apa saja makanan yang bisa memberikan sejumlah manfaat tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya!

 

 

1. Bluberi

Yuk, Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Tingkatkan Produktivitasmu!

Credit Image - bola.net

Buah beri yang satu ini kaya akan antioksidan dan khasiatnya lebih dari melawan penyakit, mengatasi perut kembung, dan menekan rasa nafsu makan. Bluberi juga dikaitkan dengan peningkatan kemampuan kognitif.

Tim peneliti dari University of Reading, Inggris, mengamati memori dan rentang perhatian anak sekolah setelah konsumsi suplemen bluberi yang kaya akan flavonoid. Hasilnya, konsumsi buah tersebut membuat anak-anak menunjukkan peningkatan kognitif yang signifikan, terutama saat diminta untuk menyelesaikan tugas. Temuan ini dilaporkan dalam European Journal of Nutrition tahun 2019.

Jadi, dengan rutin mengonsumsi buah yang satu ini, dijamin tingkat produktivitas pun bakal terus meningkat!

 

2. Stroberi

Stroberi dikatakan merupakan camilan yang baik bila kamu butuh fokus. Ini karena stroberi mengandung fisetin, jenis flavonoid yang mendukung jalur sinyal di otak untuk membantu fungsi memori, begitu yang disampaikan dalam jurnal Advances in Experimental Medicine and Biology tahun 2016.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi dua atau lebih porsi buah stroberi dalam seminggu membuat tubuh mendapatkan memori jangka panjang yang lebih baik.

Selain itu, penelitian dalam Journals of Gerontology Series A tahun 2017 menemukan bahwa pada tikus, fisetin terbukti tidak hanya meningkatkan memori, tetapi juga melindungi dan meningkatkan kelangsungan hidup neuron yang dikultur. Ini mengaktifkan pembelajaran, penyimpanan memori, dan pemrosesan informasi.

 

3. Alpukat

Yuk, Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Tingkatkan Produktivitasmu!

Credit Image - thejakartapost.com

Para peneliti di Kansas State University, Amerika Serikat (AS), menemukan manfaat lebih dari alpukat. Diterbitkan di jurnal Federation of American Societies for Experimental Biology, tim peneliti menemukan bahwa konsumsi asam lemak tak jenuh tunggal seperti yang ada dalam alpukat, dapat membantu melindungi sel-sel otak yang disebut astrosit.

Kemudian, sel-sel otak tersebut akan menawarkan dukungan untuk informasi yang membawa saraf, yang berarti mereka berkontribusi pada aliran darah yang sehat. Nah, kalau sudah begini, pastinya kamu bakal tetap fokus – dan makin produktif dalam melakukan aktivitas harian, ya?

 

4. Terong Ungu

Terong adalah salah satu sayuran yang banyak diolah di Indonesia. Nah, kalau kamu berniat untuk memasaknya, pastikan tidak mengupas bagian kulitnya. Mengapa demikian? Faktanya, kulit terong adalah sumber nutrisi terbaik dari sayuran ini, lho.

Ada senyawa nasunin yang ada di kulit terong ungu dan ini diketahui dapat memperkuat komunikasi antarsel otak, menurut laporan dalam Research Communications in Molecular Pathology and Pharmacology tahun 1998. Ini merupakan fungsi otak penting yang dapat membuat kita tetap fokus apa pun dan siap menghadapi tantangan.

 

5. Ikan Tuna

Yuk, Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Tingkatkan Produktivitasmu!

Credit Image - simplyrecipes.com

Satu porsi tuna mengandung 69 persen dari dosis harian vitamin B6, yang menurut sejumlah penelitian terkait dengan motivasi. Itu karena kekurangan B6 menyebabkan perasaan depresi, yang mana ini dapat menyulitkan kita untuk produktif.

Selain itu, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, AS, tim peneliti menggunakan vitamin esensial untuk mencegah dan menangani attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD). Gangguan ini diketahui meningkatkan level kurangnya perhatian, hiperaktif, dan impulsif—semua sifat yang diperlukan untuk memiliki hari yang produktif.

 

6. Kuaci

Kurang tidur dapat menyebabkan hari yang kurang produktif, bahkan bisa bikin hari kita jadi buruk. Namun, dilansir Eat This Not That!, menjadikan biji bunga matahari atau kuaci sebagai camilan kamu dapat melawan rasa kantuk dan iritabilitas atau lekas marah karena kandungan asam amino triptofan.

Asam amino ini dapat cepat diubah menjadi serotonin di otak, yang mana ini sangat baik mengingat serotonin adalah neurotransmiter yang berperan penting dalam regulasi perasaan bahagia dan tingkat energi.

 

7. Makanan Kaya akan Vitamin B Kompleks Lainnya

Yuk, Konsumsi 7 Makanan Ini Untuk Tingkatkan Produktivitasmu!

Credit Image - coastiesmag.com.au

Perlu diketahui, vitamin B berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan energi yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah selama menjalani aktivitas – dan produktivitas pun terus terjaga.

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran hijau. Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C atau Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan Vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan sejumlah produk Enervon, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Selain itu, multivitamin Enervon juga bisa didapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah ketujuh jenis makanan yang dapat menjaga produktivitas harianmu. Lantas, apakah kamu sudah rutin mengonsumsi asupan di atas?

 

 

Featured Image – jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!