Deretan Makanan yang Berperan Sebagai Imun Booster, Nikmat dan Sehat!

Deretan Makanan yang Berperan Sebagai Imun Booster, Nikmat dan Sehat!

Sejak pandemi berlangsung masyarakat dianjurkan untuk terus menjaga kesehatan diri dan orang di sekitar. Apalagi, dengan ditemukannya berbagai varian Covid-19, termasuk Omicron maka menjaga imunitas menjadi prioritas utama.

Kalau kekebalan sudah kuat, dijamin berbagai macam penyakit, termasuk virus corona pun enggan menghampiri. Nah, menjaga imunitas bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, lho, termasuk mengonsumsi berbagai makanan – yang berperan sebagai imun booster

Mengonsumsi beberapa makanan tertentu bisa menjadi imun booster terbaik, sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko penyakit. Lantas, apa saja jenis makanan tersebut? Berikut ini 6 di antaranya.

Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Jeruk

Deretan Makanan yang Berperan Sebagai Imun Booster, Nikmat dan Sehat!

Credit Image - independent.co.uk

Makanan pertama yang bisa kamu konsumsi sebagai imun booster berasal dari buah-buahan berupa jeruk. Buah berwarna kuning atau oranye ini memang sudah lama dikenal sebagai buah yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal ini karena jeruk kaya dengan kandungan vitamin C – jenis vitamin ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Dengan beragam jenis buah jeruk yang ada, kamu bisa mendapatkan imun booster dari buah jeruk, jeruk bali, jeruk lemon, atau jeruk nipis.

Bisa dikatakan, jeruk merupakan salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu, ya!

 

#2 – Pepaya

Selanjutnya, ada pula pepaya yang bisa dijadikan sebagai makanan imun booster yang tepat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini termasuk buah lainnya yang sarat akan kandungan vitamin C, lho. Apakah kamu sudah mengetahuinya?

Bahkan, pepaya pun memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan jeruk, nih. Menurut International Journal of Herbal Medicine, buah pepaya merupakan sumber yang kaya nutrisi seperti provitamin A, karotenoid, vitamin C, vitamin B, likopen, mineral makanan dan serat makanan.

Selain itu, pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Dengan demikian, buah pepaya matang dapat berperan sebagai pencahar yang menjamin buang air besar secara teratur.

Pepaya memiliki jumlah potasium, magnesium, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan.

 

#3 – Kiwi

Deretan Makanan yang Berperan Sebagai Imun Booster, Nikmat dan Sehat!

Credit Image - kompas.com

Masih dalam kategori buah-buahan yang berperan sebagai imun booster, kamu juga disarankan untuk rutin mengonsumsi kiwi. Nah, buah yang satu ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, karena kiwi kaya akan kandungan nutrisi penting, seperti folat, potasium, vitamin C, dan vitamin K.

Vitamin C sebagai antioksidan dapat meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi. Kiwi juga mengandung antioksidan lainnya, seperti beta karoten, klorofil a dan b dan beberapa senyawa flavonoid.

Mengutip jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan, buah kiwi mengandung banyak fitonutrien serta vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Lalu, ada juga penelitian lainnya yang dilakukan terhadap antioksidan di dalam kiwi. Ditemukan bahwa buah ini memiliki kemampuan untuk melindungi DNA di dalam inti sel manusia dari kerusakan akibat radikal bebas – yang berperan menghambat penuaan dini, beberapa jenis penyakit degeneratif, mencegah kanker dan kardiovaskular.

Dan, kandungan antioksidan di dalam kiwi juga mampu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, stroke, tekanan darah tinggi, gagal ginjal, hingga membantu mencegah diabetes, katarak, dan glukoma.

 

#4 – Bayam

Kini, saatnya beralih ke berbagai jenis sayuran yang berperan sebagai imun booster, ya. Kali ini, kamu dianjurkan mengonsumsi sayur bayam – yang juga bisa ditambahkan ke dalam menu harian agar sistem kekebalan tetap terjaga.

Bayam kaya akan vitamin C dan juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh. Namun, perlukamu ketahui bahwa bayam paling sehat jika dimasak dengan waktu yang sesingkat mungkin agar nutrisinya tetap terjaga.

 

#5 – Brokoli

Deretan Makanan yang Berperan Sebagai Imun Booster, Nikmat dan Sehat!

Credit Image - thespruceeats.com

Sayuran lain yang juga dapat meningkatkan sistem imun adalah brokoli yang juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting. Brokoli kaya dengan vitamin A, C, dan E, serat dan banyak antioksidan lainnya. Pada intinya, brokoli adalah salah satu sayuran paling sehat yang bisa kamu sajikan, lho.

Sama halnya dengan bayam, masaklah dalam waktu yang tak terlalu lama untuk menjaga nutrisinya tetap utuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengukus adalah cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak nutrisi dalam makanan.

 

#6 – Cokelat Hitam

Sebagian darimu mungkin sudah pernah mendengar bahwa cokelat hitam baik untuk kesehatan tubuh, sekaligus beperan sebagai imun booster. Tak hanya itu, jenis makanan ini juga bisa menjaga suasana hati tetap baik, lho.

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang disebut theobromine, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas – ini merupakan molekul yang diproduksi tubuh ketika memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan penyakit.

Meski baik untuk kekebalan tubuh, perlu diketahui bahwa cokelat hitam memiliki kalori dan lemak jenuh yang cukup tinggi, jadi penting bagimu agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Rutin mengonsumsi berbagai jenis makanan yang termasuk sebagai imun booster memang penting untuk menjaga kekebalan tubuh, ya. Tapi, biar semakin maksimal, maka kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti  Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Jadi, itulah keenam jenis makanan yang termasuk dalam kelompok imun booster. Sudahkah kamu rutin mengonsumsi sejumlah makanan di atas?

 

 

Featured Image – fimela.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!