Perut Terasa Begah? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya!

Perut Terasa Begah? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya!

font size A Ǎ

Perut yang terasa begah mungkin masalah yang sering dijumpai banyak orang. Apakah kamu termasuk yang pernah mengalaminya? Kondisi ini kerap dikaitkan dengan makanan yang terlalu kekenyangan. Tapi jangan salah, perut terasa begah pun bisa disebabkan oleh faktor lainnya, lho.

Penyebab perut terasa begah ada berbagai hal – bahkan, tak sedikit yang tampak sepele. Namun, sebagian lainnya ada yang mungkin diperiksakan ke dokter. Nah, penyebab yang lebih serius tersebut wajib kamu perhatikan.

Berikut ini 7 penyebab perut terasa begah lainnya, selain makan terlalu banyak. Apa saja? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Menelan Gas dan Udara Terlalu Banyak

Perut Terasa Begah? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya!

Credit Image - health.detik.com

Selain karena makan kekenyangan, perut terasa begah juga bisa disebabkan karena cara makan. Misalnya, makan terlalu cepat, makan terburu-buru, dan makan sambil ngobrol bisa membuatmu sekaligus menelan banyak udara.

Makan buru-buru akan membuat makanan tidak terkunyah dengan baik. Akibatnya, organ pencernaan tidak akan berfungsi optimal untuk memproses makanan. Alhasil, perut pun terasa lebih penuh, kembung, dan padat setelah makan meski belum begitu kenyang.

Selain itu, hobi makan permen karet juga secara tidak langsung membuat kamu menelan udara terlalu banyak. Sebab, cairan asam lambung yang tadinya diproduksi untuk memecah makanan malah akan memenuhi perut dan menimbulkan perasaan kembung.

 

#2 – Terlalu Banyak Minum Soda

Sama halnya dengan hobi minum minuman bersoda – atau disebut juga sebagai berkarbonasi. Gas dari minuman dapat terperangkap di dalam pencernaan dan menyebabkan perut terasa begah. Tentu saja, penyebab perut terasa begah ini sering dialami.

Tidak jarang juga tumpukan gas di perut ini akan membuat kamu sering sendawa setelah minum soda, terlebih jika minum soda pakai sedotan. Sebab saat minum pakai sedotan, secara tidak langsung kamu menyedot udara berlebih ke dalam perut. Alhasil perut jadi kembung dan terasa penuh.

 

#3 – Konsumsi Makanan Berlemak yang Berlebihan

Perut Terasa Begah? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya!

Credit Image - klikdokter.com

Makan makanan berlemak terlalu banyak dapat menjadi penyebab perut terasa begah. Pasalnya, lemak adalah zat yang sulit dan lambat dicerna oleh tubuh. Jadi, perhatikan faktor yang satu ini, ya. Karena, masih banyak yang menyepelekannya, lho.

Makanan berlemak juga termasuk tinggi kalori, yang membuat perut cepat penuh – lantas, kemudian kamu merasa kekenyangan seperti begah. Jika dibiarkan perut bakal terus-menerus terasa kurang nyaman.

 

#4 – Ada Penyakit Pencernaan

Beberapa masalah pencernaan dapat menyebabkan perut terasa begah dan kembung. Contohnya adalah irritable bowel syndrome – atau peradangan usus besar, penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, hingga sembelit sampai gastoparesis.

Sejumlah gangguan pencernaan di atas menyebabkan usus meradang, sehingga bekerja lambat untuk mengolah sisa makanan menjadi feses dan memindahkannya ke rektum. Selama perpindahan ini, sisa makanan yang mengeras dan mengendap terlalu lama dalam pencernaan menghasilkan gas yang menjadi penyebab perut terasa begah.

 

#5 – Pertumbuhan Bakeri Berlebih Dalam Usus

Perut Terasa Begah? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya!

Credit Image - tirto.id

Dalam dunia medis, pertumbuhan bakteri berlebih dalam usus dikenal sebagai SIBO (small intestinal bacterial overgrowth). Bakteri yang dimaksud di sini adalah bakteri baik yang berguna untuk mencerna makanan. Maka dari itu, kondisi SIBO belum tentu menandakan penyakit infeksi.

Namun ketika bakteri dalam usus kecil berkembang biak berlebihan, ini tetap dapat berisiko memicu masalah pencernaan tertentu. SIBO bisa menjadi penyebab perut terasa penuh, kembung, dan begah tiba-tiba, dan diare. Pertumbuhan bakteri berlebih juga dapat membuat nutrisi dari makanan lainnya sulit diserap oleh tubuh.

 

#6 – Kelebihan Cairan

Penyebab perut terasa begah lainnya, yaitu kelebihan cairan di dalam tubuh. Misalnya, ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan asin – maka, asupan garam berlebih bakal mengikat cadangan air di dalam tubuh.

Selain itu, akan terlalu banyak garam juga dapat mengganggu kerja hormon yang semestinya mengendalikan kadar cairan tubuh.

Ketika jaringan dalam tubuh menahan terlalu banyak air, tidak jarang hal ini dapat menjadi penyebab perut terasa kembung dan begah. Dalam dunia medis, kondisi kelebihan cairan dalam tubuh disebut retensi.

Nantinya, retensi cairan kronis dapat mengarah pada kondisi yang lebih berbahaya, seperti diabetes maupun gagal ginjal.

 

#7 – Intoleransi Makanan

Perut Terasa Begah? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya!

Credit Image - emedicinehealth.com

Seseorang yang memiliki intoleransi terhadap makanan tertentu dapat menyebabkan perut terasa begah dan kembung beberapa jam setelah mengonsumsi pemicunya. Jenis intoleransi makanan yang paling umum adalah intoleransi laktosa, intoleransi karbohidrat, dan intoleransi gluten.

Tubuh dari orang yang memiliki intoleransi umumnya kekurangan enzim tertentu yang seharusnya bekerja untuk mencerna gula dari makanan. Ketika zat yang menjadi intoleran menumpuk dalam tubuh, salah satu gejala yang bisa muncul adalah perut begah.

Ketika usus tidak dapat mencerna makanan tersebut, bakterilah yang akan mengurainya dan kemudian melepaskan gas buangan. Gas tersebut alhasil menyebabkan perut terasa kembung.

Menghindari sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan perut terasa begah memang penting – pasalnya, hal ini juga akan membantu menjaga kesehatan tubuh. Biar kondisi tubuh bisa terjaga secara maksimal, kamu juga dianjurkan rutin mengonsumsi multivitamin lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat.

 

Jadi, itulah ketujuh penyebab perut terasa begah yang kerap kali dialami banyak orang. Apakah kamu juga pernah merasakan salah satu hal di atas?

 

 

Featured Image – bidanku.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!