Konsumsi Vitamin C Sebelum Olahraga Punya Manfaat Baik, Lho, Apa Saja?

Konsumsi Vitamin C Sebelum Olahraga Punya Manfaat Baik, Lho, Apa Saja?

Rajin bergerak atau rutin melakukan aktivitas fisik memang disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ini juga termasuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Olahraga bisa dikatakan cukup – dan bisa disebut sebagai aktivitas fisik jika kamu berhasil mencapai target, yaitu 150 menit dalam waktu 5 sampai 7 hari. Kamu bisa membagi durasi olahraga tersebut, misalnya 30 menit di setiap harinya.

Nah, tak hanya soal durasi berolahraga, namun agar maksimal kamu juga perlu mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu optimalkan aktivitas fisikmu, lho. Tapi, apa korelasi antara rutin minum vitamin C dengan olahraga?

Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Vitamin C Dapat Bantu Maksimalkan Olahraga

Konsumsi Vitamin C Sebelum Olahraga Punya Manfaat Baik, Lho, Apa Saja?

Credit Image - review.bukalapak.com

Perlu diketahui, olahraga berat apalagi yang dilakukan dalam waktu lama dapat memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras, membuat otot-otot berkontraksi, hingga jantung yang bergedup lebih kencang, serta muncul keringat sebagai fungsi pendinginan.

Olahraga yang terlalu berat akan menyebabkan tubuh memproduksi banyak radikal bebas, sehingga mempercepat kerusakan sel. Jika kamu berolahraga di luar rumah yang secara tak sadar banyak polutan di sekitar.

Dengan mengonsumsi vitamin C, radikal bebas yang diproduksi akan ditangkal lewat efek antioksidan yang dihasilkan dari vitamin tersebut. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam mempercepat pemulihan jaringan ikat, seperti otot, tulang, dan sendi – dengan membentuk kolagen yang merupakan pembentuk utama dari jaringan ikat tersebut.

Menurut Journal of the American College of Nutrition tahun 2005, seseorang dengan kadar vitamin C yang cukup di dalam tubuh,dengan disertai olahraga dapat membakar lemak 30% lebih banyak dibanding dengan seseorang yang kadar vitamin C nya kurang di dalam tubuh.

Jika kamu kekurangan asupan vitamin C, tidak hanya berdampak pada fungsi tubuh menurun, namun tubuh menjadi kurang bertenaga ketika berolahraga – dan proses pemulihan pasca beraktivitas fisik pun turut melambat.

 

Vitamin C Juga Berfungsi Tingkatkan Energi Tubuh

Konsumsi Vitamin C Sebelum Olahraga Punya Manfaat Baik, Lho, Apa Saja?

Credit Image - deherba.com

Kamu pasti sudah tahu bahwa fungsi utama vitamin C, yaitu untuk meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh. Meski demikian, hal tersebut bukanlah satu-satunya peran baik dari vitamin C. Masih ada yang lainnya – termasuk untuk meningkatkan energi.

Fungsi vitamin C – juga berperan dalam menjaga metabolisme agar berjalan dengan baik. Seperti yang diketahui, metabolisme merupakan proses pembentukan energi untuk tubuh manusia. Ketika kamu rutin mengonsumsi vitamin C – maka imunitas akan terpelihara secara optimal. Dengan begitu, metabolisme pun turut meningkat.

Selain itu, fungsi vitamin C juga baik untuk menyembuhkan luka, menjaga aliran darah tetap lancar, serta memelihara kesehatan tulang dan gigi. Deretan hal tersebut, tentu memengaruhi imunitas dan metabolisme tubuh.

Vitamin C – juga dapat bantu penyerapan zinc yang juga berperan untuk meningkatkan energi tubuh. Zinc dapat bantu memproduksi hemoglobin, agar bisa diedarkan ke seluruh tubuh. Ini dapat bantu kamu tetap merasa bertenaga.

Untuk memperoleh manfaat vitamin C ini, kamu bisa mengonsumsi vitamin ini sebelum mulai berolahraga, idealnya 30 menit sebelum mulai melakukan aktivitas tersebut. Atau, 2 jam sesudah makan sehingga asupan makanannya sudah dicerna dahulu.

Namun, kalau kamu punya pencernaan sensitif, maka bisa dikonsumsi bersama dengan makanan – disarankan diminum bersama makanan tinggi zinc agar penyerapannya semakin optimal.

 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Konsumsi Vitamin C Sebelum Olahraga Punya Manfaat Baik, Lho, Apa Saja?

Credit Image - eatthis.com

Sejatinya – vitamin C bisa kamu temukan di berbagai sumber makanan, seperti buah dan sayuran. Buah yang mengandung vitamin C, yaitu jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Sedangkan, vitamin C dalam sayuran bisa ditemui pada bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Namun sayangnya, dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan di atas, belum tentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, lho! Lalu, apa yang bisa dilakukan? Tenang, kamu bisa minum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat.

 

Itulah manfaat vitamin C yang dapat memaksimalkan kegiatan olahraga, termasuk membantu meningkatkan energi tubuh. Sudahkah kamu rutin memperoleh asupan vitamin ini?

 

 

Featured Image – self.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!