Pasien Omicron di Indonesia Kebanyakan OTG, Ini Artinya Vaksin Terbukti Manjur?

Pasien Omicron di Indonesia Kebanyakan OTG, Ini Artinya Vaksin Terbukti Manjur?

font size A Ǎ

Diketahui, varian terbaru virus corona Covid-19, Omicron sudah terdeteksi di Indonesia. Angka kasus positif varian tersebut pun masih terus meningkat. Meski demikian, sebagian besar pasien yang terjangkit Omicron hanya mengalami gejala ringan saja.

Bahkan, dilansir dari Detik, Kementerian Kesehatan melaporkan mayoritas Covid-19 varian Omicron pun tidak mengalami gejala sama sekali – alias Orang Tanpa Gejala. Diklaim, hal tersebut terjadi karena pasien sudah menerima vaksin dosis lengkap.

 

 

Pasien Omicron di Indonesia Termasuk OTG

Pasien Omicron di Indonesia Kebanyakan OTG, Ini Artinya Vaksin Terbukti Manjur?

Credit Image - localprofile.com

Mayoritas pasien Omicron di Indonesia sudah menerima vaksin Covid-19 secara lengkap. Seiring bertambahnya masyarakat yang sudah vaksin, diketahui pasien Omicron banyak yang tak mengalami gejala sama sekali, atau hanya bergejala ringan. Selain itu, sebagian besar pasien merupakan pelaku perjalanan luar negeri.

Kondisi tersebut diyakini karena efektivitas vaksin untuk mencegah gejala berat – dan risiko kematian karena infeksi varian Omicron. Konsisten dengan temuan di berbagai negara yang artinya bisa kita sampaikan vaksin yang diberikan memberikan efek perlindungan terhadap gejala sakit berat dan kematian.

 

Manfaat Memperoleh Vaksin Covid-19

Pasien Omicron di Indonesia Kebanyakan OTG, Ini Artinya Vaksin Terbukti Manjur?

Credit Image - npr.org

Mendapat vaksin virus corona bisa memberikan berbagai manfaat baik, berikut ini di antaranya:

1. Bantu kurangi risiko berat

Dalam dokumen Frequently Asked Question (FAQ) Seputar Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 – yang diunggah dalam laman resmi Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kementerian Kesehatan RI, dijelaskan bahwa vaksin memang tidak membuat 100 persen kebal dari virus corona.

Namun, manfaat vaksin dapat berdampak baik ketika kamu tertular Covid-19, yaitu risiko mengalami gejala berat dapat diminimalisir. Vaksinasi merupakan proses di dalam tubuh, di mana seseorang menjadi lebih terlindungi dari suatu penyakit, sehingga kalau terinfeksi, maka tidak timbul gejala, maupun hanya mengalami sakit ringan.

Untuk itu, agar perlindungan tetap maksimal, meskipun sudah divaksin, kamu direkomendasikan untuk tetap menjalani protokol kesehatan yang meliputi memakai masker ketika bepergian, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta menghindari bepergian kecuali untuk urusan mendesak.

 

2. Dapat Melindungi Orang Lain

Manfaat vaksin berikutnya, yakni dapat mencegah seseorang menyebarkan virus corona ke orang lainnya. Jika cakupan vaksin sudah tinggi dan merata di suatu daerah, maka akan terbentuk kekebalan kelompok – atau disebut juga herd immunity.

Kekebalan kelompok merupakan situasi di mana sebagian besar masyarakat terlindung atau kebal terhadap penyakit tertentu, sehingga menimbulkan dampak tidak langsung – yaitu, turut terlindunginya kelompok masyarakat yang rentan dan bukan merupakan sasaran vaksinasi.

Tetapi, kondisi ini hanya dapat tercapai dengan cakupan vaksin yang tinggi dan merata ya. Sebagian besar ahli percaya, setidaknya membutuhkan 70 persen dari populasi untuk divaksin demi mencapai herd immunity.

 

3. Membantu menghentikan penyebaran Covid-19

Sebenarnya, vaksinasi diadakan bukan hanya untuk memutus rantai penularan penyakit, serta menghentikan wabah saja, lho. Melainkan, manfaat vaksin juga dapat berpengaruh dalam jangka panjang dengan mengeliminasi – atau, bahkan memusnahkan penyakit tersebut.

Nah, manfaat vaksin yang satu ini juga ditujukan untuk membantu mengurangi angka kasus penularan virus corona, sekaligus diharapkan dapat menghentikan penyebaran virus. Dengan demikian, pandemi Covid-19 pun dapat segera dihentikan.

 

4. Mampu Melindungi Generasi Selanjutnya

Dilansir dari Mayo Clinic, manfaat vaksin berikutnya adalah dapat mencegah virus corona menyebar dan bereplikasi – yang memungkinkannya bermutasi terus-menerus, sehingga menjadi lebih kebal terhadap vaksin yang tersedia.

Dengan menurunkan laju infeksi Covid-19 dan memutus mata rantai penularan, kamu pun sudah berperan dalam melindungi generasi selanjutnya dari bahaya infeksi penyakit tersebut. Manfaat vaksin yang satu ini pun sudah terbukti dari catatan sejarah yang pernah terjadi.

Dahulu, banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh virus dan dapat menyebabkan risiko kematian. Tapi, dengan adanya vaksin, maka penyakit pun dapat dikendalikan. Jadi, kamu termasuk generasi yang hidup dari perjuangan vaksinasi generasi sebelumnya, lho. Apakah kamu sudah tahu hal yang satu ini?

 

Omicron Sudah Ditemukan di Indonesia, Mari Giatkan Langkah Pencegahan!

Pasien Omicron di Indonesia Kebanyakan OTG, Ini Artinya Vaksin Terbukti Manjur?

Credit Image - malbekasi.com

Sampai saat ini, Omicron sudah ditemukan di Indonesia, bahkan angka kasus positifnya terus meningkat. Demi menghindari risiko paparannya, penerapkan protokol kesehatan – sekaligus menjaga kondisi tubuh agar tetap prima masih harus digencarkan.

Pastikan kamu sudah disiplin dalam menggunakan masker, menerapkan jaga jarak, rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, hingga membatasi mobilitas – apalagi kalau bukan karena urusan yang mendesak.

Biar perlindungan diri semakin optimal, kamu disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, memperoleh vaksin bisa membantu mengurangi risiko infeksi virus corona, termasuk Omicron. Meski demikian, usai vaksinasi pastikan kamu tetap menjalani protokol kesehatan dan jaga selalu imunitas tubuh, ya!

 

 

Featured Image – usatoday.com

Source – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!