Olahraga Berperan Penting Meningkatkan Imun, Begini Penjelasannya!

Olahraga Berperan Penting Meningkatkan Imun, Begini Penjelasannya!

font size A Ǎ

Di masa pandemi Covid-19, mempertahankan sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang penting. Ini dapat membantu tubuhmu terlindungi dari berbagai macam penyakit, termasuk virus corona. Untuk meningkatkannya, ada beragam cara yang dapat dilakukan.

Tapi yang perlu kamu ketahui, meningkatkan imunitas merupakan proses yang cukup kompleks – dan tidak bisa hanya dilakukan dengan satu cara saja. Ada beragam cara yang perlu dilakukan secara beriringan, mudahnya kamu disarankan menjalani pola hidup sehat.

Selain dengan memerhatikan asupan makanan, kamu juga perlu rutin melakukan aktivitas fisik. Nyatanya, rajin berolahraga bisa meningkatkan kekebalan, lho. Bagaimana bisa? Berikut informasi lengkapnya.

 

 

Olahraga Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Olahraga Berperan Penting Meningkatkan Imun, Begini Penjelasannya!

Credit Image - rs-soewandhi.surabaya.go.id

Olahraga meningkatkan sistem imun dengan berbagai mekanisme yang rumit. Pertama, olahraga bisa membersihkan saluran pernapasan dan paru-paru. Ini akan menurunkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit respiratori seperti pilek atau flu.

Kedua, olahraga bisa meningkatkan sirkulasi sel darah putih di dalam tubuh sehingga bisa mendeteksi lebih cepat jika ada patogen yang masuk ke dalam tubuh. Sel darah putih adalah salah satu komponen penting di dalam sistem imun yang berfungsi melawan patogen.

Kemudian, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan secara umum. Dilansir dari Harvard Health Publishing, olahraga teratur adalah salah satu pilar hidup sehat. Olahraga mampu meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan, dan menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Sama seperti menjaga asupan makanan, olahraga secara umum menjaga kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan imun tubuh.

Selain itu, dilansir dari Community Medical Centers, olahraga juga mampu menjaga sistem imun agar tidak turun ketika seseorang mengalami stres. Ketika stres, terutama yang terjadi setiap hari, bisa memicu penurunan sel imun yang beredar di dalam tubuh.

Ternyata, olahraga secara rutin mampu menyeimbangkan proses itu sehingga tidak terjadi penurunan jumlah sel imun. Selain itu, orang yang rutin berolahraga juga akan merasa lebih bahagia dan bisa mengurangi level stres itu sendiri.

Tidak cukup sampai di situ, olahraga mampu meningkatkan sistem imun dengan berbagai mekanisme berbeda. Beberapa diantaranya adalah dengan memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan kepadatan tulang, dan meningkatkan suhu tubuh yang bisa membantu melawan penyakit.

 

Ingin Jadikan Olahraga Sebagai Rutinitas? Lakukan Hal Ini!

Olahraga Berperan Penting Meningkatkan Imun, Begini Penjelasannya!

Credit Image - id.berita.yahoo.com

Memulai rutin berolahraga mungkin bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi kalau kamu belum terbiasa menerapkannya secara rutin. Untuk itu, cobalah memulainya secara perlahan saja, ya. Tak perlu memaksakannya dalam satu kali sesi olahraga.

Kamu dapat mulai melakukan olahraga dalam waktu yang singkat dahulu, seperti 15 menit sehari. Nantinya, kalau badan sudah merasa nyaman, maka tingkatkan durasi olahraga sampai 30 menit. Dan begitu seterusnya.

Hal yang terpenting, yaitu melakukannya secara rutin. Kamu dapat menggunakan cacatan – maupun aplikasi di telepon genggam untuk menuliskan rutinitas olahraga, sekaligus progres yang sudah dirasakan.

 

Cara Meningkatkan Imunitas Lain yang Perlu Diterapkan

Olahraga Berperan Penting Meningkatkan Imun, Begini Penjelasannya!

Credit Image - health.detik.com

Rajin berolahraga memang merupakan kegiatan yang penting diterapkan guna menjaga sistem kekebalan tubuh. Tetapi, jangan lupakan berbagai kebiasaan sehat lainnya yang juga dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, ya.

Ada pun berbagai hal lainnya yang juga penting dijadikan sebagai kebiasaan, yaitu mengonsumsi asupan makanan bergizi seimbang, memperoleh waktu istirahat yang berkualitas, cukupi kebutuhan cairan tubuh, serta mengelola stres dengan baik – pasalnya, stres juga dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Selain itu, lengkapi pula hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, maupun zinc. Kombinasi vitamin dan mineral tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Untuk multivitamin yang direkomendasikan, kamu dapat mengonsumsi  Enervon-C atau Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Jadi, itulah kaitan olahraga dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apakah kamu sudah rutin melakukannya setiap hari?

 

 

Featured Image – pikiran-rakyat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!