Sudah menjadi rahasia umum kalau membesarkan dan mendidik anak merupakan tugas yang berat. Terkadang, kekeliruan orangtua dalam penerapan pola asuh bisa memengaruhi perilaku Si Kecil di kemudian hari, lho. Untuk itu, penting bagi moms untuk mengetahui prinsip parenting yang tepat, sehingga anak dapat memiliki karakteristik yang positif.

Pola asuh yang baik dapat membantu menumbuhkan rasa kepedulian, kejujuran, kemandirian, dan keceriaan pada Si Kecil. Hal ini juga akan mendukung kecerdasan, sekaligus melindungi anak dari rasa cemas, depresi, dan pergaulan bebas.

Perlu kamu ketahui, moms, prinsip utama dalam penerapan parenting, yakni membesarkan dan mendidik anak dengan penuh kaish sayang. Nah, dalam hal ini, setidaknya ada 5 prinsip utama yang bisa diterapkan. Apa saja?

 

 

#1 – Menjadi Panutan yang Baik

Credit Image - hellosehat.com

Anak cenderung akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Oleh karena itu, menjadi panutan yang baik bagi anak adalah salah satu cara mendidik anak yang penting dilakukan oleh para orangtua, lho. Prinsip parenting yang satu ini wajib kamu terapkan!

Ketika moms ingin menanamkan karakter positif pada anak, berilah contoh pada anak, misalnya dengan selalu berkata jujur, berperilaku baik dan santun terhadap orang lain, serta membantu orang lain tanpa mengharap imbalan.

Selain itu, tunjukkan kepada anak bagaimana cara hidup sehat, misalnya mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari, menyikat gigi setelah makan dan menjelang tidur, serta membuang sampah pada tempatnya.

 

#2 – Hindari Terlalu Memanjakan Anak

Sebagai orangtua, moms mungkin tidak sadar bahwa selama ini kamu selalu menuruti kemauan si buah hati. Nah, ini saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut sekaligus memberi pembelajaran pada anak, sehingga ia tidak terlalu manja.

Sebagai contoh, jangan turuti kemauan anak ketika dia menangis – atau tantrum karena menolak saat moms ingin mendidik untuk makan sehat, menonton televisi saat waktunya tidur malam, minta dibelikan sesuatu yang tidak ia butuhkan, atau ketika ia merengek untuk bermain gadget.

Mendisiplinkan anak merupakan salah satu bentuk kasih sayang anak yang penting dilakukan orangtua dalam membentuk karakter yang baik pada anak, lho. Tetapi, moms tetap tak boleh memarahi anak berlebihan, atau bahkan sampai memukulnya, ya.

Sebaliknya, cobalah menegurnya dengan lembut, namun tegas ketika ia berbuat salah dan berikan pemahaman kepadanya. Jangan lupa juga berikan pujian ketika ia melakukan hal yang baik. Ini akan memotivasinya untuk menjadi anak yang baik.

Jadi, sudahkah moms menerapkan prinsip parenting yang satu ini?

 

#3 – Meluangkan Waktu Untuk Si Kecil

Credit Image - happinest.id

Anak-anak yang tidak mendapatkan perhatian dari orangtuanya, bisa melakukan tindakan tidak baik atau berkelakuan buruk. Biasanya, mereka melakukan tindakan tersebut untuk mendapatkan perhatian dari orang tua.

Jadi, sesibuk apa pun dirimu selalu luangkan waktu untuk terlibat dalam kehidupannya. Terutama bagi para ayah, ini sangat penting untuk menjalin hubungan ayah dan anak yang baik. Namun perlu diingat, melibatkan diri dalam kehidupan anak bukan berarti kamu harus terus-menerus berada di sampingnya, ya!

Luangkan waktu untuk menjalin hubungan dan kegiatan berkualitas, seperti sarapan bersama, mengantarnya ke sekolah, datang ke setiap acara yang dilakukan anak, atau sebatas berbincang sebelum tidur mengenai kegiatan yang dilakukannya seharian.

 

#4 – Ajari Sifat Mandiri

Dalam penerapan pola asuh yang baik, moms juga perlu menumbuhkan sifat mandiri pada anak sejak usia dini, lho. Melatih anak agar mandiri dapat ditanamkan dengan cara memberikan anak kepercayaan, kesempatan, dan apresiasi. Misalnya, dengan mengajarkan anak untuk merapihkan mainan dan tempat tidurnya sendiri atau sekedar membiasakan anak untuk menyiapkan bekal sekolahnya sendiri.

Saat anak memasuki masa remaja, orangtua juga bisa mendukung dan membantu anak untuk menyelesaikan masalah pribadinya, yaitu dengan berdiskusi dan mengarahkan pikiran anak untuk mengambil sikap terbaik.

Pahamilah bahwa belajar mandiri tidak mudah bagi anak. Jadi, tunjukkan apresiasi dan kasih sayang moms pada setiap usaha dan keberhasilannya. Misalnya, dengan mengucapkan terima kasih atau memberikan pujian ketika ia menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Atau, kamu juga bisa menyelipkan selembar kertas di bekal makanannya yang bertuliskan “Mama sayang dan bangga padamu”. Dengan begitu, anak akan merasa dirinya berharga. Namun ingat, saat ia gagal atau berbuat salah, jangan mengejeknya, apalagi membandingkan dirinya dengan anak-anak lain, ya.

 

#5 – Tentukan Peraturan di Rumah

Credit Image - alodokter.com

Menerapkan peraturan bisa membantu anak untuk belajar mengendalikan diri dan membedakan perilaku baik dan buruk. Ketika membuat peraturan, jelaskan alasan mengapa peraturan tersebut dibuat.

Misalnya, menggunakan listrik seperlunya untuk menghemat biaya, tidak berlebihan dalam menggunakan gadget atau handphone karena tidak baik untuk kesehatan, atau tidak menonton TV sebelum pekerjaan rumah selesai.

Pastikan moms selalu konsisten dalam menerapkan peraturan yang Anda buat. Jika tidak konsisten, anak akan merasa bingung dan mungkin akan meremehkan peraturan. Hal ini penting, asalkan tidak dilakukan dengan cara yang terlalu keras, misalnya melontarkan kata-kata kasar – hingga memukul anak.

Pasalnya, anak yang terbiasa mendapatkan perlakuan kasar dari orangtuanya cenderung  lebih suka berkelahi dan melakukan kekerasan untuk menyelesaikan masalah dengan teman-temannya.

Moms, menerapkan pola asuh sekaligus prinsip dalam parenting yang tepat memang penting dilakukan guna mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Tetapi, untuk menjaga kesehatan anak, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya, lho.

Selain dari sayur dan buah, sejumlah nutrisi penting juga bisa diperoleh dengan memberikan multivitamin, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D. Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Itulah kelima prinsips dalam parenting – alias pola asuh yang perlu moms terapkan. Dengan demikian, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan karakteristik yang optimis!

 

 

Featured Image – ibupedia.com