Yuk, Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster, Begini Langkah Mudahnya!

Yuk, Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster, Begini Langkah Mudahnya!

font size A Ǎ

Saat ini, pemberian vaksinasi lanjutan atau dosis ketiga sedang berjalan di Indonesia. Booster bisa diperoleh di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah – dan diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Meski demikian, vaksinasi dosis ketiga diutamakan terlebih dahulu bagi golongan warga lansia dan kelompok rentan, seperti yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid dengan immunocompromised. Selain itu, penerima booster juga harus berusia 18 tahun ke atas.

Untuk mengecek tiket dan jadwal status vaksinasi booster melalui aplikasi PeduliLindungi. Berikut ini langkah yang dapat dilakukan.

 

 

Syarat Mendapatkan Vaksin Booster

Yuk, Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster, Begini Langkah Mudahnya!

Credit Image - halodoc.com

 Sejak tanggal 12 Januari 2022, program vaksinasi dosis ketiga sudah mulai dilakukan. Dan program ini akan dijalani secara gratis untuk masyarakat Indonesia yang telah berusia 18 tahun ke atas – dan sudah memperoleh vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan yang lalu.

Selain menndapatkan vaksin primer, yaitu dua dosis vaksin, dikatakan bahwa pemberian vaksin booster diprioritaskan pada kelompok lansia dan kelompok rentan atau yang menderita gangguan sistem imun. Vaksinasi booster penting diperoleh seluruh rakyat Indonesia, sehingga dapat terlindungi dari ancaman Covid-19, termasuk varian-varian terbarunya.

Perlu diketahui, meski gratis, namun, skema vaksinasi Gotong Royong akan tetap berjalan. Dengan kondisi, vaksin booster tetap diterima secara cuma-cuma oleh masyarakat – dan jenis vaksinnya berbeda dengan vaksinasi program pemerintah.

 

Cara Memeriksa Jadwal Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Yuk, Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster, Begini Langkah Mudahnya!

Credit Image - pontas.id

Bagi masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat memeriksa tiket dan jadwal vaksinasi di situs maupun aplikasi PeduliLindungi. Tiket ini dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan.

Untuk mengecek melalui situs, masyarakat bisa mengujungi laman pedulilindungi.id – dan cek status tiket serta status vaksinasi dengan memasukkan Nama Lengkap dan NIK. Kemudian, klik tombol periksa.

Sementara, apabila melalui aplikasi, berikut ini langkah-langkah yang perlu diikuti:

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi
  2. Masuk dengan akun yang terdaftar
  3. Klik menu “Profil” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”
  4. Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun masing-masing pengguna
  5. Untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”

 

Jenis Vaksin yang Akan Digunakan

Yuk, Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster, Begini Langkah Mudahnya!

Credit Image - schroders.com

Merunut rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), pemberian booster dapat mengandalkan vaksin sejenis – homolog,  atau vaksin berbeda – heterlog. Keleluasaan kembali pada masing-masing negara yang menerapkan program booster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Pemberian vaksinasi booster mengikuti ketersediaan vaksin dan hasil penelitian yang dilakukan di dalam dan luar negeri. Dikonfirmasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), kombinasi vaksin booster yang diizinkan, yaitu

  • Sinovac – homolog untuk vaksin primer Sinovac
    Satu dosis minimal 6 bulan setelah dua dosis pertama. Tercatat peningkatan titer neutralizing antibody 21-35 kali lipat, 28 hari setelah pemberian dosis booster pada subjek dewasa.
     
  • AstraZeneca – homolog untuk vaksin primer AstraZeneca-Oxford
    Satu dosis minimal 6 bulan setelah dua dosis pertama. Tercatat peningkatan titer antibodi immunoglobulin G (IgG) dari 1.792 menjadi 3.746 setelah booster.
     
  • Pfizer – homolog untuk vaksin primer Pfizer-BioNTech
    Satu dosis minimal 6 bulan setelah dua dosis pertama. Tercatat peningkatan titer neutralizing antibody 3,29 kali lipat, 1 bulan setelah pemberian dosis booster pada subjek dewasa.
     
  • Moderna – homolog untuk vaksin primer Moderna dan heterolog untuk vaksin primer AstraZeneca-Oxford, Pfizer-BioNTech, dan Johnson&Johnson
    Setengah dosis minimal 6 bulan setelah dua dosis pertama. Tercatat peningkatan titer neutralizing antibody 12,99 kali lipat.
     
  • Zivivax – heterolog untuk vaksin primer Sinovac dan Sinopharm
    Dosis penuh minimal 6 bulan setelah vaksin primer Sinovac dan Sinopharm. Peningkatan titer antibodi netralisasi lebih dari 30 kali lipat pada subjek yang telah mendapatkan dosis primer Sinovac atau Sinopharm.

Kemudian, memperbarui jumlah kombinasinya, ada pula dua kombinasi utama vaksin booster Covid-19, yaitu:

  • Penerima vaksin primer Sinovac akan diberikan vaksin booster berupa setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.
  • Penerima vaksin primer AstraZeneca: Akan diberikan vaksin booster berupa setengah dosis Moderna.

Nantinya, kalau sudah memperoleh vaksin booster, masyarakat masih diharapkan menjalani protokol kesehatan serta menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terpapar berbagai macam penyakit, termasuk virus corona.

Pastikan kamu sudah disiplin dalam menggunakan masker, menerapkan jaga jarak, rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, hingga membatasi mobilitas – apalagi kalau bukan karena urusan yang mendesak.

Biar perlindungan diri semakin optimal, kamu disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, bisa kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah informasi mengenai cara memeriksa status dan tiket vaksinasi booster. Jika kamu sudah berkesempatan mendapatkan vaksin dosis ketiga, yuk, jangan ditunda lagi, ya!

 

 

Featured Image – viva.co.id

Source – cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!