Setujukah kamu bahwa budaya kerja merupakan salah satu faktor penting yang menentukan suatu perusahaan? Jika kamu pernah bekerja di beberapa perushaan, mungkin kamu telah mengenal berbagai macam budaya kerja yang berbeda.

Lalu, apa saja budaya kerja yang sebenarnya harus dimiliki perusahaan agar semakin sukses? Berikut ulasannya.

1. Budaya kerja timbal balik

Credit: Uangonline.com

Budaya kerja ini mendukung adanya umpan balik yang jujur di atas semua bentuk komunikasi lainnya. Ketika seorang pekerja perlu meningkatkan performa kerja, maka atasan akan langsung mengingatkan hal tersebut. Budaya kerja timbal balik ini akan membuat karyawan saling percaya satu sama lain. Dan para karyawan juga akan merasa bebas untuk memberikan ide maupun mendengarkan masukan.

2. Budaya kerja transparan

Credit: Mansionhouse.ie

Komunikasi merupakan kunci dari suatu hubungan yang baik dalam perusahaan. Komunikasi yang baik tentu membutuhkan transparansi. Hal ini bukan berarti setiap orang di perushaan harus tahu berapa gaji rekan kerja lainnya, tetapi mengarah pada apapun yang dikerjakan setiap karyawan yang ada memiliki tujuan yang sepaham, jelas, dan luas.

3. Budaya kerja tanpa dinding pembatas

Credit: Hipwee

Lingkungan kerja tanpa ada dinding pembatas akan menciptakan tim kerja yang lebih baik. Lingkungan seperti ini akan membiarkan karyawannya dapat berbicara satu sama lain dengan bebas. Selain ruang kerja tanpa pembatas, kamu juga dapat mengadakan acara team building di kantor untuk meningkatkan semangat bekerja dan saling menghargai satu sama lain.

4. Budaya kerja tim

Credit: Industryweek.com

Budaya kerja ini akan memungkinkan setiap orang untuk bekerja secara individu dengan fokus pada keberhasilan sebagai sebuah tim. Lingkungan seperti ini biasanya akan menentukan tujuan tim dan memungkinkan setiap orang bekerja sama dalam kelompok yang lebih kecil untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Dan karyawan akan lebih fokus untuk meningkatkan kualitas kerja individu untuk keberhasilan bersama.

5. Budaya kerja yang menyenangkan dengan unsur lelucon

Credit: Socialmettle.com

Tidak harus selalu serius dalam merencanakan suatu hal atau mengembangkan ide, unsur lelucon ternyata dapat membangkitkan kreatifitas dan semangat karyawan dalam bekerja. Unsur ini juga dapat menegaskan pada karyawan bahwa perusahaan merangkul dan menerima setiap kreatifitas yang diberikan oleh karyawannya.

Tipe budaya kerja di atas di nilai berhasil dalam mendukung kemajuan perusahaan. Namun, tentu tidak semua orang bisa cocok dengan budaya kerja seperti yang telah disebutkan. Untuk itu, ketahuilah cara kerjamu dan sesuaikan dengan lingkungan kerja agar kamu dapat terus produktif dan kreatif.

 

Featured Image - Unsplash.com/Room

Dan apapun budaya kerja yang diterapkan, jangan lupa untuk terus membekali diri dengan berbagai materi pembelajaran lainnya yang dapat bermanfaat untuk pengembangan kariermu.