Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang mungkin mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Apakah kamu salah satunya? Jangan khawatir, sebenarnya ada lho berbagai cara menurunkan berat badan yang mudah – dan pastinya tidak membuatmu tersiksa.

Sebagian besarmu mungkin tertarik menjalani diet yang terlalu ketat dan berlebihan, nyatanya cara seperti ini tidak efektif. Sebaiknya, kamu melakukan cara menurunkan berat badan yang sehat dan efektif.

Namun yang terpenting, pastikan kamu berkomitmen dan disiplin dalam menjalaninya. Kalau sudah begini, berat badan dapat turun. Lantas, apa saja cara menurunkan berat badan yang sehat tersebut? Berikut 7 di antaranya. Yuk, simak sampai habis!

 

 

#1 – Minum Sebelum Makan

Credit Image - halodoc.com

Cara menurunkan berat badan pertama, yakni meminum air putih sebelum makan besar. Menurut penelitian, minum air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan dapat membuatmu lebih cepat merasa kenyang, sehingga keinginan untuk melahap makanan dalam jumlah banyak dapat berkurang.

Selain itu, perlu kamu sadari bahwa rasa haus terkadang muncul menyerupai rasa lapar. Jadi saat mulai merasa lapar, coba atasi dengan minum air putih terlebih dahulu, dan hanya makan pada waktunya. Dengan menerapkan cara ini, jumlah kalori yang kamu konsumsi juga dapat berkurang.

 

#2 – Hindari Melewatkan Sarapan

Tak perlu menyiksa dengan melewatkan sarapan ketika diet, justru kamu membutuhkan asupan di pagi hari, lho. Tahukah kamu bahwa sarapan adalah bagian penting dari penurunan berat badan? Dengan sarapan rutin, keinginan untuk mengonsumsi makanan atau camilan yang tidak sehat jadi berkurang.

Membiasakan diri sarapan juga akan membuat rasa lapar di siang hari berkurang. Efeknya, keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan pada jam makan siang akan turut berkurang. Jadi, pastikan kamu melakukan cara menurunkan berat badan yang satu ini, ya!

 

#3 – Konsumsi Makanan Tepat

Credit Image - timesofindia.indiatimes.com

Kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein dan berserat. Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. Pilih sumber protein yang sehat untuk tubuh, seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju.

Selain makanan yang tinggi protein, perbanyak pula konsumsi makanan berserat. Makanan berserat dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, namun rendah kandungan kalori. Makanan berserat yang bisa kamu konsumsi di antaranya adalah sayur, buah, makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum. Buah yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, juga baik dikonsumsi untuk diet.

 

#4 – Makan Dalam Porsi Kecil

Cara menurunkan berat badan yang satu ini dapat kamu siasati dengan memakai piring atau mangkuk yang lebih kecil saat mengambil makanan. Menurut penelitian, makan dengan piring atau mangkuk kecil dapat membuat kamu terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, sehingga jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan berkurang.

Makan dengan porsi kecil namun sering, yaitu 4-5 kali sehari, lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan ketimbang makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

Selain mengonsumsi makanan dalam porsi kecil, pastikan juga kamu mengonsumsi makanan secara perlahan – dan santai. Hal ini akan mendukung penurunan berat badan, lho. Dengan kebiasaan makan demikian, tubuh dapat mengirim sinyal kenyang ke otak sebelum kamu menghabiskan terlalu banyak makanan.

 

#5 – Tak Perlu Menghindari Makanan Tertentu

Credit Image - sehatq.com

Ketika sedang diet banyak yang berpikiran bahwa harus menghindari jenis makanan tertentu. Padahal kenyataannya tidak demikian, lho. Tetap mengonsumsi makanan favorit justru menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif.

.Jika kamu menjauhi makanan tersebut, keinginanmu untuk mengonsumsinya malah akan jadi lebih kuat. Jadi kuncinya bukan menjauhi, tapi membatasinya. Sebagai contoh, kamu bisa membeli kue kering satuan, ketimbang membelinya dalam kotak atau stoples.

 

#6 – Tidur yang Cukup

Tidak hanya bagi yang berdiet saja, namun waktu tidur yang cukup juga harus dipenuhi kamu yang juga tak sedang diet. Ingat, memperoleh tidur yang cukup bisa membantu menjaga kesehatan, termasuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Selain menjaga pola makan, pastikan waktu tidurmu tercukupi dengan baik. Sebab, saat kamu kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat. Efeknya, kamu akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam jumlah banyak. Tentunya hal ini akan membuat diet penurunan berat badanmu jadi berantakan

 

#7 – Aktif Bergerak

Credit Image - alodokter.com

Memang, sudah bukan rahasia umum kalau aktif bergerak menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa dipangkas hanya dengan menjalani diet.

Kamu dapat mempraktikkan cara mudah menurunkan berat badan di atas sebagai bagian dari pola hidup sehat. Jangan tergoda oleh berbagai diet menurunkan berat badan dengan cepat, seperti diet jus buah dan sayur, diet ekstrim VLCD, karena berisiko mengganggu kesehatan dan membuat berat badan mudah untuk naik kembali.

Yang pasti, selama diet kamu wajib memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, salah satunya dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah ketujuh cara menurunkan berat badan yang efektif dan tentunya tidak terasa menyiksa. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – ngovee.com