Moms, perkembangan motorik adalah kemampuan yang penting dimiliki oleh setiap anak. Dengan melatih keterampilan tersebut, maka Si Kecil mampu belajar melakukan berbagai hal, termasuk berdiri, duduk, dan bermain. Bahkan, ini juga akan membantu tumbuh kembang anak, lho.

Sejatinya, perkembangan motorik dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh, seperti kepala, lidah, bibir, tangan, kaki, dan jemari. Sejumlah gerakan ini belum terlalu terlihat ketika masih bayi, namun perlahan akan terbentuk seiring berkembangnya Si Kecil.

Nah, kemampuan ini terbagi menjadi dua jenis, yakni keterampilan motorik halus – merupakan gerakan yang melibatkan otot-otot kecil, misalnya jari-jari tangan. Kemudian, motorik kasar yang melibatkan otot-otot besar, termasuk lengan serta otot-otot tubuh.

Untuk melatih kemampuan motorik Si Kecil, moms bisa mengajak anak melakukan berbagai permainan, seperti 5 kegiatan di bawah ini.

 

 

Menyusun Balok

Credit Image - nakita.grid.id

Salah satu permainan sederhana yang dapat melatih keterampilan motorik anak adalah menyusun balok. Ketika melakukan permainan tersebut, anak dapat melatih gerakan otot-otot jari tangannya agar bisa menggenggam dan meraih suatu benda dengan baik.

Tak hanya itu, permainan ini juga dapat merangsang kemampuan koordinasi gerakan tubuh. Bayi umumnya bisa mulai diajak bermain menyusun balok sejak ia berusia 6 atau 8 bulan. Nah, moms perkembangan motorik adalah suatu keterampilan yang mesti dilatih sejak kecil, pastikan kamu melakukan permainan yang satu ini, ya!

 

Melukis dan Menggambar

Melalui kegiatan melukis atau menggambar, anak dapat melatih kemampuan jemarinya untuk menggenggam dan menggerakkan kuas. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bisa memupuk daya imajinasi dan tingkat kreativitas anak.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa anak-anak yang sudah diajarkan untuk melukis atau menggambar sejak kecil memiliki kemampuan belajar dan mengingat yang lebih baik. Hal ini menjadikan kegiatan melukis atau menggambar dapat membuat anak menjadi lebih cerdas.

 

Bermain dengan Adonan

Credit Image - generali.co.id

Selanjutnya, moms juga bisa melatih kemampuan motorik Si Kecil melalui permainan berbentuk adonan, seperti lilin atau tanah liat. Selain itu, Bunda juga bisa mengajak Si Kecil bermain dengan adonan kue, jika ia sudah bisa mengonsumsi makanan padat.

Dengan menyentuh benda-benda tersebut, Si Kecil akan terlatih untuk menyentuh, mencubit, menekan, dan membentuk adonan sesuai bentuk yang ia sukai. Permainan tersebut bisa membantu Si Kecil mengenal tekstur benda-benda di sekitarnya.

 

Menarik dan Mendorong Mainan

Ketika bayi mulai belajar berjalan, berikan ia mainan yang dapat didorong atau ditarik. Mainan yang dapat digunakan untuk melatihnya menarik dan mendorong, misalnya mainan mobil dan truk besar. Selain itu, moms juga bisa mengajak Si Kecil bermain dengan boneka kesukaannya.

Selain dengan beberapa permainan di atas, kamu juga bisa merangsang keterampilan motorik Si kecil dengan mengajaknya bermain di luar rumah, misalnya di halaman rumah. Saat bermain di luar rumah, moms bisa mengajak Si Kecil bermain bola, mobil-mobilan, atau bermain kejar-kejaran dengannya.

Tapi, pastikan kamu selalu menemani dan menjaga anak ketika ia bermain, ya. Karena, biasanya anak kecil seringkali memasukkan benda asing ke dalam mulutnya. Hal ini bisa berisiko membuat anak tersedak, lho.

 

Bermain Bola

Credit Image - klikdokter.com

Yang terakhir, keterampilan motorik anak bisa moms latih dengan mengajak Si Kecil bermain lempar tangkap bola. Pilihlah bola plastik berukuran sedang yang tidak terlalu berat, sehingga memudahkan anak untuk melempar, menangkap, atau menendangnya.

Dengan demikian, anak berlatih menggerakkan tangan dan kakinya untuk mengikuti gerakan bola yang diberikan. Kalau moms sudah tahu perkembangan motorik adalah hal yang mesti dilatih sejak kecil, pastikan kamu mencoba permainan yang satu ini!

Nah, moms agar sejumlah permainan di atas bisa dilakukan secara maksimal – dan, tentunya perkembangan motorik anak makin maksimal, pastikan kamu sudah memenuhi nutrisi Si Kecil yang berperan untuk menjaga kesehatan – sekaligus menjaga energi tubuhnya, ya.

Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan memberinya asupan gizi seimbang, termasuk memberikan anak multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin andalanmu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Vitamin yang terkandung dalam Enervon-C Plus Sirup bisa membantu menjaga imun tubuh anak, membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, serta memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan. Pastikan moms selama pandemi memberinya asupan vitamin yang cukup agar kekebalan imun tubuhnya tetap terjaga.

 

Jadi, itulah kelima permainan yang dapat membantu perkembangan motorik Si Kecil, moms. Mulai sekarang, yuk, coba diterapkan!

 

 

Featured Image – hellosehat.com