Tak bisa dipungkiri, ada banyak sekali alasan yang membuatmu sulit untuk memulai kebiasaan makan sehat. Apakah kamu termasuk yang malas memulai pola makan sehat? Tenang, tidak perlu langkah repot, kamu bisa memulainya dengan hal sederhana terlebih dahulu, kok.

Memang, lezatnya camilan manis, renyahnya gorengan, ditambah dengan rasa lapar yang tidak tertahankan menjadi alasan kamu malas menerapkan pola makan sehat. Hasilnya, kamu kerap menjadi gagal diet.

Seperti yang sudah disebutkan, pola makan sehat bisa dimulai dengan cara yang sederhana saja, seperti 5 cara di bawah ini. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya sampai habis!

 

 

#1 – Jadikan Makanan Sebagai Self Care

Credit Image - jovee.id

Daripada berpatokan pada pola makan sehat atau metode diet ketat, kamu diminta mengubah pola pikir soal makanan. Jadikan makanan yang dinikmati sebagai self-care bukan suatu hal yang harus dibatasi. Perlakukan makanan sebagai upaya pemenuhan agar tubuh terasa lebih sehat, berenergi, terpelihara dan berkelanjutan.

Christy Harrison, ahli gizi terdaftar di Amerika Serikat mengatakan pola pikir ini akan membuat kamu mempertimbangkan makanan bukan hanya dari segi nutrisi, namun juga kesenangan, kenyamanan dan kepuasan.

 

#2 – Pilihlah Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Kemudian, asupan sayuran memang penting diperoleh setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serta serat. Namun sayangnya, masih banyak yang malas untuk mengonsumsi sayuran, nih. Apakah kamu termasuk?

Tambahan sayuran berdaun hijau gelap dalam menu makanan harian kita untuk asupan yang lebih sehat. Sayuran tersebut kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat termasuk mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan jantung, mata, tulang, sistem pencernaan, otak, dan kulit.

 

#3 – Hindari Daging Sapi

Credit Image - gearpatrol.com

Mengurangi konsumsi daging sapi bisa menjadi cara mudah untuk memulai kebiasaan makan sehat. Daging merah ini memang tinggi akan kandungan protein, namun sarat akan lemak jenuh yang kurang baik buat kesehatan tubuh.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi lebih banyak protein nabati, seperti kacang-kacangan, lentil, tahu, dan tempe. Mulai sekarang, cobalah perbanyak konsumsi sumber protein yang satu ini, sehingga kesehatan lebih terjadi!

 

#4 – Perbanyak Konsumsi Rempah-Rempah

Berikutnya, tahukah kamu memulai pola makan sehat dapat dilakukan dengan perbanyak mengonsumsi rempah-rempah? Ya, langkah yang satu ini masih jarang diketahui, lho. Namun, kamu bisa memulainya sesegera mungkin.

Menu makanan tradisional Indonesia mengandung banyak rempah-rempah yang baik untuk rasa maupun kesehatan. Biasakan menggunakan bumbu alami untuk mendapat manfaat anti-inflamasi dan antioksidan yang juga mencegah risiko penyakit.

 

#5 – Memasak Sendiri di Rumah

Credit Image - food.detik.com

Masak sendiri di rumah bisa menjadi permulaan sederhana untuk kebiasaan makan yang lebih sehat. Cara ini akan mengajari kita porsi makan yang cukup, rasa yang tepat dan bahan yang alami tanpa pengawet. Tidak perlu langsung membuat menu masakan sehat ala restoran atau koki profesional. Mulailah dengan menu sayuran dan makanan sederhana yang tetap lezat sekaligus sehat.

Memasak sendiri di rumah juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral, karena semua bahan yang digunakan terjamin kebersihan – serta cara memasaknya. Selain dengan cara ini, kebutuhan vitamin dan mineral bisa dilakukan dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima tips memulai kebiasaan makan sehat. Yuk, mulai dilakukan sekarang juga!

 


Featured Image – cermati.com

Source – kompas.com