Profesonalisme merupakan salah satu aspek terpenting dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan, melaksanakan tugas secara maksimal, serta memiliki kepribadian yang sesuai dengan profesi kerja.

Tak hanya membantumu meraih kesuksesan, ciri-ciri profesional juga berperan penting untuk melewati masalah di kantor. Sayangnya, tak bisa dipungkiri bahwa cukup banyak orang yang sudah terjun di dunia kerja – tapi, belum memiliki sikap profesionalisme yang baik.

Sebenarnya, apa saja ciri-ciri profesional yang mesti dimiliki untuk membantu menghadapi beragam tantangan di dunia kerja? Berikut ini informasi lengkap yang wajib kamu simak sampai habis!

 

 

Punya Kode Etik

Credit Image - glints.com

Di dalam pekerjaan selalu ada kode etik yang harus dijaga. Dari cara bersikap, komunikasi, hingga pengambilan keputusan. Seorang karyawan yang profesional wajib menerapkan kode etik di dalam aktivitas pekerjaannya. 

Jangan sampai kode etik yang telah diberikan malah dilupakan atau tidak dilakukan. Jika kode etik ini tidak dijalankan, dampak negatif bisa dirasakan dan pastinya merugikan. Tidak hanya untuk karyawan, tetapi juga untuk pihak perusahaan. Untuk itu, pastikan kamu sudah memiliki ciri-ciri profesional yang satu ini, ya!

 

Memiliki Kemampuan dan Pengetahuan Tinggi

Ciri-ciri profesional lainnya yang juga tak kalah pentingnya, yakni memiliki tingkat kemampuan dan pengetahuan tinggi.

Profesionalisme juga dilihat dari kemampuan dan pengetahuan karyawan tersebut dalam bekerja. Jika kamu sudah memiliki keduanya, maka sikap profesional juga telah kamu jalani. Ingat, kedua hal tersebut sangat membantu karyawan dalam bekerja. Hasilnya adalah setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan maksimal.

Selain itu, emampuan analisis dan kepekaan terhadap situasi menjadi bagian penting juga. Ketika ada masalah – dan butuh solusi, kamu pun dapat ambil bagian untuk menyelesaikannya. Mengambil keputusan yang terbaik untuk semua pihak dapat dilakukan jika memiliki kemampuan dan pengetahuan tinggi.

 

Bertanggung Jawab dan Berintegritas

Credit Image - samahitawirotama.com

Ciri-ciri profesional selanjutnya adalah memiliki tanggung jawab dan berintegritas. Apapun jabatanmu, sifat tanggung jawab harus dimiliki. Jangan sampai kamu hanya ingin mempertanggungjawabkan hasil positif, tapi tidak ingin disalahkan saat ada masalah, ya. Apalagi jika masalah tersebut memang terjadi karena pekerjaan yang kamu lakukan.

Memiliki integritas yang mengutamakan nilai kebenaran, kejujuran, dan keadilan juga wajib kamu terapkan. Tidak hanya untuk membangun budaya kerja yang baik, tapi juga meningkatkan kualitas diri sendiri, lho.

 

Memiliki Perencanaan Kerja

Seseorang yang profesional tidak hanya memikirkan jangka waktu pendek saja, tetapi hingga masa depan. Inilah mengapa ciri-ciri profesionalisme selanjutnya adalah memiliki perencanaan kerja yang baik.

Hal tersebut membuat karyawan memiliki keahlian mengantisipasi perkembangan bisnis dan lingkungan. Keputusan dan perencanaannya dapat membuat pekerjaan berjalan lancar walaupun ada tantangan serta perubahan dari pihak luar.

 

Mampu Memotivasi Orang di Sekitar

Credit Image - idcloudhost.com

Merasa bosan dan mumet ketika bekerja menjadi salah satu fase yang wajar dialami, kok. Namun jangan berhenti di titik itu saja, ya. Kamu harus mampu memiliki kemampuan motivasi diri sendiri dan orang lain di sekitar, lho.

Kondisi ini membuat seluruh tim, serta diri sendiri, tetap termotivasi agar bisa terus memberikan hasil pekerjaan terbaik serta produktivitas yang konsisten. Ketika ada tantangan dan masalah, semuanya dapat diselesaikan dengan berbagai cara asal tetap termotivasi untuk menghadapinya.

Agar seluruh ciri-ciri profesional di atas bisa kamu miliki, pastikan sudah menjaga energi dan stamina dengan baik. Jika sudah, pastinya produktivitas tak akan terganggu, apalagi akibat tubuh yang mudah lelah, kan?

Nah, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya kegiatan harian tak bakal terganggu, ya.

 

Jadi, itulah kelima ciri-ciri profesional dalam dunia kerja. Lantas, sudahkah kamu memiliki sejumlah sikap tersebut?

 

 

Featured Image – appsensi.com