Ini Ragam Manfaat Vitamin B Compleks Untuk Redakan Stres

Ini Ragam Manfaat Vitamin B Compleks Untuk Redakan Stres

Vitamin B complex untuk apa? Pertanyaan tersebut mungkin kerap kali dilontarkan banyak individu. Vitamin yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Mulai dari mendukung proses metabolisme, memproduksi energi, memelihara fungsi sel, hingga membantu perkembangan janin dalam kandungan.

Tak hanya itu saja, vitamin B complex juga ternyata berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mampu membantu mengurangi stres. Apakah kamu sudah mengetahui manfaat vitamin B yang satu ini?

Biar tak lagi penasaran, yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Vitamin B Complex Bisa Membantu Meredakan Stres

Ini Ragam Manfaat Vitamin B Compleks Untuk Redakan Stres

Credit Image - jogja.suara.com

Buatmu yang masih bertanya-tanya soal vitamin B complex untuk apa? Nah, salah satu manfaatnya bisa membantumu meredakan stres, lho. Memiliki sistem saraf yang kuat dan sehat sangat penting dalam membantu melawan gejala stres. Vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12 bertugas memelihara kesehatan sistem saraf.

Seperti yang telah diketahui, vitamin B diperlukan untuk memproduksi energi. Nantinya, energi inilah yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai fungsinya, termasuk merespons stres.

Sejumlah penelitian menemukan hubungan antara vitamin ini dengan tingkat stres. Pada sebuah studi, diperlihatkan bahwa konsumsi suplemen vitamin B complex selama 33 hari dapat meredakan dan mengurangi stres.

Lalu, ada pula penemuan lainnya yang menunjukkan adanya penurunan perasaan bingung serta suasana hati buruk secara signifikan pada 60 orang yang diberikan suplemen vitamin B complex  selama 3 bulan.

 

Mengurangi Stres Dengan Mengatur Kadar Serotonin

Memenuhi asupan vitamin satu ini dari makanan sehari-hari maupun asupan suplemen dapat membantu mengontrol kadar serotonin dalam tubuh. Vitamin B1, B3, B6, serta B9 akan mengubah asam amino triptofan dari makanan menjadi bentuk serotonin aktif.

Serotonin merupakan salah satu senyawa kimia yang bertindak sebagai neurotransmitter di dalam tubuh. Singkatnya, neurotransmitter ini membantu komunikasi sel-sel otak. Neurotransmitter akan menyampaikan pesan kimia dari lingkungan ke bagian-bagian otak tertentu, serta mengatur emosi dan proses-proses biologis tubuh seperti denyut jantung juga pencernaan.

Serotonin dikenal juga dengan hormon “bahagia” karena salah satu tugas utamanya dalam mengatur suasana hati. Dalam jumlah normalnya, serotonin membantu memelihara kesehatan mental kamu dengan menjaga suasana hati, lho.

Selain itu, serotonin turut memainkan peran untuk menunjang respons otak terhadap nyeri serta mengendalikan tingkat kecemasan. Senyawa kimia yang satu ini pun membantu mengoptimalkan fungsi kognitif karena neurotransmitter juga berfungsi dalam pembelajaran serta pembentukan memori.

Kadar serotonin yang tidak normal, yaitu terlalu sedikit atau terlalu banyak bisa memengaruhi kerja otak. Jumlahnya yang rendah dapat menyebabkan depresi atau gangguan kesehatan mental lainnya. Sementara itu, kadar serotonin yang terlalu tinggi – atau juga dikenal sebagai sindrom serotonin akan berdampak negatif terhadap sel-sel saraf Anda.

Pola makan sehat dan bergizi seimbang memainkan peran dalam mengontrol neurotransmitter otak. Vitamin B tertentu membantu otak untuk memproduksi serotonin dan menjaga jumlahnya tetap dalam batas normal.

Kekurangan asupan vitamin B bisa mengganggu dan menghambat produksi serotonin sehingga mengurangi jumlah total senyawa kimia di dalam otak tersebut. Akibatnya, seseorang akan mengalami gejala bingung atau depresi, serta terganggunya kesehatan mental juga fungsi kognitif.

 

Namun, Vitamin B Complex Tak Bisa Meningkatkan Serotonin, Ya

Ini Ragam Manfaat Vitamin B Compleks Untuk Redakan Stres

Credit Image - hipwee.com

Ingat, vitamin B berfungsi dalam menjaga kadar normal hormon serotonin, bukan memperbanyak jumlah senyawa kimia tersebut, ya. Kadar serotonin yang rendah bisa terjadi karena sebab lain yang tidak berhubungan dengan makanan. Misalnya, kalau seseorang memiliki kondisi kekurangan serotonin karena faktor genetik.

Lantas, apakah kamu masih suka merasakan beragam gejala kekurangan hormon serotonin, seperti insomnia berkepanjangan hingga depresi? Jika iya, ada baiknya konsultasi dengan ahli biar penanganan yang tepat bisa diberikan. Karena, insomnia serta depresi bisa membahayakan kesehatan secara fisik, termasuk melemahkan kekebalan tubuh, lho.

 

Vitamin B Juga Dapat Menjaga Sistem Imunitas

Agar bisa bekerja secara optimal, sistem imunitas tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi mikro, termasuk vitamin B complex. Adapun peran vitamin ini dalam meningkatkan kekebalan, yaitu:

  • Vitamin B1 bertindak sebagai antioksidan yang menekan stres oksidatif yang terjadi ketika jumlah zat radikal bebas sudah terlalu banyak di dalam tubuh.
  • Vitamin B2 mengaktifkan sel MAIT atau sel T usus. Sistem pencernaan manusia memiliki peran ganda, yaitu: menyerap nutrisi dari makanan sekaligus menghambat invasi bakteri berbahaya. Keseimbangan ini dipertahankan oleh sel T usus atau sel mucosa-associated invariant T (MAIT).
  • Vitamin B3 meredakan inflamasi dan membantu mengontrol serta menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Vitamin B5 meringankan reaksi alergi.
  • VItamin B6, B9 dan B12 berfungsi dalam pembentukan sel darah merah dan membantu tubuh memecah, menggunakan, dan membentuk protein.
  • Vitamin B9 – dikenal juga sebagai asam folat dapat membantu pembentukan dan pertumbuhan sel serta organ.
  • Vitamin B12 meningkatkan jumlah sel limfosit T sitotoksik yang akan menelan patogen penyakit.

 

Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin Ini?

Ini Ragam Manfaat Vitamin B Compleks Untuk Redakan Stres

Credit Image - insider.com

Kalau kamu sudah tahu mengenai vitamin B complex untuk apa, kini, saatnya kamu memenuhi asupannya setiap hari, ya. sumber makanan seperti daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, buah dan sayur seperti bayam dan brokoli, roti dan pasta, telur, gandum, dan biji- bijian.

Selain dari sumber makanan, biar pemenuhan kebutuhan vitamin B complex makin maksimal, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama, serta membantu mengurangi stres. Dan, kandungan vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, vitamin B complex memang punya beragam manfaat baik buat kesehatan tubuh, termasuk membantu mengurangi stres serta menjaga kekebalan tubuh. Untuk itu, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhannya setiap hari!

 

 

Featured Image – grmedcenter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!