Setiap karyawan yang baru masuk ke kantor baru tentu saja harus melewati masa probation – atau percobaan. Biasanya, masa tersebut berlangsung selama tiga bulan. Nah, ketika probation kamu juga harus menghindari beberapa kesalahan yang bisa menghambat untuk lulus, lho.

Probation adalah masa bagi seorang karyawan ketika ia baru saja bergabung dalam sebuah perusahaan. Di masa tersebut, perusahaan bakal melihat dan mengevaluasi apakah karyawan tersebut sesuai dengan pekerjaan serta budaya perusahaan.

Ya, bisa dikatakan bahwa masa percobaan menjadi momen yang sangat menentukan masa depanmu bekerja di suatu perusahaan. Untuk itu, kamu wajib menghindari 7 kesalahan berikut ini – yang meski sepele tapi bisa saja membuatmu tak lulus probation.

Sudah penasaran, apa saja sih kesalahan yang perlu dihindari tersebut? Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Sering Tidak Tepat Waktu

Credit Image - money.kompas.com

Kesalahan pertama yang harus kamu hindari saat masa probation adalah tidak bisa tepat waktu. Tidak bisa sampai kantor tepat waktu akan mencerminkan bahwa kamu tidak profesional dalam bekerja, lho. Bukan hanya karyawan probation saja, tapi sebenarnya hal ini harus dihindari bagimu yang sudah menjadi karyawan tetap.

Selain berkaitan dengan datang tepat waktu, keterlambatan dalam menyelesaikan pekerjaan juga perlu dihindari.  Karena itu, pastikan kamu selalu rajin baik dalam menyelesaikan pekerjaan – dan juga datang ke kantor secara tepat waktu.

 

#2 – Tak Memaksimalkan Kemampuan Komunikasi

Interpersonal skill sangat dibutuhkan di dunia kerja. Selain kemampuan teknis, perusahaan juga selalu mencari karyawan yang memiliki interpersonal skill yang baik. Ini termasuk kemampuan dalam melakukan komunikasi, lho.

Menurut UpGrad, kemampuan komunikasi sangat menentukan dalam masa probation. Pasalnya, perusahaan akan menilai kemampuanmu dalam berinteraksi dengan rekan kerja serta atasan. Jadi, saat menjalani probation sebaiknya tunjukkan bahwa kamu sudah memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

 

#3 – Susah Beradaptasi

Credit Image - pantau.com

Meskipun baru lulus kuliah dan baru saja masuk ke dunia kerja, kamu harus tetap mencoba beradaptasi ketika menjalani masa percobaan. Memang tidak mudah beradaptasi di lingkungan baru. Namun, kamu harus menghadapinya agar nilai masa percobaanmu memuaskan dan kamu bisa lulus.

Tidak hanya beradaptasi dengan lingkungan kerja, tetapi kamu juga harus segera bisa menguasai pekerjaan yang diberikan padamu – karena, hal ini akan menjadi bagian dari penilaian yang dilakukan pihak manajemen perusahaan.

 

#4 – Terlalu Menuntut

Siapa di sini yang masih suka menuntut sana sini? Memang, terkadang menuntut hal yang menjadi hak kamu wajar saja dilakukan, kok. Tapi jangan dilakukan berlebihan, apalagi kalau masih dalam masa probation.

Terlalu banyak menuntut bisa membuatmu terlihat kurang profesional. Misalnya, baru beberapa hari bekerja kamu sudah meminta cuti karena merasa burn out karena pekerjaan. Sebaiknya, kamu bisa meminta izin untuk tidak bekerja saat hanya ada keadaan yang mendesak, seperti sakit atau ada kondisi darurat.

 

#5 – Melanggar Aturan di Kantor

Credit Image - cermati.com

Di saat hari pertama melakukan probation, pastikan kamu tahu apa saja peraturan yang ada di perusahaan. Dengan memahami segala aturan, tentunya akan membuatmu terhindar dari perbuatan melanggar aturan secara tidak sadar.

Misalnya, di perusahaan tempat bekerja melarang penggunaan smartphone selama di jam kerja. Namun, kamu tidak mengetahuinya – dan telanjur menggunakan smartphone saat jenuh bekerja. Hal tersebut pastinya bisa merugikan, karena secara tidak sadar telah melanggar aturan hanya karena tidak paham dengan peraturan yang ada.

 

#6 – Kerap Bergosip

Saat di dunia kerja kamu akan bertemu dengan berbagai macam jenis rekan kerja. Salah satunya adalah rekan kerja yang suka menggosip, benar, ya? Nah, buatmu yang anak baru, tentu saja diperlukan untuk segera beradaptasi dan mencari teman di kantor.

Tapi ingat, mencari teman bukan berarti kamu harus terlibat dengan rekan kerja yang suka bergosip, lho. Saat masih baru bekerja dan sudah sering bergosip, maka akan membuatmu terlibat dalam drama kantor.

Selain itu, kamu juga akan sulit mendapatkan kepercayaan karena rekan kerja tahu kalau kamu suka bergosip dan membicarakan mereka di belakang.

 

#7 – Kurang Bersemangat

Credit Image - virtualofficeku.co.id

Melansir Mindtools, salah satu kesalahan saat masa probation yang juga sering dilakukan oleh karyawan adalah kurang menunjukkan motivasi dalam bekerja. Harus diingat bahwa tindakanmu selama masa percobaan akan dinilai oleh perusahaan. Jadi, jangan sampai kamu menunjukkan kurang semangat dalam bekerja.

Saat mengalami kesulitan, jangan ragu untuk bertanya. Selain itu, saat sesi diskusi sebaiknya kamu ikut memberikan masukan atau pendapat. Dengan selalu aktif, pastinya kamu akan terlihat menonjol dan lebih berpeluang untuk lolos probation, kan?

Selain itu, biar kamu makin bersemangat dalam bekerja, pastikan sudah mengonsumsi asupan vitamin dan mineral yang tepat. Ini juga bisa membantu menjaga energi yang membantu kamu makin produktif, lho.

Untuk itu, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya kegiatan harian tak bakal terganggu, ya.

 

Wah, gimana? Ketujuh kesalahan selama masa probation di atas memang sering menjadi hambatan untuk lulus percobaan, ya. Jadi, pastikan menghindari sejumlah hal-hal di atas!

 

 

Featured Image – karirgogo.com