Bagi pasien positif Covid-19, termasuk Omicron, pemerintah memperbolehkan menjalani isolasi mandiri dengan catatan berusia kurang dari 45 tahun, posifit tanpa gejala – atau komorbid.

Agar proses pemulihan optimal dan tentunya perburukan kondisi tidak terjadi, pasien harus memerhatikan sejumlah hal tertentu, lho. Karena, gejala yang memburuk bisa menyebabkan komplikasi hingga risiko kematian.

Selain memerhatikan kondisi, pasien juga harus melakukan konsultasi via telemedicine, yakni menghubungi petugas kesehatan lewat aplikasi yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan agar segera mendapat pemantauan kondisi.

Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan ketika menjalani isolasi mandiri, sehingga perburukan kondisi tak terjadi? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Fasilitas yang Baik

Credit Image - cnnindonesia.com

Yang pertama, pasien sebaiknya berada di ruangan sendiri dengan ventilasi baik di rumah. Rekomendasi ini untuk memungkinkan udara segar dan bersih masuk sebanyak mungkin dan ini bisa dilakukan dengan membuka jendela.

Keadaan kamar jangan tak mendapat pencahayaan, jangan lembap, sirkulasi udara di ruangan isolasi juga harus baik. Selain itu, disarankan pula agar pasien juga tetap aktif bergerak dan memastikan diri terkena sinar matahari terutama di pagi hari.

 

Asupan Makanan Bernutrisi

Selama melakukan isolasi mandiri, pasien juga perlu mendapatkan asupan makanan bernutrisi, vitamin, dan obat-obatan yang sesuai gejala untuk membantu pemulihan. Biasanya, pasien dengan gejala ringan dianjurkan untuk melakukan hal tersebut.

Intinya, isolasi mandiri memiliki prinsip untuk memberi kesempatan tubuh, sehingga mampu membangu sistem kekebalan optimal demi melawan virus. Selain itu, tambahkan booster dengan asupan bernutrisi yang menjadi penunjang. Jadi, perbanyak konsumsi makan buah, sayur, dan cukupi kebutuhan cairan, ya.

 

Mentaati Protokol Kesehatan

Credit Image - klikdokter.com

Mematuhi protokol kesehatan seperti pemakaian masker, mencuci tangan, serta berjaga jarak dengan anggota keluarga juga perlu dilakukan. Tidak hanya pada pasien, penerapan prokes ini juga perlu dipatuhi oleh anggota keluarga yang menjaga dan merawat pasien.

Pasien juga sebaiknya menggunakan kamar mandi terpisah dari anggota keluarga lain yang sehat, bila memungkinkan. Jika tidak, segera bersihkan ruangan menggunakan disinfektan. Lalu, pastikan pasien serta anggota keluarga lainnya untuk mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan.

 

Konsumsi Vitamin Untuk Tingkatkan Imunitas

Selama menjalani isolasi mandiri, tetap tingkatkan imunitas – yang berperan penting dalam melawan virus. Pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak konsumsi buah dan sayur, istirahat yang cukup, serta kelola stres, ya.

Perlawanan tubuh terhadap virus juga penting dioptimalkan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat, ya.

 

Itulah deretan hal yang harus diperhatikan untuk menghindari peburukan kondisi selama isolasi mandiri. Yuk, terus jaga kesehatan dan patuhi prokes demi membantu menghentikan pandemi!

 


Featured Image – marketwatch.com

Source – cnnindonesia.com