Salah satu faktor yang membuat seseorang kerap mengalami badan pegal dan terasa sakit adalah tingginya intensitas aktivitas harian namun tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Bahkan banyak orang yang tidak hanya bekerja atau kuliah dari pagi sampai sore, tapi juga harus melalui perjalanan berangkat dan pulang yang cukup panjang dan melelahkan. Banyaknya faktor eksternal yang menguras energi ini membuat orang cenderung kurang memperhatikan asupan makan mereka. Saat terjadi secara berlarut-larut, tubuh menjadi rentan mengalami pegal dan terasa sakit pada beberapa bagian. Satu alternatif yang aman dilakukan untuk mendukung pemenuhan nutrisi adalah dengan mengonsumsi vitamin untuk badan sakit semua. Dari nutrisi yang lengkap, tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah sakit. Mari kita bahas satu per satu pilihan vitamin tersebut di bawah ini.

Penyebab Badan Pegal dan Terasa Sakit Semua

Sebenarnya akan ada banyak sekali penyebab badan pegal dan terasa sakit semua bila dijabarkan satu per satu. Namun secara garis besar rasa sakit dan tidak nyaman tersebut merupakan tanda bahwa tubuh sedang memberikan sinyal agar kamu menangani masalah utamanya.

Beberapa penyebab yang umumnya ditemui adalah dehidrasi, anemia, kekurangan waktu tidur, hingga stres. Bisa juga karena tubuh sedang mengalami infeksi seperti flu, pilek, hingga demam dan penyakit menular lain yang gejala awalnya pegal, badan terasa sakit semua, nyeri otot, menggigil, dan sebagainya. Jika muncul gejala lain yang mengkhawatirkan, bisa jadi ada penyakit serius yang membutuhkan penanganan medis.

Namun apabila seseorang tidak mengalami gejala lain yang menyertai badan pegal dan nyeri, bisa jadi orang tersebut kekurangan waktu tidur ekstrem atau melakukan olahraga atau latihan intens secara mendadak. Bisa juga karena dia kekurangan nutrisi akibat pola makan tidak sehat. Maka dari itu, penting sekali memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Terutama untuk kamu yang aktif berkegiatan setiap hari.

Vitamin untuk Badan Sakit Semua

1. Vitamin C

Credit Image - food.detik.com

Dalam kasus badan sakit semua sebagai gejala anemia, maka penting sekali memenuhi kebutuhan vitamin C untuk mendukung penyerapan zat besi. Dari zat besi yang terpenuhi, produksi sel darah merah juga akan berjalan optimal. Dikutip dalam laporan kesehatan WebMD (2024)¹, vitamin C juga berperan sebagai zat antioksidan yang melindungi tubuh dari buruknya efek radikal bebas. Selain rentan terkena penyakit dan gampang lelah, radikal bebas juga memicu penyakit lain yang lebih berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, hingga arthritis (pembengkakan pada sendi). Melalui sumber yang sama, vitamin C juga menjadi komponen penting bagi tubuh untuk memproduksi kolagen. Dengan jumlah kolagen yang cukup, kesehatan tulang, tulang rawan, gigi, sendi, kulit, dan otot akan terjaga.

2. Vitamin B1

Kemudian ada vitamin B1 atau disebut juga tiamin merupakan vitamin untuk mengurangi risiko mengalami gangguan otot dan saraf. Dalam penelitian yang dilakukan Simone (2021)² didapatkan kesimpulan bahwa vitamin B1 mampu melindungi otot dari stres oksidatif, kondisi kadar radikal bebas melebihi batas aman yang mampu dinetralkan tubuh. Salah satu efek kondisi ini adalah artritis reumatoid, peradangan kronis pada sendi dan kerusakan pada tulang rawan. Kekurangan vitamin B1 akan menyebabkan gangguan pada otot, khususnya kerusakan otot lurik yang digunakan anggota tubuh untuk menopang pergerakan tubuh.

3. Vitamin B3

Credit Image - klikdokter.com

Mungkin selama ini kamu mengenal vitamin B3 sebagai nutrisi yang berguna untuk perawatan kulit. Namun, ternyata vitamin B3 juga mampu menghilangkan capek dan pegal, termasuk pegal pada kaki. Ini karena vitamin B3 mampu mendukung proses metabolisme termasuk mengolah asupan karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Dengan energi yang cukup, kamu akan terhindar dari rasa lelah. Hal ini diperkuat dengan laporan kesehatan oleh Yvette (2019)³ yang membuktikan bahwa kekurangan vitamin B3 dapat memicu lelah, lesu, dan gangguan sistem saraf.

4. Vitamin B6

Studi yang dilakukan oleh Ranjana (2018)⁵ menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B6 diasosiasikan dengan peradangan, termasuk peradangan kronis pada penyakit rheumatoid artritis. Selain itu, vitamin B6 juga mendukung pencegahan anemia, gangguan kesehatan yang gejalanya kelelahan berlebih. Medical News Today (2023)⁴ juga menguatkan bahwa kekurangan vitamin B6 ditandai dengan kesemutan, mati rasa, dan rasa sakit pada kaki dan tangan.

5. Vitamin B12

Credit Image - inakoran.com

Dalam sumber jurnal yang sama² juga terbukti bahwa vitamin B12 berperan aktif dalam regenerasi sel saraf dan mempertahankan performanya untuk mendukung fungsi saraf. Selain itu, mencukupi vitamin B12 juga mencegah adanya kehilangan massa otot dan tulang (osteoporosis), mendukung metabolisme, dan mencegah anemia. Kekurangan vitamin B12 juga dapat menghambat tubuh dalam mendapatkan asupan energi sehingga memicu lelah berlebih. Kelelahan inilah yang berpotensi menyebabkan badan sakit semua.

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin Tersebut

Jika kamu tidak memiliki masalah kesehatan kronis, maka memenuhi vitamin untuk mencegah badan sakit semua adalah dengan menjaga pola makan sehat. Penuhi asupan vitamin dan mineral kamu dari menu makan sehari-hari. Tidak hanya bahan makanan segar (real food) dan beragam, cara mengolah dan komposisi dalam setiap porsi makan juga perlu diperhatikan. Makanan dengan kandungan vitamin dan mineral tinggi kebanyakan datang dari sayur dan buah.

Sedangkan untuk kamu dengan kondisi tubuh khusus, maka dukungan dari konsumsi suplemen banyak disarankan. Beberapa kategori orang yang dimaksud adalah lansia, perempuan hamil dan menyusui, perokok, hingga orang dengan kondisi kesehatan tertentu sehingga ada makanan tertentu yang harus dihindari. Meskipun begitu, orang dengan keadaan sehat pun diperbolehkan mengonsumsi suplemen multivitamin untuk mendukung proses pemenuhan kebutuhan harian. Apalagi untuk kamu dengan aktivitas padat, pemenuhan vitamin juga menjadi cara untuk mencegah badan terasa sakit semua. Salah satu suplemen dengan kandungan multivitamin dan mineral lengkap yang terpercaya adalah Enervon Active.

Enervon Active dan Kandungan Vitamin B Kompleksnya yang Lengkap

Melihat daftar vitamin untuk badan sakit semua di atas, vitamin C dan vitamin B kompleks adalah jenis mikronutrien yang tidak boleh diremehkan. Enervon Active hadir dengan kandungan multivitamin dan mineral lengkap yang diformulasikan khusus untuk kamu dengan aktivitas harian yang padat. Selain kandungan 500 mg vitamin C, 1 tablet Enervon Active juga mengandung vitamin B1 (50 mg), B2 (25 mg), B6 (10 mg), vitamin B12 (0,005 mg), kalsium pantotenat (20 mg), niacinamide (50 mg), dan zinc (10 mg).

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tidak masalah! Enervon Active adalah varian yang dibuat dengan bahan non-acidic sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian, kamu tidak hanya mencegah badan pegal, sakit, dan mudah lelah. Tapi juga mampu membantu tubuh mengelola energi dengan baik meski kegiatan padat setiap hari.

Kandungan dalam Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh. Termasuk otot, sendi, dan tulang yang kerap digunakan untuk bergerak. Dapatkan Enervon Active dari toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Referensi:

  1. Kathleen M. 2024. The Benefits of Vitamin C. Diakses dari https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c
  2. Simone Baltrusch. 2021. The Role of Neurotropic B Vitamins in Nerve Regeneration. Diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8294980/
  3. Yvette Brazier. 2019. Why do we need vitamin B-3, or niacin?. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/219593
  4. Yvette Brazier. 2023. The benefits and food sources of vitamin B6. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/219662

Featured Image – klikdokter.com