Setelah seharian melakukan aktivitas, tentu saja tubuh terasa lelah. Apalagi, kalau kamu harus bepergian ke kantor dengan jarak yang cukup jauh maupun sering naik turun tangga. Bisa-bisa, belum selesai beraktivitas pun kamu sudah merasa capek, ya?

Memang, kondisi tersebut tidak terasa nyaman. Dengan demikian, tak sedikit orang yang olahraga atau aktivitas berat.

Lantas, apa saja suplemen biar gak gampang capek yang juga dapat membantu mengurangi rasa pegal pada tubuh? Yuk, simak informasi lengkapnya!

 

 

Vitamin C

Credit Image - food.detik.com

Selain dapat menguatkan kekebalan tubuh, mengutip jurnal BMC Pediatrics, nyatanya saat Moms kekurangan vitamin C, maka tubuh akan mengalami kelelahan dan kemudian lemas. Saat tubuh alami kekurangan vitamin C, maka umumnya kamu akan menyebabkan gusi berdarah dan kerusakan gigi.

Namun, yang cukup mengejutkan dari penelitian tersebut, yakni ternyata gejala seperti nyeri betis dan sendi yang membengkak juga akan terjadi saat tubuh kekurangan vitamin C. Tidak hanya itu, kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan anemia, karena vitamin C berfungsi menyerap zat besi dalam tubuh.

Zat besi memiliki fungsi yang penting bagi tubuh dan jika kebutuhannya tak terpenuhi, maka kamu akan merasakan kecapekan. Karena hal ini, kamu harus mengonsumsi suplemen biar gak gampang capek yang tentunya mengandung asupan vitamin C.

 

Vitamin B1

Kemudian, ada pula vitamin B1 – atau disebut juga tiamin juga merupakan vitamin untuk kaki pegal dan capek. Pasalnya, vitamin ini akan bekerja langsung pada otot. Jika konsumsi vitamin B1 tidak mencukupi, maka kamu akan merasakan gejala utamanya yakni kecapekan.

Mengutip Neural Generation Research, kekurangan vitamin B1 akan menyebabkan gangguan pada otot, khususnya kerusakan otot lurik. Otot ini atau otot rangka adalah otot yang digunakan anggota tubuh untuk menopang pergerakan tubuh.

Masih dalam penelitian yang sama, ditemukan juga bahwa orang yang memiliki kelainan distrofi miotonik juga cenderung kekurangan vitamin B1. Kelainan ini umumnya ditandai dengan kelemahan otot progresif atau terjadi secara berkelanjutan.

 

Vitamin B3

Credit Image - klikdokter.com

Mungkin selama ini kamu mengenal vitamin B3 sebagai nutrisi yang berguna untuk perawatan kulit. Namun, ternyata vitamin B3 juga mampu menghilangkan capek dan pegal, termasuk pegal pada kaki. Ini karena vitamin B3 ternyata mampu mengolah asupan karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Dengan jumlah energi yang cukup, maka Moms akan terhindar dari rasa lelah.

Vitamin B3 juga berperan untuk membantu menangani masalah persendian. Mengutip Inflammation Research, nyeri sendi akibat peradangan bisa berkurang berkat asupan vitamin B3 yang tepat. Dengan begini, maka sendi pun menjadi lebih aktif dan fleksibel.

 

Vitamin B6

Suplemen biar gak gampang capek berikutnya, yaitu vitamin B6 yang juga bisa membantu mengatasi rasa pegal pada bagian tubuh. Mengutip Alternative Medicine Review, vitamin B6 erat kaitannya dengan anemia. Vitamin B6 sebagai vitamin untuk kaki pegal hadir dalam bentuk pyridoxal 5' phosphate. Senyawa ini nyatanya telah terbukti membantu produksi hemoglobin pada tubuh.

Bagi orang dengan anemia defisiensi hemoglobin, ia akan merasakan gejala letih dan pusing, padahal hemoglobin sangat dibutuhkan dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, termasuk kaki.

 

Vitamin B12

Credit Image - inakoran.com

Lalu, kamu juga perlu mengonsumsi vitamin B12 sebagai vitamin untuk kaki pegal. Ini karena beberapa masalah, seperti kaki pegal juga kerap disebabkan oleh gangguan pada saraf pada tubuh. Mengutip BMC Oral Health, dilaporkan bahwa kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kesemutan dan gangguan keseimbangan tubuh.

Saat kamu alami kekurangan B12, maka otot akan menjadi lemah dan refleks gerak berkurang. Di sisi lain, kekurangan vitamin ini juga bisa menyebabkan otot malah menegang. Ketika otot menegang, maka ini akan membuat area tubuh seperti kaku menjadi pegal. Sementara otot yang lemah adalah tanda kelelahan.

Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi suplemen biar gak gampang capek yang memiliki kandungan vitamin B12 di dalamnya untuk mencegah tubuh terasa pegal.

 

Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin Tersebut?

Tak hanya dari sumber makanan, sejumlah asupan suplemen biar gak gampang capek di atas juga bisa kamu dapatkan dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active setiap harinya.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Itulah deretan suplemen biar gak gampang capek yang juga bisa membantu mengatasi rasa pegal pada tubuh. Lantas, sudahkah kamu rutin mengonsumsinya?

 

 

Featured Image – klikdokter.com