Kasus kecanduan game online mungkin sudah terdengar dimana-mana. Bukan hanya orang dewasa, namun anak-anak pun sangat rentan mengalami hal tersebut, moms. Bermain video game merupakan salah satu kegiatan menyenangkan untuk mengatasi stres, tapi kalau dilakukan secara berlebihan, maka bisa menyebabkan risiko buruk!

Anak yang mengalami kecanduan game online pun dapat dilihat dari berbagai gejala, seperti punya keinginan bermain game setiap waktu, merasa murung – stres dan marah ketika tidak bisa bermain game, hingga mengalami masalah di rumah maupun di sekolah, lho, moms.

Selain itu, kecanduan game online juga dapat menyebabkan anak gampang lelah, sakit kepala, nyeri punggung, hingga mata yang berkunang-kunang. Lantas, apakah Si Kecil tengah bergelut dengan masalah ini?

Berikut ini 5 tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan game online pada anak. Simak informasinya sampai habis, yuk, moms!

 

 

Membatasi Waktu Bermain Game

Credit Image - halodoc.com

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah kecanduan game online adalah dengan membatasi waktu bermain. Jika Si Kecil sering menghabiskan waktu terlalu lama untuk bermain game, cobalah untuk membuat jadwal bermain game dan beri batas waktu bermain, misalnya hanya 1 jam per hari.

Adanya jadwal yang teratur dapat membantu anak membagi waktu antara bermain game dan menyelesaikan kewajiban lain. Jika perlu, moms juga bisa membuatkan catatan pengingat atau alarm di ponsel agar anak tidak terlalu lama bermain game.

 

Mencari Hobi Baru

Nah, untuk mengurangi kecanduan game online pada anak, moms juga dapat mengajak Si Kecil mencoba beberapa hobi baru, lho. Misalnya, bermain alat musik, melukis, berolahraga, atau membaca buku. Aktivitas tersebut bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian Si Kecil dari layar ponsel atau komputer.

Tak hanya baik untuk mengurangi kecanduan game online, aktivitas fisik atau olahraga rutin juga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan fit, serta mencegah dan meringankan masalah kesehatan karena terlalu sering bermain game, misalnya nyeri punggung.

 

Menaruh Perangkat Game di Luar Kamar Tidur

Credit Image - biz.kompas.com

Kamar tidur sering kali menjadi tempat yang nyaman untuk bermain game online. Jika sudah kecanduan, maka anak pun mungkin bisa menghabiskan waktu berjam-jam hingga larut malam untuk bermain game di kamar. Hal ini tentu bisa mengganggu waktu tidur dan lama-kelamaan akan berdampak pada kondisi kesehatan Si Kecil, ya.

Untuk mengatasi kecanduan game online, sebaiknya letakkan perangkat yang digunakan untuk bermain, seperti ponsel, komputer, atau konsol game, di luar kamar tidur. Dengan demikian, Si Kecil dapat mengurangi waktu bermain karena tidak ada perangkat bermain di dekatnya.

 

Dapat Menjalani Psikoterapi

Lantas, bagaimana kalau cara menangani kecanduan game online pada anak di atas ternyata kurang mempan? Moms dapat berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. Untuk mengatasinya, psikolog mungkin akan memberikan psikoterapi.

Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan kecanduan game online adalah terapi kognitif perilaku atau cognitive behavioral therapy (CBT).

Kecanduan game online merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang belakangan banyak terjadi. Apabila Si Kecil mengalami kecanduan game online hingga mengganggu waktu istirahat atau kegiatan di sekolah, maka moms dapat segera mengonsultasikannya ke psikolog atau psikiater, ya!

 

Kecanduan Game Online bisa Bikin Anak Kurang Nutrisi, Pastikan Moms Berikan Asupan Multivitamin Lengkap!

Credit Image - gunem.id

Ketika anak mengalami kecanduan game online, maka risiko kekurangan nutrisi juga bisa terjadi, lho. Pasalnya, terlalu lama bermain video game membuat Si Kecil abai – atau tidak mau meluangkan waktunya untuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Nah, selama proses mengatasi kecanduan game online tersebut, maka moms mesti memastikan asupan nutrisi anak sudah tercukupi, ya.

Sebagai pelengkap dan juga memastikan agar anak mendapatkan nutrisi yang cukup, moms bisa memberikannya multivitamin dengan kandungan lengkap – seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Kandungan vitamin yang terkandung dalam Enervon-C Plus Sirup berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak – yang juga dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil, sehingga dapat membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya dan meningkatkan nafsu makannya.

 

Mengalami kecanduan game online memang berbahaya, tak hanya untuk fisik namun psikis Si Kecil, moms. Jadi, untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan sejumlah langkah di atas, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com