Moms, kalau kamu mendengar kata kecerdasan, mungkin tingkat kepintaran atau mendapat nilai yang bagus di sekolah akan langsung muncul di benakmu. Padahal, kecerdasan tak sebatas potensi intelektual saja, lho.

Menurut Howard Gardnet, seorang psikolog dari Universitas Harvard, menjelaskan bahwa kecerdasan mencakup berbagai hal – jadi, tak hanya satu dimensi saja. Terdapat banyak kecerdasan lainnya yang mencakup aspek kehidupan sehari-hari. Nah, dalam hal ini, kecerdasan intrapersonal juga termasuk, moms.

Dikutip dari Very Well Mind, kecerdasan intrapersonal merupakan hal yang bersumber dari individu itu sendiri. Kecerdasan ini berfungsi untuk memahami kelemahan dan kelebihan yang dimiliki. Kecerdasan intrapersonal pun dapat dikembangkan sejak anak usia dini, lho.

Nah, agar Si Kecil mampu memahami dirinya sendiri, ada berbagai tips yang dapat moms terapkan untuk membantu mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

Membuat Jadwal Harian

Credit Image - ibupedia.com

Tahukah kamu bahwa langkah paling sederhana yang dapat diterapkan untuk mengembangan kecerdasan intrapersonal Si Kecil bisa dilakukan dengan membuat jadwal harian? Ya, meski sepele, tapi langkah ini penting, lho.

Jika anak cenderung menyimpang dari tugas disaat ada banyak hal yang harus dilakukan, cobalah untuk membuat jadwal yang mencakup komitmen – serta janji bersama dengan aktivitas sosial, pekerjaan rumah tangga, serta perawatan diri, seperti berolahraga atau relaksasi.

 

Pertimbangkan Tujuan

Moms, dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak, penting sekali untuk memiliki tujuan, baik itu jangka pendek maupun panjang. Misalnya, untuk tujuan jangka pendek dapat berupa menghentikan kebiasaan yang tidak diinginkan atau membaca buku setiap bulan.

Sementara itu, untuk tujuan jangka panjang digunakan untuk membuat tujuan lebih luas yang membutuhkan waktu lama, misalnya menjadi orang yang sepenuhnya jujur. Menjadi sosok yang jujur seutuhnya memang membutuhkan waktu yang lama, kan, moms?

Tujuan yang realistis mempertimbangkan keterbatasan dan kekuatan pribadi. Mengakui pencapaian masa lalu akan meningkatkan kesadaran diri sekaligus, memperkuat keberanian untuk mengambil langkah yang lebih besar dengan tujuan masa depan.

 

Kembangkan Bakat Alami Anak

Credit Image - hellosehat.com

Perlu moms ketahui, cukup sedikit anak yang secara alami pandai dalam berbagai aspek. Biasanya, hal tersebut mungkin terjadi karena kurang mengenali bakat yang memang dimilikinya. Jadi, kemampuan tersebut hanya terpendam saja.

Nah, untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal, moms pun mesti mengajak anak agar ia mampu mengembangkan bakat alaminya, lho. Tapi ingat, sangat lumrah untuk mengarahkan keterampilan emosional dengan cara yang bermanfaat bagi orang lain dan gagal menerapkan keterampilan yang sama pada pengalaman diri sendiri.

Hal ini dapat membuat anak tampak kurang memiliki keterampilan tersebut, padahal sebenarnya ia merasa lebih mudah untuk membantu orang lain.

 

Ajak Si Kecil Melakukan Refleksi Diri

Untuk sepenuhnya mengenali diri sendiri, moms juga perlu mengajak Si Kecil rutin refleksi diri. Cara ini dikenal ampuh untuk membantu anak mengembangkan kecerdasan intrapersonalnya, lho. Apakah moms sudah rutin mengajak anak lakukan hal ini?

Refleksi diri mungkin tampak seperti pekerjaan yang cukup besar. Karena bisa mencakup banyak hal. Saat sedang melakukan refleksi diri, anak mungkin memperhatikan kebiasaan apa yang berhasil untuk dirinya dan di mana akan mengalami tantangan.

 

Membuat Jurnal

Credit Image - medium.com

Menulis jurnal dapat membantu anak terhubung dengan dirinya sendiri pada tingkat emosional yang dalam dengan memberikan catatan nyata tentang pikiran dan perasaan untuk dilihat kelak.

Yang dimaksud jurnal, yakni catatan tertulis tentang diri Si Kecil. Ini memberikan ruang yang bagus untuk melacak tujuan penting, emosi, dan pengalaman harian secara keseluruhan dan juga membantu anak menunjukkan hal-hal yang ingin diperbaiki seperti kepercayaan diri yang rendah atau kurangnya motivasi.

Membuat jurnal juga dapat menunjukkan pertumbuhan dari waktu ke waktu. Ketika anak meragukan kemampuan internalnya atau merasa seolah-olah belum mencapai banyak hal, dia akan melihat ke belakang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun yang lalu dan menunjukkan keterampilan yang ia miliki.

 

Dukung Kecerdasan Anak, Penuhi Asupan Nutrisi Hariannya!

Untuk mendukung kecerdasan anak, termasuk kecerdasan intrapersonal, pastikan moms juga sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan perkembangan Si Kecil sekaligus bisa membantu menjaga kesehatan tubuhnya.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, kamu juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol. Sejumlah vitamin ini penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tambuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah deretan tips yang dapat moms lakukan untuk mengembangkan kecerdasan intrapersonal Si Kecil. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – parapuan.co